Tasya A

30 Januari 2024 12:57

Iklan

Iklan

Tasya A

30 Januari 2024 12:57

Pertanyaan

Penghormatan terhadap keberagaman sosial. 1. Secara individu 2. Secara kelompok 3. Secara nasional ( oleh pemerintah ) Dengan contohnya masing-masing


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

14 Februari 2024 03:27

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Penghormatan terhadap Keberagaman Sosial:</strong></p><p><strong>1. Secara Individu:</strong></p><ul><li><i>Contoh:</i> Seorang individu menunjukkan penghormatan terhadap keberagaman sosial dengan cara mendengarkan dan menghargai pandangan serta pengalaman orang lain yang mungkin berbeda dari dirinya. Misalnya, seseorang yang menghormati keberagaman agama dapat meresapi dan menghargai ritual keagamaan orang lain tanpa menghakimi.</li></ul><p><strong>2. Secara Kelompok:</strong></p><ul><li><i>Contoh:</i> Sebuah kelompok atau komunitas menghormati keberagaman sosial dengan mengadakan acara atau festival yang mencerminkan berbagai aspek budaya, agama, atau tradisi yang ada dalam kelompok tersebut. Misalnya, sebuah acara budaya di kampus yang menghadirkan beragam pertunjukan seni, makanan, dan ritual keagamaan.</li></ul><p><strong>3. Secara Nasional (oleh Pemerintah):</strong></p><ul><li><i>Contoh:</i> Pemerintah menunjukkan penghormatan terhadap keberagaman sosial dengan mengadakan perayaan hari raya atau peristiwa nasional yang mencakup dan merayakan berbagai elemen budaya dan agama di negara tersebut. Misalnya, peringatan Hari Kebangsaan yang mencakup pertunjukan seni dari berbagai daerah, acara keagamaan, dan pengakuan terhadap keberagaman bahasa dan suku.</li></ul><p>Pentingnya penghormatan terhadap keberagaman sosial adalah untuk menciptakan lingkungan yang inklusif, menghargai perbedaan, dan mempromosikan kerjasama antara individu, kelompok, dan pemerintah. Ini juga membangun fondasi yang kuat untuk pembangunan masyarakat yang harmonis dan berkelanjutan.</p>

Penghormatan terhadap Keberagaman Sosial:

1. Secara Individu:

  • Contoh: Seorang individu menunjukkan penghormatan terhadap keberagaman sosial dengan cara mendengarkan dan menghargai pandangan serta pengalaman orang lain yang mungkin berbeda dari dirinya. Misalnya, seseorang yang menghormati keberagaman agama dapat meresapi dan menghargai ritual keagamaan orang lain tanpa menghakimi.

2. Secara Kelompok:

  • Contoh: Sebuah kelompok atau komunitas menghormati keberagaman sosial dengan mengadakan acara atau festival yang mencerminkan berbagai aspek budaya, agama, atau tradisi yang ada dalam kelompok tersebut. Misalnya, sebuah acara budaya di kampus yang menghadirkan beragam pertunjukan seni, makanan, dan ritual keagamaan.

3. Secara Nasional (oleh Pemerintah):

  • Contoh: Pemerintah menunjukkan penghormatan terhadap keberagaman sosial dengan mengadakan perayaan hari raya atau peristiwa nasional yang mencakup dan merayakan berbagai elemen budaya dan agama di negara tersebut. Misalnya, peringatan Hari Kebangsaan yang mencakup pertunjukan seni dari berbagai daerah, acara keagamaan, dan pengakuan terhadap keberagaman bahasa dan suku.

Pentingnya penghormatan terhadap keberagaman sosial adalah untuk menciptakan lingkungan yang inklusif, menghargai perbedaan, dan mempromosikan kerjasama antara individu, kelompok, dan pemerintah. Ini juga membangun fondasi yang kuat untuk pembangunan masyarakat yang harmonis dan berkelanjutan.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

09 Maret 2024 23:07

Jawaban terverifikasi

<p><br><strong>Penghormatan Terhadap Keberagaman Sosial</strong></p><p><strong>1. Secara Individu:</strong></p><ul><li>Individu memiliki peran besar dalam menciptakan lingkungan yang menghormati keberagaman sosial. Sebagai individu, kita dapat:<ul><li><strong>Contoh:</strong> Mendengarkan dengan penuh perhatian saat berbicara dengan teman atau rekan kerja yang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda. Memberikan penghargaan terhadap perbedaan bahasa, adat istiadat, dan kepercayaan.</li></ul></li></ul><p><strong>2. Secara Kelompok:</strong></p><ul><li>Kelompok, baik itu di tempat kerja, dalam komunitas, atau dalam lingkungan sosial lainnya, dapat berperan dalam menciptakan penghormatan terhadap keberagaman. Kelompok dapat:<ul><li><strong>Contoh:</strong> Mengadakan acara atau forum diskusi yang mempromosikan pemahaman lintas budaya. Membuat kebijakan inklusif dalam organisasi untuk mengakomodasi keberagaman.</li></ul></li></ul><p><strong>3. Secara Nasional (Oleh Pemerintah):</strong></p><ul><li>Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk menciptakan kebijakan dan lingkungan yang mendukung penghormatan terhadap keberagaman sosial di tingkat nasional. Tindakan pemerintah dapat melibatkan:<ul><li><strong>Contoh:</strong> Menetapkan undang-undang anti diskriminasi dan kebijakan inklusif. Menyelenggarakan program pendidikan yang mempromosikan toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman budaya.</li></ul></li></ul><p>Penghormatan terhadap keberagaman sosial pada semua tingkatan ini adalah fondasi bagi masyarakat yang inklusif dan berdampingan dengan damai. Menyadari dan menghargai perbedaan budaya, agama, bahasa, dan latar belakang lainnya adalah langkah kunci menuju keharmonisan dan kerjasama di berbagai tingkatan kehidupan sosial.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


Penghormatan Terhadap Keberagaman Sosial

1. Secara Individu:

  • Individu memiliki peran besar dalam menciptakan lingkungan yang menghormati keberagaman sosial. Sebagai individu, kita dapat:
    • Contoh: Mendengarkan dengan penuh perhatian saat berbicara dengan teman atau rekan kerja yang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda. Memberikan penghargaan terhadap perbedaan bahasa, adat istiadat, dan kepercayaan.

2. Secara Kelompok:

  • Kelompok, baik itu di tempat kerja, dalam komunitas, atau dalam lingkungan sosial lainnya, dapat berperan dalam menciptakan penghormatan terhadap keberagaman. Kelompok dapat:
    • Contoh: Mengadakan acara atau forum diskusi yang mempromosikan pemahaman lintas budaya. Membuat kebijakan inklusif dalam organisasi untuk mengakomodasi keberagaman.

3. Secara Nasional (Oleh Pemerintah):

  • Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk menciptakan kebijakan dan lingkungan yang mendukung penghormatan terhadap keberagaman sosial di tingkat nasional. Tindakan pemerintah dapat melibatkan:
    • Contoh: Menetapkan undang-undang anti diskriminasi dan kebijakan inklusif. Menyelenggarakan program pendidikan yang mempromosikan toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman budaya.

Penghormatan terhadap keberagaman sosial pada semua tingkatan ini adalah fondasi bagi masyarakat yang inklusif dan berdampingan dengan damai. Menyadari dan menghargai perbedaan budaya, agama, bahasa, dan latar belakang lainnya adalah langkah kunci menuju keharmonisan dan kerjasama di berbagai tingkatan kehidupan sosial.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tindakan melanggar hukum yang memanfaatkan teknologi internet marak terjadi di era digital sekarang ini, salah satu bentuk pengendalian sosial yang dibuat pemerintah untuk mencegah hal tersebut adalah dengan mengeluarkan UU Transaksi Elektronik (ITE), hal tersebut termasuk sifat pengendalian.... A. Pengendalian partisipatif B. Pengendalian preventif C. Pengendalian represif D. Pengendalian koersif E. Pengendalian persuasif

4

0.0

Jawaban terverifikasi