Abronia G

06 Januari 2023 04:51

Iklan

Abronia G

06 Januari 2023 04:51

Pertanyaan

Perhatikan beberapa hewan berikut! 1) Cumi-cumi 2) Bekicot 3) Kerang 4) Laba-laba 5) Cacing 6) Kalajengking. Hewan yang bernapas menggunakan insang dan paru-paru buku secara berurutan dalam tabel berikut yang benar adalah ....

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

02

:

22

:

24

:

44

Klaim

19

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

A. Agustina

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

09 Januari 2023 07:19

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban untuk soal ini adalah D.</p><p>&nbsp;</p><p>Secara umum, hewan dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu hewan bertulang belakang (vertebrata) dan hewan tidak bertulang belakang (invertebrata).</p><p>&nbsp;</p><p>Invertebrata dibagi menjadi delapan filum), yaitu Porifera, Cnidaria, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Annelida, Mollusca, Arthropoda, dan Echinodermata.</p><p>&nbsp;</p><p>Adapun beberapa sistem pernapasan pada beberapa hewan invertebrata yaitu sebagai berikut:</p><ul><li>Cumi-cumi, bekicot, dan kerang tergolong ke dalam Mollusca (hewan bertubuh lunak). Mollusca yang hidup di air bernapas dengan insang (ktenidia) yang terletak di rongga mantel, sedangkan yang hidup di darat bernapas dengan paru-paru sederhana.</li><li>Laba-laba dan kalajengking tergolong ke dalam Arthropoda (hewan berkaki beruas-ruas atau berbuku-buku). Arthropoda bernapas dengan paru-paru buku (<i>book lung</i>).&nbsp;</li><li>Cacing ada yang tergolong ke dalam filum Plathyhelminthes, Nemathelminthes, dan Annelida. Cacing melakukan pertukaran udara dilakukan secara difusi melalui seluruh permukaan tubuhnya yang selalu lembap.&nbsp;</li></ul><p>Jadi, jawabannya adalah D.</p>

Jawaban untuk soal ini adalah D.

 

Secara umum, hewan dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu hewan bertulang belakang (vertebrata) dan hewan tidak bertulang belakang (invertebrata).

 

Invertebrata dibagi menjadi delapan filum), yaitu Porifera, Cnidaria, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Annelida, Mollusca, Arthropoda, dan Echinodermata.

 

Adapun beberapa sistem pernapasan pada beberapa hewan invertebrata yaitu sebagai berikut:

  • Cumi-cumi, bekicot, dan kerang tergolong ke dalam Mollusca (hewan bertubuh lunak). Mollusca yang hidup di air bernapas dengan insang (ktenidia) yang terletak di rongga mantel, sedangkan yang hidup di darat bernapas dengan paru-paru sederhana.
  • Laba-laba dan kalajengking tergolong ke dalam Arthropoda (hewan berkaki beruas-ruas atau berbuku-buku). Arthropoda bernapas dengan paru-paru buku (book lung). 
  • Cacing ada yang tergolong ke dalam filum Plathyhelminthes, Nemathelminthes, dan Annelida. Cacing melakukan pertukaran udara dilakukan secara difusi melalui seluruh permukaan tubuhnya yang selalu lembap. 

Jadi, jawabannya adalah D.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan