Kaylaa A

20 Agustus 2023 14:36

Iklan

Iklan

Kaylaa A

20 Agustus 2023 14:36

Pertanyaan

Perhatikan penggalan biografi berikut! Mahatma Gandhi berhasil mengantarkan rakyat India menuju pintu gerbang kemerdekaan. Ia juga dikenal sebagai pemimpin yang penuh kasih sayang. Ia berkomitmen memerangi ketidakadilan melalui jalan damai. Cara hidupnya yang didasarkan cinta dan kasih sayang (satyagraha) selalu dikenang oleh rakyat India, bahkan dunia. Jelaskan guna ekstrinsik sejarah berdasarkan penggalan biografi tersebut!

Perhatikan penggalan biografi berikut!


Mahatma Gandhi berhasil mengantarkan rakyat India menuju pintu gerbang kemerdekaan. Ia juga dikenal sebagai pemimpin yang penuh kasih sayang. Ia berkomitmen memerangi ketidakadilan melalui jalan damai. Cara hidupnya yang didasarkan cinta dan kasih sayang (satyagraha) selalu dikenang oleh rakyat India, bahkan dunia.
Jelaskan guna ekstrinsik sejarah berdasarkan penggalan biografi tersebut!

 


2

1


Iklan

Iklan

Ahmad A

20 Agustus 2023 17:00

<p>Guna ekstrinsik sejarah merujuk pada pengaruh dan dampak suatu individu, peristiwa, atau fenomena terhadap konteks sosial, politik, budaya, atau lingkungan di sekitarnya. Dalam penggalan biografi Mahatma Gandhi tersebut, terdapat beberapa contoh yang menggambarkan pengaruh ekstrinsik sejarah yang signifikan:</p><p>&nbsp;</p><p>1. Pengantar Kemerdekaan India: Penggalan biografi tersebut menunjukkan bahwa Mahatma Gandhi berhasil memimpin rakyat India menuju "pintu gerbang kemerdekaan." Ini mengindikasikan bahwa peran dan kontribusinya dalam perjuangan kemerdekaan India memiliki dampak ekstrinsik besar terhadap sejarah India dan juga perubahan global yang lebih luas, karena India menjadi negara yang merdeka dari penjajahan Inggris.</p><p>2. Perubahan Sosial dan Politik: Kehidupan dan aksi Gandhi mengilhami gerakan sosial dan politik yang lebih besar di India dan di seluruh dunia. Pendekatannya yang didasarkan pada prinsip cinta, non-kekerasan, dan satyagraha (perlawanan damai) mempengaruhi perubahan besar dalam pandangan dan tindakan masyarakat terhadap ketidakadilan, penindasan, dan perjuangan untuk hak asasi manusia.</p><p>3. Pemimpin yang Penuh Kasih Sayang: Pemimpin yang penuh kasih sayang seperti Gandhi membawa dampak positif ekstrinsik pada pandangan masyarakat tentang kepemimpinan. Konsep ini menginspirasi pemimpin di berbagai bidang untuk mengadopsi pendekatan yang lebih empatik, menghormati hak asasi manusia, dan mempromosikan keadilan sosial.</p><p>4. Dunia Internasional: Penggalan biografi tersebut menyebutkan bahwa "cara hidupnya yang didasarkan cinta dan kasih sayang (satyagraha) selalu dikenang oleh rakyat India, bahkan dunia." Ini menunjukkan bahwa pengaruh Gandhi melampaui batas negaranya sendiri dan mempengaruhi pandangan dunia tentang perubahan sosial dan politik yang mungkin dicapai melalui pendekatan damai dan non-kekerasan.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan kata lain, pengaruh ekstrinsik sejarah dari Mahatma Gandhi terlihat dalam cara dia memimpin perjuangan kemerdekaan India, menginspirasi gerakan perubahan sosial, meredefinisikan konsep kepemimpinan berbasis kasih sayang, dan mempengaruhi tata cara berpikir global tentang penyelesaian konflik dan perjuangan hak asasi manusia.</p>

Guna ekstrinsik sejarah merujuk pada pengaruh dan dampak suatu individu, peristiwa, atau fenomena terhadap konteks sosial, politik, budaya, atau lingkungan di sekitarnya. Dalam penggalan biografi Mahatma Gandhi tersebut, terdapat beberapa contoh yang menggambarkan pengaruh ekstrinsik sejarah yang signifikan:

 

1. Pengantar Kemerdekaan India: Penggalan biografi tersebut menunjukkan bahwa Mahatma Gandhi berhasil memimpin rakyat India menuju "pintu gerbang kemerdekaan." Ini mengindikasikan bahwa peran dan kontribusinya dalam perjuangan kemerdekaan India memiliki dampak ekstrinsik besar terhadap sejarah India dan juga perubahan global yang lebih luas, karena India menjadi negara yang merdeka dari penjajahan Inggris.

2. Perubahan Sosial dan Politik: Kehidupan dan aksi Gandhi mengilhami gerakan sosial dan politik yang lebih besar di India dan di seluruh dunia. Pendekatannya yang didasarkan pada prinsip cinta, non-kekerasan, dan satyagraha (perlawanan damai) mempengaruhi perubahan besar dalam pandangan dan tindakan masyarakat terhadap ketidakadilan, penindasan, dan perjuangan untuk hak asasi manusia.

3. Pemimpin yang Penuh Kasih Sayang: Pemimpin yang penuh kasih sayang seperti Gandhi membawa dampak positif ekstrinsik pada pandangan masyarakat tentang kepemimpinan. Konsep ini menginspirasi pemimpin di berbagai bidang untuk mengadopsi pendekatan yang lebih empatik, menghormati hak asasi manusia, dan mempromosikan keadilan sosial.

4. Dunia Internasional: Penggalan biografi tersebut menyebutkan bahwa "cara hidupnya yang didasarkan cinta dan kasih sayang (satyagraha) selalu dikenang oleh rakyat India, bahkan dunia." Ini menunjukkan bahwa pengaruh Gandhi melampaui batas negaranya sendiri dan mempengaruhi pandangan dunia tentang perubahan sosial dan politik yang mungkin dicapai melalui pendekatan damai dan non-kekerasan.

 

Dengan kata lain, pengaruh ekstrinsik sejarah dari Mahatma Gandhi terlihat dalam cara dia memimpin perjuangan kemerdekaan India, menginspirasi gerakan perubahan sosial, meredefinisikan konsep kepemimpinan berbasis kasih sayang, dan mempengaruhi tata cara berpikir global tentang penyelesaian konflik dan perjuangan hak asasi manusia.


Iklan

Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tentukan turunan pertama dari fx= -3xx-2

280

5.0

Jawaban terverifikasi

Terdapat 9 karyawan pada suatu perusahaan di bidang animasi. Setiap kali ada order pekerjaan film animasi, order tersebut akan dikerjakan oleh 3 orang dengan pembagian kerja 1 orang pembuat desain manual, 1 orang coloring di komputer, dan 1 orang composing. Setiap ganti pekerjaan, mereka juga akan berganti pasangan maupun pembagian kerjanya. Tentukan setelah berapa kali order pekerjaan tim yang sama akan bertemu kembali.

325

1.0

Lihat jawaban (1)