Kevin F

03 Februari 2022 14:41

Iklan

Iklan

Kevin F

03 Februari 2022 14:41

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! 1) Besarnya momen gaya sebanding dengan gaya yang bekerja pada suatu benda dan panjang lengan gaya terhadap poros benda yang saling tegak lurus terhadap gaya. 2) Besarnya momen gaya sebanding dengan momen inersia benda dan berbanding terbalik terhadap percepatan sudut benda. 3) Besarnya momen inersia sebanding dengan massa benda dan jari-jari lintasan benda terhadap sumbu porosnya. 4) Besarnya momentum sudut sebanding dengan momen inersia dan kecepatan sudut benda. 5) Berlaku hukum Kekekalan Energi pada benda yang bergerak translasi dan rotasi. Pernyataan yang sesuai dengan konsep rotasi ditunjukkan oleh angka ... a. 1), 2), dan 4) b. 1), 4), dan 5) c. 2), 3), dan 4) d. 2), 3), dan 5) e. 3), 4), dan 5)


38

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

E. Ang

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

09 Februari 2022 13:24

Jawaban terverifikasi

Hai, Kevin F. Jawabannya adalah b. Mari kita bedah satu persatu poin di atas. 1) Besarnya momen gaya sebanding dengan gaya yang bekerja pada suatu benda dan panjang lengan gaya terhadap poros benda yang saling tegak lurus terhadap gaya. Sesuai dengan persamaannya yaitu : τ = F.L dimana : τ = momen gaya (Nm) F = gaya yang bekerja (N) L = lengan torsi (m) Berarti angka ke-1 benar 2) Besarnya momen gaya sebanding dengan momen inersia benda dan percepatan sudut benda. Sesuai dengan persamaannya yaitu : τ = I.𝛼 dimana : I = momen inersia (kg.m²) 𝛼 = percepatan sudut (rad/s²) Berarti angka ke-2 salah. 3) Besarnya momen inersia sebanding dengan massa benda dan kuadrat jari-jari lintasan benda terhadap sumbu porosnya. Sesuai dengan persamaannya yaitu : I = m.r² dimana : m = massa benda (kg) r = jari-jari lintasan (m) Berarti angka ke-3 salah 4) Besarnya momentum sudut sebanding dengan momen inersia dan kecepatan sudut benda. Sesuai dengan persamaannya yaitu : L = I.ω dimana : L = momentum sudut (kg.m²/s) I = momen inersia (kg.m²) ω = kecepatan sudut (rad/s) Berarti angka ke-4 benar 5) Berlaku hukum Kekekalan Energi pada benda yang bergerak translasi dan rotasi. Sesuai dengan persamaannya yaitu : EM1 = EM2 EP1 + EKt1 +EKr1 = EP2 + EKt2 + EKr2 dimana : EP = energi potensial (J) EKt = energi kinetik translasi (J) EKr = energi kinetik rotasi (J) Berarti angka ke -5 benar. Jadi pernyataan yang sesuai dengan konsep rotasi ditunjukkan oleh angka ke 1), 4), dan 5). Oleh karena itu jawaban yang benar adalah b Terima kasih telah bertanya di Roboguru.


Yakub I

15 Agustus 2023 14:45

Apa

Iklan

Iklan

Anditz H

22 September 2022 23:55

Perhatikan gambar berikut ! Jika massa batang diabaikan, besar momen gaya terhadap titik D adalah …Nm(10 Poin)


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

roda a, b dan c dihubungkan dengan tali (ra= 2 cm, rb = 4 cm, rc = 6 cm) seperti gambar. jika kecepatan sudut roda c sebesar 60 rad.s-1, maka kecepatan linier roda b adalah....m/s a. 720,0 b. 72,0 c. 10,8 d. 7,2 e. 3,6

428

3.5

Jawaban terverifikasi