Thedreams T

28 Mei 2024 07:39

Iklan

Thedreams T

28 Mei 2024 07:39

Pertanyaan

Penyebab adanya lidah api pada permukaan matahari adalah.... A.reaksi fusi atom hidrogen menjadi atom helium B. Reaksi fusi pembentukan atom uranium dari atom helium C. Reaksi nuklir pembentukan atom helium D. Reaksi nuklir pengubahan atom helium menjadi atom hidrogen

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

02

:

20

:

34

:

30

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

28 Mei 2024 09:18

Jawaban terverifikasi

Lidah api adalah fenomena di mana gas hidrogen yang sangat panas dan bersinar terlihat di permukaan matahari. Fenomena ini disebabkan oleh reaksi fusi atom hidrogen menjadi atom helium. Dalam reaksi ini, empat proton (partikel bermuatan positif) bergabung untuk membentuk satu neutron (partikel bermuatan netral) dan satu positron (partikel bermuatan negatif), yang kemudian menabrak elektron dan menjadi dua proton. Proses ini menghasilkan pelepasan energi yang sangat besar, yang menyebabkan gas hidrogen menjadi sangat panas dan bersinar. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A. Reaksi fusi atom hidrogen menjadi atom helium.


Iklan

Navniaaa N

30 Mei 2024 02:45

Jawaban terverifikasi

<p>a.reaksi fusi atom hidrogen menjadi atom helium</p><p>Prominensa atau biasa dikenal sebagai “lidah api Matahari” adalah fitur besar yang membentang dan membentuk loop (untai) yang mencuat dari permukaan Matahari (Fotosfer) hingga ke atmosfer bagian terluar Matahari (Korona). Matahari memiliki medan magnet yang tidak merata di setiap bagiannya.</p><p>Matahari memiliki medan magnet yang sangat intens. Interaksi antara gas-gas panas di fotosfer dengan medan magnet ini menciptakan dinamika yang luar biasa dan menjadi pemicu utama terbentuknya lidah api.</p>

a.reaksi fusi atom hidrogen menjadi atom helium

Prominensa atau biasa dikenal sebagai “lidah api Matahari” adalah fitur besar yang membentang dan membentuk loop (untai) yang mencuat dari permukaan Matahari (Fotosfer) hingga ke atmosfer bagian terluar Matahari (Korona). Matahari memiliki medan magnet yang tidak merata di setiap bagiannya.

Matahari memiliki medan magnet yang sangat intens. Interaksi antara gas-gas panas di fotosfer dengan medan magnet ini menciptakan dinamika yang luar biasa dan menjadi pemicu utama terbentuknya lidah api.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan