Toni K

05 April 2022 15:38

Iklan

Iklan

Toni K

05 April 2022 15:38

Pertanyaan

Perhatikan teks observasi berikut! Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. UNESCO, lembaga yang mengurusi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor berasal dari Indonesia. Wayang merupakan warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity) Para wali songo, penyebar agama Islam di Jawa sudah membagi wayang menjadi tiga. Wayang kulit di Timur, wayang wong atau wayang orang di Jawa Tengah, dan wayang golek atau wayang boneka di Jawa Barat. Penjenisan tersebut disesuaikan dengan penggunaan bahan wayang. Wayang kulit dibuat dari kulit hewan ternak, misalnya kulit kerbau, sapi, atau kambing. Wayang wong berarti wayang yang ditampilkan atau diperankan oleh orang. Wayang golek adalah wayang yang menggunakan boneka kayu sebagai pemeran tokoh Selanjutnya, untuk mempertahankan budaya wayang agar tetap dicintai, seniman mengembangkan wayang dengan bahan-bahan lain, antara lain wayang suket dan wayang motekar. Analisislah minimal 5 (lima) struktur kebahasaan yang berupa verba teks di atas!


6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Rahmawati

06 April 2022 04:35

Jawaban terverifikasi

Halo Toni K. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, kakak bantu jawab ya. Verba yang terdapat pada teks tersebut adalah adalah, menetapkan, merupakan, disesuaikan, dan mempertahankan. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, berikut adalah pembahasannya. Verba adalah kata yang menggambarkan proses, perbuatan, atau keadaan. Berikut adalah jenis-jenis kata kerja. 1. Verba mental atau verba tingkah laku, kata kerja yang mengekspresikan sikap atau respons seseorang tentang pengalaman, tindakan, atau keberadaan, seperti memikirkan, merasakan, menghayal. 2. Verba aksi, kata kerja yang mengungkapkan menjelaskan perbuatan, aksi, atau kegiatan yang dilakukan langsung oleh subjek, seperti memotong, menangkap, menyentuh. 3. Verba relasional, kata kerja yang menghubungkan konsep dengan definisi, verba ini hanya terlihat dari penggunaan kalimat saja, seperti adalah atau merupakan. Berikut analisis sesuai dengan teks tersebut. 1. Verba relasional "adalah" ditemukan pada kalimat "Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia." 2. Verba mental "menetapkan" ditemukan pada kalimat "... pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor berasal dari Indonesia." 3. Verba relasional "merupakan" ditemukan pada kalimat "Wayang merupakan warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur...." 4. Verba mental "disesuaikan" ditemukan pada kalimat "Penjenisan tersebut disesuaikan dengan penggunaan bahan wayang." 5. Verba mental "mempertahankan" ditemukan pada kalimat "Selanjutnya, untuk mempertahankan budaya wayang agar tetap dicintai...." Dengan demikian, verba yang terdapat pada teks tersebut adalah adalah, menetapkan, merupakan, disesuaikan, dan mempertahankan. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Sejak kecil kau telah akrab dengan lingkungan sekolah ini karena sering diajak ibumu kemari. Tak heran ketika sudah waktunya untuk masuk sekolah, kau begitu **supel** dan teman-temanmu pun sudah banyak. Mereka umumnya murid-murid yang pernah diajar ibumu waktu kelas satu. Sedangkan aku? Aku waktu itu baru saja pindah ke kota kecil ini. Makna kata bercetak tebal dalam kutipan cerpen tersebut adalah .... A. ramah C. santun B. sopan D. baik

272

5.0

Jawaban terverifikasi

Teks berikut untuk soai nomor 4. 1) Ilmuwan di berbagai belahan dunia berkejaran dengan waktu untuk menciptakan vaksin guna mengatasi virus Corona jenis baru. Vaksin perlu segera diciptakan karena kematian akibat virus Corona yang terus bertambah dan penyebaran virus yang kian meluas. 2) Pada Jum'at (7-2-2020), Komisi Kesehatan Nasional Cina mencatat jumlah kematian akibat virus Corona baru telah mencapai 636 kasus, sedangkan jumlah warga yang terinfeksi menjadi 31.161 kasus. Kasus terbanyak terjadi di Hubei, Cina, tempat vi kesehatan du niairus pertama muncul. Selain di Cina, virus itu kini telah menyebar ke lebih dari 25 negara. 3) Para ilmuwan bekerja dalam kecepatan penuh untuk menemukan vaksin bagi virus Corona baru atau penyakit pernapasan akut 2019-nCOV. Sebagai pusat epidemic, ilmuwan Cina berupaya menemukan vaksin bagi virus itu. Perkembangan terbaru adalah mereka menciptakan peta genetik virus. 4) Ilmuwan dari Australia, Kanada, hingga Prancis ikut menciptakan berbagai jenis inokulasi bersama sejumlah perusahaan biotek dan vaksin. Beberapa waktu lalu, Kepala Laboratorium Identifikasi Virus dari Institut Peter Doherty untuk Infeksi dan kekebalan, Melbourne, Julian Druce, menyatakan mereka mengembangkan virus Corona versi laboratorium dari tubuh pasien yang terinfeksi untuk uji coba. Tanggapan yang sesuai dengan berita tersebut adalah ... A. Pemerintah Australia telah tanggap menghadapi serangan virus Corona dengan menemukan vaksin virus tersebut. B. Para ilmuan perlu segera mempelajari virus corona yang menjadi masalah besar bagi kesehatan dunia karena persebarannya sangat cepat. C. Masyarakat perlu mawas diri dan menjaga kesehatan dalam menghadapi serangan virus corona yang mulai menyebar di Indonesia, D. Virus corona menjadi masalah besar bagi kesehatan manusia.

101

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan