Iklan

Iklan

Kleinhove H

22 Desember 2021 07:54

Pertanyaan

Perhatikan ciri-ciri perkecambahan tanaman berikut. (1) Epikotil tumbuh memanjang. (2) Hipokotil tumbuh memanjang. (3) Plumula menembus kulit bijiii dan muncul ke permukaan tanah. (4) Kotiledon tetap berada di dalam tanah. (5) Plumula dan kotiledon terdorong ke permukaan tanah. Ciri-ciri tipe perkecambahan hipogeal ditunjukkan oleh nomor .... a. (1) dan (5) b. (2) dan (5) c. (1), (2), dan (3) d. (1), (3), dan (4) e. (2), (3), dan (4)


418

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Vardini

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

26 Desember 2021 10:53

Jawaban terverifikasi

Hallo Kleinhove kakak bantu jawab ya : ) Jawabannya adalah D yaitu 1, 3 dan 4. Berdasarkan posisi kotiledonnya, perkecambahan dikelompokkan menjadi perkecambahan epigeal dan perkecambahan hipogeal. 1) Pada perkecambahan epigeal, kotiledon terangkat ke atas tanah karena pertumbuhan memanjang bagian hipokotil. Kotiledon muncul sebagai keping biji hijau. Selama pertumbuhan menembus tanah, hipokotil berbentuk kait dan ujung plumula terletak di antara dua keping biji. Hal itu bertujuan agar ujung plumula terlindung dari kerusakan akibat abrasi tanah. Perkecambahan epigeal terjadi pada biji bunga matahari, kedelai, dan kacang panjang. 2) Pada perkecambahan hipogeal, kotiledon tetap beradadi dalam tanah. Plumula terbawa ke atas tanah karena pertumbuhan memanjang bagian epikotil. Hal itu disebabkan pertumbuhan hipokotilnya sangat sedikit atau tidak memanjang sama sekali sehingga kotiledonnya tetap berada di dalam testa, dengan tunas muda dan akar muncul dari dalam biji. Semoga membantu ya


Iklan

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Alga tersebut memiliki ukuran yang makroskopis dan strukturnya menyerupai tumbuhan Tuliskan pigmen yang dominan pada alga tersebut.

13

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan