Charissa S

16 Maret 2024 05:40

Iklan

Charissa S

16 Maret 2024 05:40

Pertanyaan

Perhatikan data-data berikut! (1) Fase Bulan yang berubah-ubah. (2) Pasang surut air laut. (3) Digunakannya kalender Hijriyah. Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan akibat dari ..... Jawab dong.... Terima kasih 'v'

Perhatikan data-data berikut!

(1) Fase Bulan yang berubah-ubah.

(2) Pasang surut air laut.

(3) Digunakannya kalender Hijriyah.

Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan akibat dari .....

 

 

 

Jawab dong.... 

Terima kasih 'v'

 

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

01

:

02

:

27

:

50

Klaim

8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

16 Maret 2024 13:40

Jawaban terverifikasi

<p>Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan akibat dari peredaran Bumi dan interaksi antara Bumi, Matahari, dan Bulan. Salah satu faktor yang mempengaruhi fenomena-fenomena tersebut adalah gaya tarik gravitasi antara Bumi dan Bulan serta antara Bumi dan Matahari.</p><p><strong>Fase Bulan yang berubah-ubah</strong> adalah akibat dari peredaran Bulan mengelilingi Bumi. Selama peredaran ini, kita dapat melihat berbagai fase Bulan tergantung pada posisinya relatif terhadap Matahari dan Bumi. Misalnya, ketika Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, kita melihat fase Bulan baru. Ketika Bulan berada di belakang Bumi relatif terhadap Matahari, kita melihat fase Bulan purnama.</p><p><strong>Pasang surut air laut</strong> juga merupakan akibat dari gaya gravitasi antara Bumi dan Bulan serta Bumi dan Matahari. Gravitasi Bulan menarik air laut sehingga menyebabkan pasang surut. Ketika Bulan berada di dekat, kita mengalami pasang, dan ketika Bulan berada di sisi yang berlawanan, kita mengalami surut.</p><p><strong>Digunakannya kalender Hijriyah</strong> juga berkaitan dengan peredaran Bulan mengelilingi Bumi. Kalender Hijriyah didasarkan pada siklus Bulan dan bukan pada peredaran Matahari seperti kalender Gregorian. Oleh karena itu, bulan-bulan dalam kalender Hijriyah memiliki panjang yang bervariasi, dan tahunnya lebih pendek daripada tahun pada kalender Gregorian.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan akibat dari peredaran Bumi dan interaksi antara Bumi, Matahari, dan Bulan. Salah satu faktor yang mempengaruhi fenomena-fenomena tersebut adalah gaya tarik gravitasi antara Bumi dan Bulan serta antara Bumi dan Matahari.

Fase Bulan yang berubah-ubah adalah akibat dari peredaran Bulan mengelilingi Bumi. Selama peredaran ini, kita dapat melihat berbagai fase Bulan tergantung pada posisinya relatif terhadap Matahari dan Bumi. Misalnya, ketika Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, kita melihat fase Bulan baru. Ketika Bulan berada di belakang Bumi relatif terhadap Matahari, kita melihat fase Bulan purnama.

Pasang surut air laut juga merupakan akibat dari gaya gravitasi antara Bumi dan Bulan serta Bumi dan Matahari. Gravitasi Bulan menarik air laut sehingga menyebabkan pasang surut. Ketika Bulan berada di dekat, kita mengalami pasang, dan ketika Bulan berada di sisi yang berlawanan, kita mengalami surut.

Digunakannya kalender Hijriyah juga berkaitan dengan peredaran Bulan mengelilingi Bumi. Kalender Hijriyah didasarkan pada siklus Bulan dan bukan pada peredaran Matahari seperti kalender Gregorian. Oleh karena itu, bulan-bulan dalam kalender Hijriyah memiliki panjang yang bervariasi, dan tahunnya lebih pendek daripada tahun pada kalender Gregorian.

 

 

 


Charissa S

18 Maret 2024 06:55

Terima kasih ≥v≤

Iklan

Nabiela S

16 Maret 2024 07:56

<p>penentuan kalender di tahun hihriyah perpatokan dasar pada revolusi bulan&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

penentuan kalender di tahun hihriyah perpatokan dasar pada revolusi bulan 

 


Charissa S

18 Maret 2024 06:55

Terima kasih ≥•≤

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan