Aisya T

19 Mei 2024 15:02

Iklan

Iklan

Aisya T

19 Mei 2024 15:02

Pertanyaan

Percobaan untuk membandingkan koe fisien berbagai benda padat dapat di lakukan dengan alat


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

23 Mei 2024 13:15

Jawaban terverifikasi

<p>Percobaan untuk membandingkan koefisien muai panjang (koefisien muai linier) dari berbagai benda padat dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut <strong>dilatometer</strong> atau <strong>alat muai panjang</strong>. Berikut penjelasan singkat mengenai alat dan metode yang digunakan:</p><ol><li><strong>Dilatometer:</strong><ul><li><strong>Fungsi:</strong> Dilatometer digunakan untuk mengukur perubahan panjang suatu bahan padat saat dipanaskan.</li><li><strong>Cara Kerja:</strong> Benda padat yang akan diuji dipanaskan dalam kondisi terkontrol, dan perubahan panjangnya diukur dengan presisi tinggi. Dilatometer dilengkapi dengan sensor suhu dan pengukur panjang yang sensitif.</li></ul></li><li><strong>Alat Muai Panjang:</strong><ul><li><strong>Fungsi:</strong> Alat ini dirancang khusus untuk mengukur muai panjang dari bahan padat ketika dipanaskan.</li><li><strong>Komponen Utama:</strong> Biasanya terdiri dari batang logam yang ditempatkan pada tempat khusus, pemanas untuk menaikkan suhu, dan pengukur panjang (misalnya mikrometer atau dial gauge) untuk mendeteksi perubahan panjang.</li><li><strong>Cara Kerja:</strong> Benda yang akan diuji dipanaskan secara perlahan, dan pengukur panjang mencatat perubahan panjang benda tersebut seiring dengan perubahan suhu.</li></ul></li></ol><p><strong>Prosedur Percobaan:</strong></p><ol><li><strong>Persiapan Alat dan Bahan:</strong> Siapkan dilatometer atau alat muai panjang, bahan padat yang akan diuji (misalnya batang logam), dan alat pemanas (biasanya pemanas listrik).</li><li><strong>Kalibrasi Alat:</strong> Pastikan alat pengukur panjang sudah dikalibrasi dengan benar untuk mendapatkan hasil yang akurat.</li><li><strong>Pemanasan:</strong> Tempatkan bahan padat di alat dan mulai pemanasan secara perlahan. Catat suhu awal sebelum pemanasan.</li><li><strong>Pengukuran:</strong> Selama pemanasan, catat perubahan panjang bahan pada berbagai suhu tertentu. Lakukan pencatatan secara berkala hingga mencapai suhu akhir yang diinginkan.</li><li><strong>Perhitungan Koefisien Muai:</strong> Setelah mendapatkan data perubahan panjang dan suhu, hitung koefisien muai panjang.</li></ol>

Percobaan untuk membandingkan koefisien muai panjang (koefisien muai linier) dari berbagai benda padat dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut dilatometer atau alat muai panjang. Berikut penjelasan singkat mengenai alat dan metode yang digunakan:

  1. Dilatometer:
    • Fungsi: Dilatometer digunakan untuk mengukur perubahan panjang suatu bahan padat saat dipanaskan.
    • Cara Kerja: Benda padat yang akan diuji dipanaskan dalam kondisi terkontrol, dan perubahan panjangnya diukur dengan presisi tinggi. Dilatometer dilengkapi dengan sensor suhu dan pengukur panjang yang sensitif.
  2. Alat Muai Panjang:
    • Fungsi: Alat ini dirancang khusus untuk mengukur muai panjang dari bahan padat ketika dipanaskan.
    • Komponen Utama: Biasanya terdiri dari batang logam yang ditempatkan pada tempat khusus, pemanas untuk menaikkan suhu, dan pengukur panjang (misalnya mikrometer atau dial gauge) untuk mendeteksi perubahan panjang.
    • Cara Kerja: Benda yang akan diuji dipanaskan secara perlahan, dan pengukur panjang mencatat perubahan panjang benda tersebut seiring dengan perubahan suhu.

Prosedur Percobaan:

  1. Persiapan Alat dan Bahan: Siapkan dilatometer atau alat muai panjang, bahan padat yang akan diuji (misalnya batang logam), dan alat pemanas (biasanya pemanas listrik).
  2. Kalibrasi Alat: Pastikan alat pengukur panjang sudah dikalibrasi dengan benar untuk mendapatkan hasil yang akurat.
  3. Pemanasan: Tempatkan bahan padat di alat dan mulai pemanasan secara perlahan. Catat suhu awal sebelum pemanasan.
  4. Pengukuran: Selama pemanasan, catat perubahan panjang bahan pada berbagai suhu tertentu. Lakukan pencatatan secara berkala hingga mencapai suhu akhir yang diinginkan.
  5. Perhitungan Koefisien Muai: Setelah mendapatkan data perubahan panjang dan suhu, hitung koefisien muai panjang.

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

20 Mei 2024 06:45

Bidang miring sederhana adalah alat yang dapat digunakan untuk mengukur koefisien gesek statis antara dua permukaan benda padat. Alat ini terdiri dari: 1. Bidang miring yang dapat diatur kemiringannya. 2. Benda padat yang akan diuji, misalnya balok kayu, logam, atau bahan lainnya. 3. Alat ukur sudut kemiringan, seperti busur derajat. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut: 1. Letakkan benda padat di atas bidang miring. 2. Perlahan-lahan naikkan kemiringan bidang miring hingga benda padat mulai bergerak. 3. Catat sudut kemiringan bidang pada saat benda mulai bergerak. Sudut ini disebut sudut kritis. 4. Gunakan rumus koefisien gesek statis (μs) = tan(sudut kritis). Dengan menggunakan bidang miring sederhana, Anda dapat membandingkan koefisien gesek statis antara berbagai benda padat, seperti kayu, logam, kaca, atau bahan lainnya. Semakin besar sudut kritis, maka semakin besar pula koefisien gesek statis antara dua permukaan. Metode ini cukup sederhana dan dapat dilakukan di laboratorium atau di kelas untuk memahami konsep koefisien gesek statis pada benda padat. Hasil pengukuran dapat dibandingkan dengan nilai koefisien gesek yang tersedia dalam tabel referensi untuk memverifikasi hasil percobaan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam rangka mengambil simpati bangsa Indoensia, pemerintah Jepang memberikan janji kemerdekaan. Untuk merealisasikan janji tersebut.. a. Kepala daerah mulai bupati diserahkan kepada orang Indonesia asli b. Bendera Merah Putih boleh dikibarkan berdampingan dengan Bendera Hinomaru e. Pemuda Indonesia yang bergabung dalam barisan PETA diakui sejajar dengan tentara Jepang d. Hukuman terhadap nara pidana dikurangi hingga ada yang dihapus dan dibebaskan e. Lagu Indonesia Raya mulai diajarkan di sekolah dari SD hingga sekolah menengah

7

0.0

Jawaban terverifikasi