Shafira N

28 Agustus 2023 14:20

Iklan

Iklan

Shafira N

28 Agustus 2023 14:20

Pertanyaan

Periode modern dalam dunia Islam dimulai pada tahun 1800 M hingga sekarang. Periode ini dikenal sebagai gerakan mengupayakan kebangkitan umat Islam dari kemunduran berfikir, berbudaya dan nilai-nilai. Para cendikiawan Muslim mulai mencurahkan perhatiannya pada perkembangan modern dalam mengejar ketertinggalannya dari dunia Barat. Berbagaimacam upaya dilakukan oleh para pembaru. Namun kenyataannya umat Islam secara umum belum memperlihatkan kemajuan yang signifikan. Menurut analisis saudara, mengapa negara-negara Islam sampai sekarang belum mampu bangkit masih mengalami ketertinggalan dengan negara-negara Eropa?

Periode modern dalam dunia Islam dimulai pada tahun 1800 M hingga sekarang. Periode ini dikenal sebagai  gerakan mengupayakan kebangkitan umat Islam dari kemunduran berfikir, berbudaya dan nilai-nilai. Para cendikiawan Muslim mulai mencurahkan perhatiannya pada perkembangan modern dalam mengejar ketertinggalannya dari dunia Barat. Berbagaimacam upaya dilakukan oleh para pembaru. Namun kenyataannya umat Islam secara umum belum memperlihatkan kemajuan yang signifikan. Menurut analisis  saudara, mengapa negara-negara  Islam sampai sekarang belum mampu bangkit   masih mengalami ketertinggalan dengan negara-negara  Eropa?
 


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Zea Z

30 Agustus 2023 03:30

Jawaban terverifikasi

Alasan umat Islam tertinggal dibanding negara eropa lain karena banyak umat Islam yang sekarang tidak berpegang teguh pada syariat agama. Islam seolah sekadar pengakuan agamanya saja. Karena banyak umat tidak mempelajari lebih dalam, bahkan melaksanakan kewajiban serta sunah dalam agama Islam sendiri. Bahkan banyak yang melanggar aturan agama. Salah satu sebab yang membuat dunia Islam tertinggal dalam membangun peradaban, termasuk ilmu pengetahuan, ekonomi dan politik, adalah terjadinya krisis politik berkepanjangan yang menghancurkan semua prestasi peradaban yang dibangun selama-lamanya.


Iklan

Iklan

Sahel S

03 September 2023 05:46

<p>【Tips】<br>Dalam menyelesaikan pertanyaan sejarah seperti ini, langkah awal yang ditempuh adalah mengenali setiap pilihan yang diberikan dan mengevaluasi relevansinya dengan konteks pertanyaan. Pertanyaan ini berkaitan dengan tokoh pembaharu di Mesir pada periode kebangkitan modern.</p><p>【Deskripsi】<br>Langkah-langkah pemecahan masalah:</p><p>1. Mengenali setiap pilihan:<br>- A: Ibnu Rusyd: Seorang filsuf Islam dari Andalusia pada periode Abad Pertengahan.<br>- B: Muhammad Ali Pasya: Pemimpin Mesir pada abad ke-19 yang memulai serangkaian reformasi modern.<br>- C: Al Tahtawi: Seorang pemikir dan reformis dari Mesir pada abad ke-19 yang banyak berkontribusi pada pembaruan pendidikan.<br>- D: Jamaludin al Afgani: Aktivis dan pemikir Islam yang berperan penting dalam gerakan pembaruan Islam.<br>- E: Muhammad Abduh: Pemikir dan reformis Islam yang berpengaruh pada periode kebangkitan Islam.</p><p>2. Mengidentifikasi relevansi setiap pilihan dengan konteks pertanyaan: Pertanyaan ini menyoroti periode kebangkitan modern di Mesir. Dengan demikian, kita perlu mencari tokoh yang paling relevan dengan konteks ini.</p><p>3. Mengevaluasi setiap pilihan berdasarkan konteks:<br>- A: Ibnu Rusyd: Tidak relevan karena dia hidup pada Abad Pertengahan.<br>- B: Muhammad Ali Pasya: Meski berperan dalam reformasi Mesir, dia lebih dikenal sebagai pemimpin politik ketimbang pembaharu pemikiran.<br>- C: Al Tahtawi: Sebagai salah satu tokoh pembaruan pendidikan di Mesir pada periode yang dimaksud, dia menjadi pilihan yang relevan.<br>- D: Jamaludin al Afgani: Meski berpengaruh dalam gerakan pembaruan Islam, fokusnya lebih luas dan tidak khusus pada Mesir.<br>- E: Muhammad Abduh: Relevan, tetapi dia adalah murid dari Al Tahtawi dan berpengaruh setelahnya.</p><p>4. Mengambil kesimpulan: Berdasarkan evaluasi di atas, pilihan yang paling tepat sebagai tokoh pembaharu di Mesir pada zaman kebangkitan adalah Al Tahtawi.</p><p>Jawaban akhir: C: Al Tahtawi.</p>

【Tips】
Dalam menyelesaikan pertanyaan sejarah seperti ini, langkah awal yang ditempuh adalah mengenali setiap pilihan yang diberikan dan mengevaluasi relevansinya dengan konteks pertanyaan. Pertanyaan ini berkaitan dengan tokoh pembaharu di Mesir pada periode kebangkitan modern.

【Deskripsi】
Langkah-langkah pemecahan masalah:

1. Mengenali setiap pilihan:
- A: Ibnu Rusyd: Seorang filsuf Islam dari Andalusia pada periode Abad Pertengahan.
- B: Muhammad Ali Pasya: Pemimpin Mesir pada abad ke-19 yang memulai serangkaian reformasi modern.
- C: Al Tahtawi: Seorang pemikir dan reformis dari Mesir pada abad ke-19 yang banyak berkontribusi pada pembaruan pendidikan.
- D: Jamaludin al Afgani: Aktivis dan pemikir Islam yang berperan penting dalam gerakan pembaruan Islam.
- E: Muhammad Abduh: Pemikir dan reformis Islam yang berpengaruh pada periode kebangkitan Islam.

2. Mengidentifikasi relevansi setiap pilihan dengan konteks pertanyaan: Pertanyaan ini menyoroti periode kebangkitan modern di Mesir. Dengan demikian, kita perlu mencari tokoh yang paling relevan dengan konteks ini.

3. Mengevaluasi setiap pilihan berdasarkan konteks:
- A: Ibnu Rusyd: Tidak relevan karena dia hidup pada Abad Pertengahan.
- B: Muhammad Ali Pasya: Meski berperan dalam reformasi Mesir, dia lebih dikenal sebagai pemimpin politik ketimbang pembaharu pemikiran.
- C: Al Tahtawi: Sebagai salah satu tokoh pembaruan pendidikan di Mesir pada periode yang dimaksud, dia menjadi pilihan yang relevan.
- D: Jamaludin al Afgani: Meski berpengaruh dalam gerakan pembaruan Islam, fokusnya lebih luas dan tidak khusus pada Mesir.
- E: Muhammad Abduh: Relevan, tetapi dia adalah murid dari Al Tahtawi dan berpengaruh setelahnya.

4. Mengambil kesimpulan: Berdasarkan evaluasi di atas, pilihan yang paling tepat sebagai tokoh pembaharu di Mesir pada zaman kebangkitan adalah Al Tahtawi.

Jawaban akhir: C: Al Tahtawi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

dalil kerukunan antar umat beragama

39

0.0

Lihat jawaban (2)