Ahmad W

11 Maret 2022 08:29

Iklan

Iklan

Ahmad W

11 Maret 2022 08:29

Pertanyaan

Perhatikan informasi berikut. 1. Jepang mewajibkan rakyat menggunakan bahasa Indonesia. 2. Larangan penggunaan bahasa Belanda. 3. Mempermudah komunikasi dengan orang Indonesia untuk propaganda. 4. Bahasa Jepang masih serumpun dengan bahasa Indonesia. 5. Bahasa Indonesia sangat demokratis karena membedakan tingkatan pemakaiannya. Dampak positif dari pendudukan Jepang diantaranya adalah berkembangnya bahasa Indonesia ditunjukkan nomor... A. 1), 2), dan 3) B. 2), 3), dan 5) C. 1), 3), dan 5) D. 3), 4), dan 5) E. 2), 3), dan 4)


878

7

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Susyanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

14 Maret 2022 10:59

Jawaban terverifikasi

Hai Ahmad, Kaka bantu jawab yaa. Jawaban yang tepat adalah opsi A. Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini. Bangsa Jepang datang ke Indonesia sejak Maret 1942, mereka berhasil mengalahkan pasukan Belanda baik dari laut maupun daratan. Selama menjajah Indonesia, Jepang menerapkan beberapa kebijakan yang tujuan utamanya adalah mendukung kemenangan Jepang dalam Perang Asia Pasifik melawan Sekutu. Di bidang bahasa, Jepang melarang penggunaan bahasa Belanda di seluruh kurikulum pendidikan di Indonesia. Demi memperlancar propaganda Jepang dalam menggiring dukungan rakyat Indonesia terhadap Jepang, mereka menerapkan bahasa Indonesia di kurikulum sekolah dan memperbolehkan penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Semoga membantu!


Maria C

Dijawab 3 hari yang lalu

Maksih jawabannya Kak

Iklan

Iklan

Kartika C

05 Maret 2023 14:01

Kenapa jawabannya privasi mulu ya kak


Indri Y

13 Maret 2023 03:17

Salah satu bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan pendudukan Jepang adalah melalui perjuangan bawah tanah. Umumnya perjuangan bawah tanah dilakukan oleh bangsa Indonesia yang bekerja instansi pemerintah Jepang. Berikut adalah kegiatan yang dilakukan oleh para tokoh gerakan bawah tanah secara sembunyi-sembunyi, kecuali....


Riko T

13 Juni 2023 03:21

Perhatikan informasi berikut! 1. Jepang mewajibkan rakyat menggunakan bahasa Indonesia 2. Larangan penggunaan bahasa Belanda sebagai percakapan sehari-hari 3. Mempermudah komunikasi dengan orang Indonesia untuk propaganda4. Bahasa Jepang masih serumpun dengan bahasa Indonesia5. Bahasa Indonesia sangat demokratis karena membedakan tingkatan pemakaiannya. Dampak positif dari pendudukan Jepang di antaranya adalah berkembangnya Bahasa Indonesia. Faktor-faktor penyebabnya adalah..


Putri N

10 Januari 2024 13:20

Kewajiban Jepang dibidang ekonomi


Faisal G

04 Maret 2024 13:19

Perlawanan atas penderitaan dan kesengsaraan rakyat Aceh terhadap Jepang dipimpin oleh…


Faisal G

04 Maret 2024 13:20

Perlawanan atas penderitaan dan kesengsaraan rakyat Aceh terhadap Jepang dipimpin oleh…


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah dampak perang dunia II terhadap kehidupan politik dunia?

425

5.0

Jawaban terverifikasi