Juliana I

28 Januari 2023 09:29

Iklan

Iklan

Juliana I

28 Januari 2023 09:29

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks tanggapan berikut! Adanya berita kecelakaan lalu lintas saat ini sudah menjadi hal yang cukup sering kita temui, baik di berita, maupun di median sosial. [....]. hal yang dianggap sepele namun sangat mengkhawatirkan. Berdasarkan data dari kominfo, dalam setiap jam rata-rata ada 3 orang yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas, dan sebesar 61% kecelakaan lalu lintas terjadi akibat faktor manusia yaitu kemampuan dan juga karakter dalam mengemudi. Hal ini membuktikan bahwa kesadaran akan keselamatan dalam berkendara di masyarakat masih sangat rendah saat ini, mengingat lebih dari setengahnya kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat kemampuan dan juga karakter mengemudi manusia. Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan teks tanggapan tersebut adalah .... A. Peningkatan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara sangat perlu ditingkatkan, dan perlu dimulai dari diri kita sendiri. B. Baik kecelakaan yang terjadi di darat, di laut maupun di udara kecelakaan terjadi. C. Jangan baru menyesal kemudian ketika hal-hal ini terjadi pada diri kita sendiri atau orang-orang terdekat kita, ingat bahwa setiap nyawa sama berharganya. D. Bahkan melihat pemandangan anak yang masih di bawah umur mengendarai motor juga menjadi hal yang lumrah saat ini.


8

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

P. Avivah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

21 Februari 2023 10:40

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah D. Bahkan melihat pemandangan anak yang masih di bawah umur mengendarai motor juga menjadi hal yang lumrah saat ini.</p><p>&nbsp;</p><p>Sebuah teks paragraf harus ditulis dengan lengkap dan padu agar mudah dipahami. Pada teks di atas, terdapat bagian yang masih rumpang yang ada pada kalimat kedua paragraf tersebut. Teks di atas membahas mengenai pentingnya kesadaran masyarakat akan keselamatan dalam berkendara. Bagian yang rumpang dalam paragraf di atas dapat dilengkapi dengan kalimat "Bahkan melihat pemandangan anak yang masih di bawah umur mengendarai motor juga menjadi hal yang lumrah saat ini".</p><p>&nbsp;</p><p>Maka, dapat disimpukan bahwa kalimat yang tepat untuk melengkapi penggalan teks di atas yaitu "Bahkan melihat pemandangan anak yang masih di bawah umur mengendarai motor juga menjadi hal yang lumrah saat ini".</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, jawaban yang tepat adalah D.</p>

Jawaban yang benar adalah D. Bahkan melihat pemandangan anak yang masih di bawah umur mengendarai motor juga menjadi hal yang lumrah saat ini.

 

Sebuah teks paragraf harus ditulis dengan lengkap dan padu agar mudah dipahami. Pada teks di atas, terdapat bagian yang masih rumpang yang ada pada kalimat kedua paragraf tersebut. Teks di atas membahas mengenai pentingnya kesadaran masyarakat akan keselamatan dalam berkendara. Bagian yang rumpang dalam paragraf di atas dapat dilengkapi dengan kalimat "Bahkan melihat pemandangan anak yang masih di bawah umur mengendarai motor juga menjadi hal yang lumrah saat ini".

 

Maka, dapat disimpukan bahwa kalimat yang tepat untuk melengkapi penggalan teks di atas yaitu "Bahkan melihat pemandangan anak yang masih di bawah umur mengendarai motor juga menjadi hal yang lumrah saat ini".

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

25

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

57

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan