Fatimah D

16 Januari 2020 02:26

Iklan

Iklan

Fatimah D

16 Januari 2020 02:26

Pertanyaan

Perasamaan garis 𝑦 βˆ’ π‘₯ + 2𝑦 βˆ’ 1 = 0 diputar sebesar + 90π‘œ dengan pusat O (0,0). Kemudian dicerminkan terhadap garis 𝑦 = π‘₯. Tentukan bayangan persamaan garis tersebut!


9

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

I. Rina

29 Desember 2021 18:00

Jawaban terverifikasi

Halo Fatimah, kakak bantu jawab yaa :) Jawaban dari soal di atas βˆ’ π‘₯ - 2y βˆ’ 1 = 0. Kita asumsikan soalnya seperti ini ya.. Perasamaan garis βˆ’ π‘₯ + 2𝑦 βˆ’ 1 = 0 diputar sebesar + 90π‘œ dengan pusat O (0,0). Kemudian dicerminkan terhadap garis 𝑦 = π‘₯. Tentukan bayangan persamaan garis tersebut! Soal ini berkaitan dengan transformasi geometri, yakni rotasi/perputaran dan refleksi/pencerminan. Rotasi adalah memindahkan suatu titik dengan memutar terhadap sudut dan titik pusat tertentu yang memiliki jarak sama dengan setiap titik yang diputar. Jika ada titik (x, y) dirotasi sebesar 90Β° berlawanan arah jarum jam dengan pusat (0,0), maka bayangannya adalah (-y, x). Pencarminan atau refleksi adalah memindahkan semua titik dengan menggunakan sifat pencerminan pada cermin datar. Jika ada suatu titik (x, y) dicerminkan terhadap garis y = x, maka bayangannya adalah (y, x). Yuk kita terapkan untuk soal ini ya.. *Transformasi pertama, rotasi + 90Β° dengan pusat O (0,0) (x', y') = (-y, x) Sehingga x' = -y dan y' = x *Transformasi kedua, refleksi terhadap garis 𝑦 = π‘₯. (x'', y'') = (x, -y) Sehingga x'' = x y'' = -y >> -y'' = y *Substitusi x = x'' dan y = -y'' ke βˆ’ π‘₯ + 2𝑦 βˆ’ 1 = 0. βˆ’ π‘₯ + 2𝑦 βˆ’ 1 = 0 βˆ’ π‘₯'' + 2 (-𝑦'') βˆ’ 1 = 0 βˆ’ π‘₯'' - 2y'' βˆ’ 1 = 0 Substitusi x = x'' ke βˆ’ π‘₯'' - 2y'' βˆ’ 1 = 0 . Sehingga bayangan persamaan garisnya adalah βˆ’ π‘₯ - 2y βˆ’ 1 = 0. Semoga membantu yaa..


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dari 5 orang kurir yang bekerja di Jakarta akan dipilih 3 orang untuk mengirim paket ke wilayah Jakarta Pusat. Ada berapa cara untuk memilih kurir tersebut ?

111

0.0

Lihat jawaban (3)