Andy D

27 September 2023 04:40

Iklan

Iklan

Andy D

27 September 2023 04:40

Pertanyaan

Perhatikan kuripan paragraf di bawah ini! (1) Cuci 50 gram daun sirih. (2) Setelah itu, keringkan dengan cara diangin-anginkan. (3) Setelah dipastikan kering dan bersih, potong halus daun sirih tersebut. (4) Masukkan irisan daun sirih ke dalam waskom alumunium berisi air panas sebanyak 200 ml. Kalimat pada paragraf di atas yang termasuk bentuk kalimat pelesapan adalah kalimat ke-.... A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

29 September 2023 21:23

Jawaban terverifikasi

Kalimat pada paragraf di atas yang termasuk bentuk kalimat pelesapan adalah kalimat ke- (2), yaitu "Setelah itu, keringkan dengan cara diangin-anginkan." Dalam kalimat ini, subjek dan predikatnya tidak eksplisit, dan struktur kalimatnya lebih seperti keterangan tambahan daripada kalimat utama.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

27 September 2023 10:02

Penjelasan: Kalimat pelesapan adalah kalimat yang tidak lengkap karena beberapa kata atau frasa dihilangkan. Dalam paragraf tersebut, terdapat beberapa kalimat yang mungkin termasuk dalam bentuk kalimat pelesapan. Kalimat ke-1 "Cuci 50 gram daun sirih" adalah kalimat perintah yang lengkap dan tidak mengalami pelesapan. Kalimat ke-2 "Setelah itu keringkan dengan cara diangin-anginka" juga merupakan kalimat perintah yang lengkap dan tidak mengalami pelesapan. Kalimat ke-3 "Setelah dipastikan kering dan bersih potong halus daun sirih tersebut" adalah kalimat yang mengalami pelesapan. Kata yang dihilangkan dalam kalimat ini adalah "daun sirih". Kalimat yang lengkap seharusnya adalah "Setelah dipastikan kering dan bersih, potong halus daun sirih tersebut". Kalimat ke-4 "Masukkan irisan daun sirih ke dalam waskom alumunium berisi air panas sebanyak 200mL" juga merupakan kalimat perintah yang lengkap dan tidak mengalami pelesapan. Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat pada paragraf di atas yang termasuk bentuk kalimat pelesapan adalah kalimat ke-3.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

269

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

538

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan