M F

18 Maret 2024 01:56

Iklan

Iklan

M F

18 Maret 2024 01:56

Pertanyaan

peran utama detritivor dalam suatu ekosistem adalah

peran utama detritivor dalam suatu ekosistem adalah


8

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

19 Maret 2024 02:00

Jawaban terverifikasi

<p>Peran utama detritivor dalam suatu ekosistem adalah untuk mendaur ulang sisa-sisa organik atau bahan-bahan organik mati menjadi bentuk yang dapat digunakan kembali oleh produsen untuk pertumbuhan dan perkembangan. Berikut adalah beberapa peran utama detritivor dalam ekosistem:</p><p><strong>Daur Ulang Nutrien</strong>: Detritivor menguraikan sisa-sisa organik seperti daun yang gugur, serasah, atau bangkai hewan menjadi molekul-molekul sederhana seperti karbon, nitrogen, dan fosfor. Nutrien-nutrien ini kemudian dapat diserap oleh tumbuhan untuk membangun biomassa baru.</p><p><strong>Mengurangi Pencemaran</strong>: Detritivor membantu dalam menghilangkan bahan organik mati dari lingkungan, mencegah penumpukan yang berlebihan yang dapat menyebabkan pencemaran air dan udara.</p><p><strong>Menyediakan Energi</strong>: Dalam proses dekomposisi, detritivor juga melepaskan energi yang tersimpan dalam materi organik mati. Energi ini dapat digunakan oleh organisme detritivor itu sendiri atau oleh organisme lain dalam rantai makanan.</p><p><strong>Memelihara Keseimbangan Ekosistem</strong>: Dengan menghilangkan sisa-sisa organik, detritivor membantu menjaga keseimbangan ekosistem dan memastikan bahwa siklus nutrien terus berjalan.</p><p><strong>Meningkatkan Fertilitas Tanah</strong>: Proses dekomposisi yang dilakukan oleh detritivor menghasilkan bahan organik yang kemudian memperkaya tanah, meningkatkan kesuburan dan produktivitas lahan pertanian.</p><p><strong>Mendukung Kehidupan Air</strong>: Di dalam lingkungan akuatik, detritivor juga berperan dalam menguraikan materi organik mati yang jatuh ke dasar perairan, memastikan keseimbangan nutrien dan keberlanjutan ekosistem air.</p><p><br>&nbsp;</p>

Peran utama detritivor dalam suatu ekosistem adalah untuk mendaur ulang sisa-sisa organik atau bahan-bahan organik mati menjadi bentuk yang dapat digunakan kembali oleh produsen untuk pertumbuhan dan perkembangan. Berikut adalah beberapa peran utama detritivor dalam ekosistem:

Daur Ulang Nutrien: Detritivor menguraikan sisa-sisa organik seperti daun yang gugur, serasah, atau bangkai hewan menjadi molekul-molekul sederhana seperti karbon, nitrogen, dan fosfor. Nutrien-nutrien ini kemudian dapat diserap oleh tumbuhan untuk membangun biomassa baru.

Mengurangi Pencemaran: Detritivor membantu dalam menghilangkan bahan organik mati dari lingkungan, mencegah penumpukan yang berlebihan yang dapat menyebabkan pencemaran air dan udara.

Menyediakan Energi: Dalam proses dekomposisi, detritivor juga melepaskan energi yang tersimpan dalam materi organik mati. Energi ini dapat digunakan oleh organisme detritivor itu sendiri atau oleh organisme lain dalam rantai makanan.

Memelihara Keseimbangan Ekosistem: Dengan menghilangkan sisa-sisa organik, detritivor membantu menjaga keseimbangan ekosistem dan memastikan bahwa siklus nutrien terus berjalan.

Meningkatkan Fertilitas Tanah: Proses dekomposisi yang dilakukan oleh detritivor menghasilkan bahan organik yang kemudian memperkaya tanah, meningkatkan kesuburan dan produktivitas lahan pertanian.

Mendukung Kehidupan Air: Di dalam lingkungan akuatik, detritivor juga berperan dalam menguraikan materi organik mati yang jatuh ke dasar perairan, memastikan keseimbangan nutrien dan keberlanjutan ekosistem air.


 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

konsep urgensi dari keseimbangan ekosistem

0

5.0

Jawaban terverifikasi