Rahmat S

01 Mei 2022 10:31

Iklan

Iklan

Rahmat S

01 Mei 2022 10:31

Pertanyaan

Perhatikan informasi berikut. 1) Persyaratan masuk Islam sangat mudah, yaitu dengan mengucapkan dua kal imat syahadat. 2) Pelaksanaan ibadah sederhana. 3) Agama Islam mengenal kekhalifahan. 4) Aturan-aturannya fleksibel dan tidak memaksa . 5) Penyebarannya dilakukan secara damai. 6) Runtuhnya Kerajaan Pajajaran pada akhir abad XV. Faktor-faktor yang mendukung masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia ditunjukkan nomor . . . . A. 1), 2), dan 3) B. 1), 3), dan 6) C. 2), 4), dan 5) D. 2), 5), dan 6) E. 3), 5), dan 6)


4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Halimah

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

02 Agustus 2022 03:05

Jawaban terverifikasi

Tidak ada jawaban yang benar, karena nomor yang tepat adalah 1, 2, dan 5. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut. Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M dan proses mulai berkembang pada abad ke-13 yang ditandai dengan berdiri kerajaan islam Samudera Pasai. Sebelum Islam masuk ada kebudayaan yang mendominasi Indonesia, yaitu Hindu dan Buddha. Proses masuk dan berkembangnya Islam berlangsung secara damai dan perlahan-lahan sehingga dapat dengan mudah diterima masyarakat. Faktor yang mendorong Islam mudah berkembang di Indonesia adalah : 1. Syarat-syarat untuk masuk Islam sederhana Ajaran Islam sangat sederhana, setiap orang yang mau masuk ke dalam agama Islam hanya diberi syarat membaca syahadat. Masuk islam pun tidak ada pemaksaan. Upacara keagamaan dalam Islam lebih sederhana. 2. Agama Islam disesuaikan dengan adat istiadat Penyebaran Islam dilakukan dengan pendekatan pada masyarakat setempat dan menggunakan unsur-unsur budaya. Contohnya, para Walisanga di Jawa mendirikan pondok pesantren sebagai pusat studi Islam dan tempat pemberdayaan masyarakat, ada juga cara dakwah lewat seni pertunjukan wayang, dimana wayang adalah tradisi orang hindu jawa kuno. 3. Islam tidak mengenal kasta atau tingkatan golongan sosial. Karena dalam Islam, setiap orang memiliki derajat yang sama, dan kitab suci umat muslim bisa dipelajari dan dibaca oleh semua umat muslim. Islam juga mengenal toleransi yang tinggi. Oleh karena itu, tidak ada jawaban yang benar, karena nomor yang tepat adalah 1, 2, dan 5. Semoga membantu yaa ;)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi