Lantana C

20 Maret 2022 01:24

Iklan

Lantana C

20 Maret 2022 01:24

Pertanyaan

Perhatikan rantai basa nitrogen pada mRNA berikut! Hilangnya basa nitrogen urasil pada bagan bertanda panah akan mengakibatkan .... A. terjadi mutasi diam B. terbentuk protein yang sama C. terjada pergeseran pembacaan kode genetik D. terjadi pembacaan kode genetik yang sama E. terjadi mutasi tanpa perubahan sintesis protein

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

18

:

33

:

29

Klaim

4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

D. Anggita

20 Agustus 2022 04:59

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat adalah C.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Mutasi gen merupakan perubahan yang terjadi pada materi genetik di dalam sel. Salah satu contoh mutasi gen adalah mutasi pada basa nitrogen. Mutasi ini terjadi karena adanya penambahan (adisi), pengurangan (delesi), maupun penggandaan (duplikasi) basa nitrogen pada rantai DNA suatu organisme.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Pada gambar diatas, terjadi pengurangan basa nitrogen (delesi), dimana basa nitrogen urasil yang semula ada menjadi hilang, adanya mutasi ini dapat memengaruhi pembacaan kode genetik, dimana yang seharusnya terbentuk adalah AUG (Methionine) berubah menjadi AGA (Arginine).&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, hilangnya basa nitrogen urasil pada bagan bertanda panah akan mengakibatkan terjadinya pergeseran pembacaan kode genetik.</p>

Jawaban yang tepat adalah C. 

 

Mutasi gen merupakan perubahan yang terjadi pada materi genetik di dalam sel. Salah satu contoh mutasi gen adalah mutasi pada basa nitrogen. Mutasi ini terjadi karena adanya penambahan (adisi), pengurangan (delesi), maupun penggandaan (duplikasi) basa nitrogen pada rantai DNA suatu organisme. 

 

Pada gambar diatas, terjadi pengurangan basa nitrogen (delesi), dimana basa nitrogen urasil yang semula ada menjadi hilang, adanya mutasi ini dapat memengaruhi pembacaan kode genetik, dimana yang seharusnya terbentuk adalah AUG (Methionine) berubah menjadi AGA (Arginine). 

 

Dengan demikian, hilangnya basa nitrogen urasil pada bagan bertanda panah akan mengakibatkan terjadinya pergeseran pembacaan kode genetik.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan