Castor F

19 Juli 2022 07:49

Iklan

Iklan

Castor F

19 Juli 2022 07:49

Pertanyaan

Perhatikan siklus hidup kelas Scyhopozoa berikut ini! Pada siklus diatas urutan yang paling tepat adalah ...

alt

2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Ridho

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

22 September 2022 11:10

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya adalah 2-3-4-5-1.</p><p>&nbsp;</p><p><i>Aurelia aurita</i> merupakan anggota filum Coelenterata, kelas Scyphozoa. Mempunyai bentuk seperti mangkuk dan lebih dikenal sebagai ubur-ubur. Daur hidup <i>Aurelia aurita</i> sebagai berikut:</p><ul><li>Medusa dewasa jantan dan betina akan menghasilkan gamet (sel telur dan sperma) yang haploid (nomor 2).</li><li>Fertilisasi sel telur oleh spermatozoid akan menghasilkan zigot yang diploid, Fertilisasi terjadi secara eksternal di air.</li><li>Zigot akan mengalami pembelahan mitosis dan berkembang menjadi blastula, gastrula, yang kemudian berkembang menjadi planula bersilia yang berenang bebas (nomor 3).</li><li>Planula akan menetap pada substart tertentu dan tumbuh menjadi polip baru yang berukuran kecil dan bertentakel yang disebut dengan skifistoma, Skifistoma dapat membentuk tunas-tunas baru (nomor 4).</li><li>Skifistoma dapat melakukan strobilasi atau pembelahan secara melintang pada ujung oral untuk menghasilkan setumpuk bakal medusa atau efira (nomor 5).</li><li>Efira akan lepas satu persatu menjadi medusa dewasa, setelah efira lepas skifistoma kembali menjadi polip (nomor 1).</li></ul><p><strong><u>Jadi, Jawabannya adalah 2-3-4-5-1.</u></strong></p>

Jawabannya adalah 2-3-4-5-1.

 

Aurelia aurita merupakan anggota filum Coelenterata, kelas Scyphozoa. Mempunyai bentuk seperti mangkuk dan lebih dikenal sebagai ubur-ubur. Daur hidup Aurelia aurita sebagai berikut:

  • Medusa dewasa jantan dan betina akan menghasilkan gamet (sel telur dan sperma) yang haploid (nomor 2).
  • Fertilisasi sel telur oleh spermatozoid akan menghasilkan zigot yang diploid, Fertilisasi terjadi secara eksternal di air.
  • Zigot akan mengalami pembelahan mitosis dan berkembang menjadi blastula, gastrula, yang kemudian berkembang menjadi planula bersilia yang berenang bebas (nomor 3).
  • Planula akan menetap pada substart tertentu dan tumbuh menjadi polip baru yang berukuran kecil dan bertentakel yang disebut dengan skifistoma, Skifistoma dapat membentuk tunas-tunas baru (nomor 4).
  • Skifistoma dapat melakukan strobilasi atau pembelahan secara melintang pada ujung oral untuk menghasilkan setumpuk bakal medusa atau efira (nomor 5).
  • Efira akan lepas satu persatu menjadi medusa dewasa, setelah efira lepas skifistoma kembali menjadi polip (nomor 1).

Jadi, Jawabannya adalah 2-3-4-5-1.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

738

5.0

Jawaban terverifikasi