Cintaning A

21 Agustus 2023 19:16

Iklan

Iklan

Cintaning A

21 Agustus 2023 19:16

Pertanyaan

Penyebab terjadi pergolakan daerah di Indonesia adalah... a. tidak ada kerja sama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah b. adanya hubungan yang tidak harmonis antara pemerintah pusat Var dan daerah c. pemerintah daerah tidak menginginkan campur tangan dari pemerintah pusat d. pemerintah pusat menerapkan kebijakan yang memberatkan pemerintah daerah e. adanya keinginan mendirikan negara di daerahnya sendiri Mohon bantuannya kak, terima kasih 😊🙏

Penyebab terjadi pergolakan daerah di Indonesia adalah...

a. tidak ada kerja sama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah

b. adanya hubungan yang tidak harmonis antara pemerintah pusat Var dan daerah

c. pemerintah daerah tidak menginginkan campur tangan dari pemerintah pusat

d. pemerintah pusat menerapkan kebijakan yang memberatkan pemerintah daerah 

e. adanya keinginan mendirikan negara di daerahnya sendiri

Mohon bantuannya kak, terima kasih 😊🙏


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

21 Agustus 2023 23:56

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah:</p><p>e. adanya keinginan mendirikan negara di daerahnya sendiri</p><p>Penyebab pergolakan daerah di Indonesia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk ketidakharmonisan hubungan antara pemerintah pusat dan daerah (b), kurangnya kerja sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah (a), pemerintah daerah tidak menginginkan campur tangan dari pemerintah pusat (c), serta penerapan kebijakan yang dianggap memberatkan pemerintah daerah oleh pemerintah pusat (d).</p><p>Namun, adanya keinginan untuk mendirikan negara di daerahnya sendiri (e) adalah salah satu penyebab yang sangat signifikan terjadinya pergolakan daerah, seperti yang terjadi pada kasus Permesta di Sulawesi Utara dan PRRI/Permesta di Sumatra Barat dan Sumatra Utara pada tahun 1950-an. Dalam kasus ini, beberapa daerah berusaha memisahkan diri dari pemerintah pusat dan memproklamirkan negara mereka sendiri.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Jawaban yang benar adalah:

e. adanya keinginan mendirikan negara di daerahnya sendiri

Penyebab pergolakan daerah di Indonesia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk ketidakharmonisan hubungan antara pemerintah pusat dan daerah (b), kurangnya kerja sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah (a), pemerintah daerah tidak menginginkan campur tangan dari pemerintah pusat (c), serta penerapan kebijakan yang dianggap memberatkan pemerintah daerah oleh pemerintah pusat (d).

Namun, adanya keinginan untuk mendirikan negara di daerahnya sendiri (e) adalah salah satu penyebab yang sangat signifikan terjadinya pergolakan daerah, seperti yang terjadi pada kasus Permesta di Sulawesi Utara dan PRRI/Permesta di Sumatra Barat dan Sumatra Utara pada tahun 1950-an. Dalam kasus ini, beberapa daerah berusaha memisahkan diri dari pemerintah pusat dan memproklamirkan negara mereka sendiri.

 

 


 


Iklan

Iklan

Rheva C

21 Agustus 2023 23:06

perbedaan ideologi serta ketidakpuasan terhadap kebijakan pusat sehingga menimbulkan berbagai konflik yang mampu mengancam persatuan nasional.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah dampak perang dunia II terhadap kehidupan politik dunia?

425

5.0

Jawaban terverifikasi