Via N

06 Desember 2022 08:26

Iklan

Iklan

Via N

06 Desember 2022 08:26

Pertanyaan

Perhatikan data percobaan Thomson berikut; 1) dipengaruhi oleh medan magnet. 2) merupakan radiasi partikel. 3) dapat memendarkan berbagai zat. 4) merambat lurus. Berdasarkan data tersebut, yang merupakan sifat elektron ialah ... A. 1, 2, dan 3 B. 1 dan 3 C. 2 dan 4 D. 4 saja E. 1, 2, 3, dan 4


6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Susanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Jayabaya

12 Desember 2022 09:19

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban : E.</p><p><br>Dalam percobaan yang dilakukan J.J. Thomson digunakan plat logam elektroda negatif (katoda) dan elektroda positif (anoda) yang dihubungkan dengan sumber listrik tegangan tinggi. Percobaan yang dilakukan oleh J.J. Thomson ini mencatat beberapa hal penting dan menunjukkan bahwa sinar katoda merupakan radiasi partikel yang bermuatan listrik negatif, yakni :</p><ul><li>Sinar katoda merambat lurus dari permukaan katoda menuju anoda.</li><li>Sinar katoda dapat memutar kincir yang terdapat di dalam tabung percobaan (menunjukkan adanya sifat partikel yang bergerak).</li><li>Sinar katoda kemudian membelok ke kutub listrik positif</li><li>Partikel sinar katoda tidak bergantung kepada jenis elektroda maupun jenis gas dalam tabung yang berarti semua materi mengandung partikel seperti partikel sinar katoda.</li></ul><p>Sebagai kesimpulan dari percobaan yang dilakukan J.J.Thomson membuktikan bahwa ada partikel bermuatan negatif dalam suatu atom karena fakta yang mendukung adalah sinar tersebut dapat dibelokkan oleh medan listrik menuju kutub positif. Sinar tersebut kemudian dinamai elektron yang merupakan partikel dasar penyusun atom.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, yang merupakan sifat elektron ialah :</p><p>1) dipengaruhi oleh medan magnet. 2) merupakan radiasi partikel. 3) dapat memendarkan berbagai zat. 4) merambat lurus.</p>

Jawaban : E.


Dalam percobaan yang dilakukan J.J. Thomson digunakan plat logam elektroda negatif (katoda) dan elektroda positif (anoda) yang dihubungkan dengan sumber listrik tegangan tinggi. Percobaan yang dilakukan oleh J.J. Thomson ini mencatat beberapa hal penting dan menunjukkan bahwa sinar katoda merupakan radiasi partikel yang bermuatan listrik negatif, yakni :

  • Sinar katoda merambat lurus dari permukaan katoda menuju anoda.
  • Sinar katoda dapat memutar kincir yang terdapat di dalam tabung percobaan (menunjukkan adanya sifat partikel yang bergerak).
  • Sinar katoda kemudian membelok ke kutub listrik positif
  • Partikel sinar katoda tidak bergantung kepada jenis elektroda maupun jenis gas dalam tabung yang berarti semua materi mengandung partikel seperti partikel sinar katoda.

Sebagai kesimpulan dari percobaan yang dilakukan J.J.Thomson membuktikan bahwa ada partikel bermuatan negatif dalam suatu atom karena fakta yang mendukung adalah sinar tersebut dapat dibelokkan oleh medan listrik menuju kutub positif. Sinar tersebut kemudian dinamai elektron yang merupakan partikel dasar penyusun atom.

 

Jadi, yang merupakan sifat elektron ialah :

1) dipengaruhi oleh medan magnet. 2) merupakan radiasi partikel. 3) dapat memendarkan berbagai zat. 4) merambat lurus.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pH dari larutan NH4F 0,1M (Ka= 10^-5 dan Kb=10^-7) adalah.... *

648

5.0

Jawaban terverifikasi