Andi M

15 Januari 2023 07:58

Iklan

Andi M

15 Januari 2023 07:58

Pertanyaan

perhatikan rumus struktur senyawa berikut. Menurut IUPAC, nama senyawa tersebut adalah....

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

11

:

36

:

12

Klaim

2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

S. Susanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Jayabaya

01 Februari 2023 04:19

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban : 2,2,4-trimetil-3-pentanon.</p><p>&nbsp;</p><p>Senyawa alkanon / keton merupakan senyawa turunan alkana dengan gugus fungsi -CO-. Nama IUPAC alkanon diturunkan dari nama alkananya dengan mengganti akhiran -a menjadi -on.</p><p>- Rantai terpanjang yang mengandung gugus karbonil (-CO-) merupakan rantai induk.</p><p>- Penomoran dimulai dari atom C ujung yang terletak paling dekat dengan gugus fungsi dan yang mengandung cabang jika dari ujung kiri dan kanan gugus fungsi terletak pada nomor yang sama.</p><p>- Urutan penamaannya yaitu: nomor cabang-nama cabang-nomor gugus fungsi-nama rantai induk</p><p>&nbsp;</p><p>Penomorannya seperti pada gambar terlampir.</p><p>Pada gambar tersebut, terdapat tiga cabang metil (-CH3) pada atom C nomor 2 dan 4 sehingga nama cabangnya yaitu 2,2,4-trimetil. Rantai induk terdiri dari 5 atom C, dimana gugus fungsi -CO- berada di nomor 3 sehingga rantai induknya dinamakan 3-pentanon. Dengan demikian, nama senyawa dengan rumus struktur tersebut adalah 2,2,4-trimetil-3-pentanon.</p><p><br>Jadi, nama senyawa dengan rumus struktur tersebut adalah 2,2,4-trimetil-3-pentanon.</p>

Jawaban : 2,2,4-trimetil-3-pentanon.

 

Senyawa alkanon / keton merupakan senyawa turunan alkana dengan gugus fungsi -CO-. Nama IUPAC alkanon diturunkan dari nama alkananya dengan mengganti akhiran -a menjadi -on.

- Rantai terpanjang yang mengandung gugus karbonil (-CO-) merupakan rantai induk.

- Penomoran dimulai dari atom C ujung yang terletak paling dekat dengan gugus fungsi dan yang mengandung cabang jika dari ujung kiri dan kanan gugus fungsi terletak pada nomor yang sama.

- Urutan penamaannya yaitu: nomor cabang-nama cabang-nomor gugus fungsi-nama rantai induk

 

Penomorannya seperti pada gambar terlampir.

Pada gambar tersebut, terdapat tiga cabang metil (-CH3) pada atom C nomor 2 dan 4 sehingga nama cabangnya yaitu 2,2,4-trimetil. Rantai induk terdiri dari 5 atom C, dimana gugus fungsi -CO- berada di nomor 3 sehingga rantai induknya dinamakan 3-pentanon. Dengan demikian, nama senyawa dengan rumus struktur tersebut adalah 2,2,4-trimetil-3-pentanon.


Jadi, nama senyawa dengan rumus struktur tersebut adalah 2,2,4-trimetil-3-pentanon.

alt

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan