Canis L

25 Februari 2022 05:21

Iklan

Canis L

25 Februari 2022 05:21

Pertanyaan

Perhatikan urutan basa nitrogen pada mRNA berikut! Berdasarkan kodon dan asam amino tersebut, frameshift mutation akan terjadi apabila ada .... a. penyisipan basa guanin setelah basa nitrogen ke-4 b. penyisipan basa adenin setelah basa nitrogen ke-11 c. penggantian basa urasil menjadi adenin setelah basa nitrogen ke-11 d. penggantian basa sitosin menjadi adenin setelah basa nitrogen ke-8 e. penggantian basa guanin menjadi adenin setelah basa nitrogen ke-17

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

23

:

10

:

40

Klaim

4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

T. Teaching.Asistant.Agustien

21 Desember 2022 01:27

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat adalah A.</p><p>&nbsp;</p><p><i><strong>Frameshift mutation</strong></i><strong> merupakan mutasi yang terjadi karena delesi (pengurangan) &nbsp;atau insersi (penyisipan)</strong> satu atau lebih pasang basa nitrogen pada materi genetik. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan atau pergeseran susunan basa nitrogen yang akan mempengaruhi tahap transkripsi dan translasi pada proses sintesis protein.</p><p>Berdasarkan pertanyaan diatas terdapat mRNA dengan urutan basa nitrogen sebagai berikut:</p><p>AUG- GCC- CGC- UGU- CAC- AAG- UGA</p><p>Met &nbsp;- Ala- &nbsp; Arg - &nbsp;Sis &nbsp;- &nbsp;His &nbsp;- &nbsp;Lis - Stop<br>Apabila terjadi insersi basa nitrogen, misalnya <strong>basa guanin (G) di urutan ke-4</strong>, maka urutan basa nitrogen pada mRNA tersebut menjadi:</p><p>AUG- G<strong>G</strong>C-CCG-CUG-UCA-CAA-GUG-A</p><p>Met - Gly- &nbsp;Pro - Leu- &nbsp;Ser- Glu - Val</p><p>&nbsp;</p><p>Apabila terjadi insersi basa nitrogen, misalnya <strong>basa adenin (A) di urutan ke-11</strong>, maka yang terjadi adalah <strong>Nonsense mutaion atau mutasi tanpa arti UGU (sistein) berubah menjadi UGA (stop).</strong></p><p>maka urutan basa nitrogen pada mRNA tersebut menjadi:</p><p>AUG- GCC- CGC- UG<strong>A</strong>-UCA-CAA-GUG-A&nbsp;</p><p>Met - Alanin- Arginin - <strong>stop</strong></p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, frameshift mutation akan terjadi apabila terjadi <strong>A. penyisipan basa guanin setelah basa nitrogen ke-4</strong></p>

Jawaban yang tepat adalah A.

 

Frameshift mutation merupakan mutasi yang terjadi karena delesi (pengurangan)  atau insersi (penyisipan) satu atau lebih pasang basa nitrogen pada materi genetik. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan atau pergeseran susunan basa nitrogen yang akan mempengaruhi tahap transkripsi dan translasi pada proses sintesis protein.

Berdasarkan pertanyaan diatas terdapat mRNA dengan urutan basa nitrogen sebagai berikut:

AUG- GCC- CGC- UGU- CAC- AAG- UGA

Met  - Ala-   Arg -  Sis  -  His  -  Lis - Stop
Apabila terjadi insersi basa nitrogen, misalnya basa guanin (G) di urutan ke-4, maka urutan basa nitrogen pada mRNA tersebut menjadi:

AUG- GGC-CCG-CUG-UCA-CAA-GUG-A

Met - Gly-  Pro - Leu-  Ser- Glu - Val

 

Apabila terjadi insersi basa nitrogen, misalnya basa adenin (A) di urutan ke-11, maka yang terjadi adalah Nonsense mutaion atau mutasi tanpa arti UGU (sistein) berubah menjadi UGA (stop).

maka urutan basa nitrogen pada mRNA tersebut menjadi:

AUG- GCC- CGC- UGA-UCA-CAA-GUG-A 

Met - Alanin- Arginin - stop

 

Dengan demikian, frameshift mutation akan terjadi apabila terjadi A. penyisipan basa guanin setelah basa nitrogen ke-4


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan