Ruziqa H

21 Januari 2020 13:15

Iklan

Iklan

Ruziqa H

21 Januari 2020 13:15

Pertanyaan

pengaruh pusat keunggulan ekonomi yang kalian temukan dari aktivitas sebelumnya terhadap migrasi penduduk, lembaga sosial ekonomi, transformasi, pekerjaan dan pendidikan!


4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Anugrah

Mahasiswa/Alumni Universitas Atma Jaya

22 Desember 2021 11:56

Jawaban terverifikasi

Halo Ruziqa, kakak bantu jawab yaa. Jawaban: Pengaruh pusat keunggulan ekonomi akan berdampak pada migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial ekonomi, pendidikan dan pekerjaan, yang dapat dilihat dari beberapa aspek. Penjelasan: 1. Migrasi Penduduk: Migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lainnya. Adanya pusat keunggulan ekonomi akan membuat masyarakat melakukan perpindahan ke wilayah yang mendekati pusat keunggulan tersebut. 2. Transportasi: Pusat keunggulan ekonomi akan menciptakan sarana dan prasarana transportasi yang memadai. Contohnya, pada tahun 1971 Freeport membangun Bandar Udara Timika dan dan membangun jalan-jalan utama sebagai sarana menuju tambang. 3. Lembaga Sosial Ekonomi: Keberadaan pusat keunggulan ekonomi juga berkaitan dengan bermunculannya forum sosial ekonomi. Sebagai contoh adalah sumbangan yang diberikan oleh PT Freeport dengan mendirikan sekolah untuk Suku Amungme dan Kamoro. 4. Pendidikan: Keunggulan pusat-pusat ekonomi membutuhkan tenaga-tenaga mahir dan terampil, hal ini akan mendorong pendidikan di masyarakat akan semakin maju untuk memnuhi kebutuhan di pusat keungggulan ekonomi tersebut. 5. Pekerjaan: Dengan tumbuhnya pusat-pusat keunggulan ekonomi maka berdampak bertambahnya produksi barang dalam negeri. Kenaikan jumlah produksi tersebut berakibat pada bertambahnya kebutuhan tenaga kerja, sehingga akan memperluas lapangan kerja. Semoga membantu Ruziqa, have a nice day!


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa yang dimaksud dengan Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka? (A) Kegiatan ekonomi rakyat yang menciptakan akses dan kesempatanyang luas bagi seluruh lapisanmasyarakat secara berkeadilan,meningkatan kesejahteraan, danmengurangi kesenjanganantarkelompok dan wilayah. (B) Kegiatan ekonomi rakyat yangmenciptakan akses dan kesempatanyang luas bagi seluruh lapisanmasyarakat secara berkeadilan,meningkatan kesejahteraan, danterpisah antarkelompok dan wilayah. (C) Kegiatan ekonomi rakyat yangmenciptakan akses dan kesempatanyang terbatas bagi seluruh lapisanmasyarakat secara berkeadilan,meningkatan kesejahteraan, danmengurangi kesenjanganantarkelompok dan wilayah. (D) Kegiatan ekonomi rakyat yangmenciptakan akses dan kesempatan yangterbatas bagi seluruh lapisan masyarakatsecara berkeadilan, meningkatankesejahteraan, dan terpisahantarkelompok dan wilayah.

4

0.0

Jawaban terverifikasi