Afia Z

26 Mei 2024 03:55

Iklan

Iklan

Afia Z

26 Mei 2024 03:55

Pertanyaan

Perhatikan puisi berikut! Ibu yang aku sayangi Ibu yang aku cintai Akan selalu kudoakan Agar hidupmu tenang Akan selalu kudoakan Agar hidupmu tentram Majas yang terjadapat dalam puisi tersebut adalah .... A. personifikasi B. metafora C. asosiasi D. pararelisme E. hiperbola Tolong sertakan penjelasannya 🙏🏻

Perhatikan puisi berikut! 


Ibu yang aku sayangi 
Ibu yang aku cintai 
Akan selalu kudoakan 
Agar hidupmu tenang 
Akan selalu kudoakan 
Agar hidupmu tentram


Majas yang terjadapat dalam puisi tersebut adalah .... 
A. personifikasi 
B. metafora 
C. asosiasi 
D. pararelisme 
E. hiperbola

Tolong sertakan penjelasannya 🙏🏻


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

26 Mei 2024 05:34

Jawaban terverifikasi

<p>Majas yang terdapat dalam puisi tersebut adalah <strong>D. paralelisme</strong>.</p><p>Paralelisme adalah majas yang menggunakan pengulangan struktur atau pola yang sama dalam beberapa baris atau kalimat untuk memberikan efek yang estetis dan ritmis. Dalam puisi di atas, kita bisa melihat pengulangan struktur pada baris-baris berikut:</p><p>"Akan selalu kudoakan<br>Agar hidupmu tenang<br>Akan selalu kudoakan<br>Agar hidupmu tentram"</p><p>Pengulangan ini menciptakan efek yang ritmis dan menekankan doa dan harapan untuk ibu yang dicintai.</p>

Majas yang terdapat dalam puisi tersebut adalah D. paralelisme.

Paralelisme adalah majas yang menggunakan pengulangan struktur atau pola yang sama dalam beberapa baris atau kalimat untuk memberikan efek yang estetis dan ritmis. Dalam puisi di atas, kita bisa melihat pengulangan struktur pada baris-baris berikut:

"Akan selalu kudoakan
Agar hidupmu tenang
Akan selalu kudoakan
Agar hidupmu tentram"

Pengulangan ini menciptakan efek yang ritmis dan menekankan doa dan harapan untuk ibu yang dicintai.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

27 Mei 2024 01:40

Jawaban terverifikasi

Berdasarkan puisi yang diberikan, majas yang terdapat dalam puisi tersebut adalah paralelisme. Paralelisme adalah majas yang memperlihatkan kesejajaran dalam struktur kalimat. Dalam puisi tersebut, terdapat dua baris yang memiliki struktur kalimat yang sama, yaitu: "Akan selalu kudoakan Agar hidupmu tenang" "Akan selalu kudoakan Agar hidupmu tentram" Kedua baris tersebut memiliki struktur yang paralel atau sejajar, sehingga majas yang digunakan adalah paralelisme. Jadi, jawaban yang tepat untuk pertanyaan "Majas yang terdapat dalam puisi tersebut adalah..." adalah paralelisme.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kamarku Salah satu tempat favoritku setelah pulang kerja adalah kamarku. Ruang kamarku memang luas dengan ukuran panjang 7 meter dan lebar 3 meter. Di pojok depan kamar ada jendela kamar, sehingga aku bisa melihat halaman rumahku dan pemandangan di luar. Jika jendela kamar kubuka, aku merasakan angin segar menyejukkan kamarku. Sebelah jendela, ada meja rias dan 2 lemari pakaian yang berpintu dua dengan warna favoritku yaitu coklat dan putih. Aku suka warna dinding yang kalem, warna abu-abu dipadu dengan hijau gold. Di samping tempat tidur ada sofa tempat aku bersantai melihat ikan menari-nari mengikuti lantunan nada gemericik air kolam depan kamarku. Di dekat pintu kamarku ada satu kulkas yang sengaja kutata dekat dengan meja kerjaku,sehingga sewaktu kerja dan haus aku dengan mudah mengambil air minum. Di atas meja kerjaku ada sebuah TV dengan ukuran 55 inci. Di kamarku ada kamar mandi dengan ukuran panjang 2,20 meter dan lebar 2 meter. Di kamarku juga aku siapkan tempat untuk sholat sehingga jika aku melakukan sholat wajib dan sunah, aku tidak perlu ke lantai 2. 4. Menurut isinya paragraf di atas adalah paragraf… 5. Tuliskan 1 majas yang ada pada paragraf di atas, sebutkan majasnya !

4

5.0

Jawaban terverifikasi

temukan konjungsi dalam teks hikayat ibnu hasan kemudian jeniskan! Ibnu Hasan Syahdan, zaman dahulu kala, ada seorang kaya hartawan, bernama Syekh Hasan. Banyak harta, banyak uang, terkenal ke setiap negeri, merupakan orang terkaya. Bertempat tinggal di negeri Bagdad yang terkenal ke mana-mana sebagai kota yang paling ramai saat itu. Syekh Hasan sangat bijaksana, mengasihi fakir miskin, menyayangi yang kekurangan, menasihati yang berpikiran sempit, mengajarkan ilmu yang baik, walaupun harus mengeluarkan biaya berupa pakaian atau uang. Oleh karena itu, banyak pengikutnya. Syekh Hasan memiliki seorang anak laki-laki yang sangat tampan, pendiam, dan baik budi, berusia sekitar tujuh tahun. Ibnu Hasan namanya. Ibnu Hasan sedang lucu-lucunya. Semua orang senang melihatnya, apalagi orang tuanya. Namun demikian, anak itu tidak sombong, perilakunya kalem, walaupun hidupnya dimanjakan, tidak kekurangan. Ayahnya berpikir, "Alangkah salannya aku, menyayangi di luar batas, tanpa pertimbangan. Bagaimana kalau akhirnya dimurkai Allah Yang Agung? Aku pasti durhaka, tak dapat mendidik anak, mengkaji ilmu yang bermanfaat." Dipanggilnya putranya. Anak itu segera mendatanginya, diusap-usapnya putranya sambil dinasihati, bahwa ia harus mengaji, katanya, "Sekarang saatnya, Anakku. Sebenarnya aku khawatir, tapi pergilah ke Mesir. Carilah jalan menuju keutamaan." Ibnu Hasan menjawab, "Ayah jangan ragu-ragu, semua kehendak orang tua akan hamba turuti, tidak akan kutolak, siang malam hanya perintah Ayah Ibu yang hamba nantikan." Kemudian, Ibnu Hasan berangkat ke pesantren, berpisah dengan kedua orang tuanya, hatinya sangat sedih. Ibunya tidak tahan menangis terisak-isak harus berpisah dengan putranya yang masih sangat kecil, belum cukup usia. "Kelak, apabila Ananda sudah sampai ke tempat merantau, pandai-pandailah menjaga diri karena jauh dari orang tua. Harus tahu ilmunya hidup, jangan keras kepala, angkuh, dan menyombongkan diri, merasa lebih dari yang lain, merasa diri orang kaya lalu menghina sesama. Kalau begitu perbuatanmu, hidupmu tidak akan senang karena dimusuhi semua orang, tidak akan ada yang mau menolong. Kalau celaka tidak akan diperhatikan. Berada di rantau orang kalau judes akan mendapatkan kesusahan. Hati-hatilah menjaga diri. Jangan menganggap enteng segala hal." Ibnu Hasan menjawab dengan takzim, "Apa yang Ibu katakan akan selalu kuingat dan kucatat dalam hati. Doakanlah aku agar selamat. Semoga jangan sampai menempuh jalan yang salah. Pesan Ibu akan kuperhatikan, siang dan malam." Singkat cerita Ibnu Hasan sudah berangkat dikawal dua pengasuhnya sejak kecil, Mairin dan Mairun. Mereka berangkat berjalan kaki. Mairun memikul semua perbekalan dan pakaian, sementara Mairin mengikuti dari belakang, sesekali menggantikan tugas Mairun. Perasaan sedih, prihatin, kehujanan, kepanasan selama perjalanan yang memakan waktu berhari-hari namun akhirnya sampai juga di pusat kota negara Mesir, dengan selamat berkat doa ayah dan ibunda. Selanjutnya, segeralah menemui seorang alim ulama, terus berguru padanya. Pada suatu hari, saat bakda zuhur, Ibnu Hasan sedang di jalan, bertemu seseorang bernama Saleh yang baru pulang dari sekolah. Ibnu Hasan menyapa, "Anda pulang dari mana?" Saleh menjawab dengan sopan, "Saya pulang sekolah." Ibnu Hasan bertanya lagi, "Sekolah itu apa? Coba jelaskan padaku!" Yang ditanya menjawab, "Apakah Anda belum tahu?Sekolah itu tempat ilmu, tepatnya tempat belajar, berhitung, menulis, mengeja, belajar tata krama, sopan santun terhadap yang lebih tua dan yang lebih muda, dan terhadap sesama, harus sesuai dengan aturan." Begitu Ibnu Hasan mendengar penjelasan tersebut, betapa girang hatinya. Dia segera pulang menghadap kyai dan meminta izinnya untuk belajar di sekolah guna mencari ilmu. "Sekarang katakan padaku apa yang sebenarnya kamu harapkan," Kyai berkata demikian. Tujuan untuk menguji muridnya, apakah betul-betul ingin mencari ilmu atau hanya alasan supaya mendapat pujian. Ibnu Hasan menunduk, menjawab agak malu, "Hamba ingin menjelaskan mengapa hamba bersusah payah tanpa mengenal lelah mencari ilmu. Memang sangkaan orang begitu karena ayahku kaya raya, tidak kekurangan uang, ternaknya pun banyak. Hamba tidak usah bekerja karena tidak akan kekurangan. Namun, pendapat hamba tidak demikian, akan sangat memalukan seandainya ayah sudah tiada, sudah meninggal dunia, semua hartanya jatuh ke tangan hamba. Tapi, ternyata tidak terurus karena hamba tidak teliti akhimya harta itu habis, bukan bertambah. Di situlah terlihat temyata kalau hamba ini bodoh. Bukan bertambah masyhur, asalnya anak orang kaya, harus menjadi buruh. Begitulah pendapat hamba karena modal sudah ada, hamba hanya tinggal melanjutkan. Pangkat anakpun begitu pula, walaupun tidak melebihi orang tua, paling tidak harus sama dengan orang tua, dan tidak akan memalukan, apalagi kalau lebih miskin, ibaratnya anak seorang palih" Maka, yakinlah kyai itu akan baik muridnya.

3

0.0

Jawaban terverifikasi