Angelica L

29 Juli 2024 15:09

Iklan

Angelica L

29 Juli 2024 15:09

Pertanyaan

Penerapan sila ke 4 dan 5 Pancasila yang pernah atau sering dilakukan (sebagai siswa) didalam lingkungan rumah, sekolah, masyarakat, dan negara! Masing-masing lima butir dan berikan serta penjelasan singkatnya.

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

04

:

10

:

39

Klaim

8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

31 Juli 2024 10:44

Jawaban terverifikasi

<p>### Penerapan Sila ke-4 dan ke-5 Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari</p><p>#### **Sila ke-4: "Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan"**</p><p>**Dalam Lingkungan Rumah:**</p><p>1. **Musyawarah Keluarga:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Keluarga sering mengadakan musyawarah untuk memutuskan berbagai hal penting seperti liburan, pengeluaran, atau masalah keluarga lainnya. Ini mencerminkan prinsip musyawarah untuk mencapai mufakat.</p><p>2. **Pengambilan Keputusan Bersama:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Setiap anggota keluarga diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan ide sebelum mengambil keputusan, mencerminkan prinsip perwakilan dan kebijaksanaan.</p><p>3. **Menghargai Pendapat Anggota Keluarga:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Menghargai dan mempertimbangkan pendapat semua anggota keluarga dalam berbagai masalah menunjukkan sikap terbuka dan menghormati proses musyawarah.</p><p>4. **Pembagian Tugas Rumah:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Penjadwalan dan pembagian tugas rumah secara adil dengan diskusi keluarga mencerminkan keputusan bersama dan prinsip musyawarah.</p><p>5. **Pemecahan Masalah Secara Bersama:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Ketika ada konflik atau masalah dalam keluarga, menyelesaikannya melalui diskusi dan kompromi mencerminkan prinsip kebijaksanaan dan perwakilan.</p><p>**Dalam Lingkungan Sekolah:**</p><p>1. **Rapat OSIS:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Anggota OSIS mengadakan rapat untuk merencanakan kegiatan sekolah, dan setiap anggota berhak menyampaikan pendapat, mencerminkan musyawarah dan perwakilan.</p><p>2. **Diskusi Kelas:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Dalam diskusi kelas, semua siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat mereka dan memilih solusi bersama untuk masalah atau proyek kelas.</p><p>3. **Pemilihan Ketua Kelas:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Proses pemilihan ketua kelas dilakukan dengan cara pemilihan langsung atau musyawarah, di mana setiap suara dan pendapat siswa dihargai.</p><p>4. **Penentuan Jadwal Kegiatan:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Menentukan jadwal kegiatan ekstrakurikuler dengan melibatkan semua anggota yang terlibat, sehingga keputusan diambil secara musyawarah.</p><p>5. **Penyelesaian Konflik Teman:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Ketika terjadi perselisihan antara teman, penyelesaiannya dilakukan melalui diskusi dan mediasi oleh guru atau teman untuk mencapai kesepakatan.</p><p>**Dalam Lingkungan Masyarakat:**</p><p>1. **Musyawarah Desa:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Warga desa berkumpul untuk membahas dan memutuskan hal-hal penting untuk kepentingan bersama, mencerminkan prinsip musyawarah dan perwakilan.</p><p>2. **Rapat RT/RW:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Rapat rutin RT/RW membahas masalah lingkungan dan keputusan diambil bersama untuk kepentingan warga, menunjukkan musyawarah dan kebijaksanaan.</p><p>3. **Penyusunan Program Kegiatan:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Penyusunan program kegiatan masyarakat seperti gotong royong dilakukan dengan musyawarah bersama anggota masyarakat.</p><p>4. **Penyelesaian Perselisihan Masyarakat:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Mengatasi perselisihan di masyarakat melalui mediasi dan diskusi, dengan tujuan mencapai solusi yang disepakati bersama.</p><p>5. **Partisipasi dalam Pilkada/Pemilu:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Terlibat dalam pemilihan umum dan memberikan suara untuk pemimpin yang dianggap terbaik, mencerminkan partisipasi dan perwakilan.</p><p>**Dalam Lingkungan Negara:**</p><p>1. **Pemilihan Umum:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Proses pemilihan presiden, legislatif, dan pemimpin daerah dilakukan secara demokratis dengan melibatkan rakyat, mencerminkan prinsip perwakilan.</p><p>2. **Musyawarah Nasional:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Pembahasan dan pembuatan kebijakan di tingkat nasional dilakukan melalui forum-forum yang melibatkan berbagai pihak untuk mencapai keputusan bersama.</p><p>3. **Forum Diskusi dan Konsultasi Publik:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Pemerintah sering mengadakan forum diskusi dan konsultasi publik untuk mendengarkan aspirasi masyarakat sebelum membuat kebijakan.</p><p>4. **Pengesahan Undang-Undang:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Pengesahan undang-undang dilakukan melalui proses musyawarah di DPR yang melibatkan berbagai fraksi dan perwakilan rakyat.</p><p>5. **Penyelesaian Konflik Sosial:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Pemerintah dan lembaga terkait berusaha menyelesaikan konflik sosial melalui dialog dan musyawarah dengan berbagai pihak.</p><p>#### **Sila ke-5: "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia"**</p><p>**Dalam Lingkungan Rumah:**</p><p>1. **Pembagian Tugas Rumah yang Adil:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Pembagian tugas rumah dilakukan secara adil di antara anggota keluarga tanpa memandang usia atau gender.</p><p>2. **Pemberian Kasih Sayang yang Merata:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Memberikan kasih sayang dan perhatian yang sama kepada semua anggota keluarga, mencerminkan keadilan dan perhatian.</p><p>3. **Dukungan untuk Kebutuhan Anggota Keluarga:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Menyediakan dukungan dan bantuan sesuai kebutuhan setiap anggota keluarga untuk memastikan kesejahteraan bersama.</p><p>4. **Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Pengelolaan keuangan dilakukan dengan adil dan transparan, memperhatikan kebutuhan semua anggota keluarga.</p><p>5. **Pemberian Kesempatan yang Sama:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Memberikan kesempatan yang sama untuk semua anggota keluarga dalam hal pendidikan, hobi, dan aktivitas lain.</p><p>**Dalam Lingkungan Sekolah:**</p><p>1. **Kebijakan Penghargaan dan Hukuman:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Kebijakan penghargaan dan hukuman di sekolah diterapkan secara adil tanpa membedakan siswa.</p><p>2. **Fasilitas Sekolah yang Merata:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Menyediakan fasilitas dan sumber daya pendidikan yang sama untuk semua siswa, terlepas dari latar belakang mereka.</p><p>3. **Program Bantuan Pendidikan:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Menyediakan program beasiswa atau bantuan pendidikan untuk siswa yang membutuhkan, mencerminkan keadilan sosial.</p><p>4. **Pendidikan Inklusif:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Menerapkan kebijakan pendidikan inklusif yang memungkinkan semua siswa, termasuk yang berkebutuhan khusus, untuk mendapatkan pendidikan yang layak.</p><p>5. **Partisipasi dalam Kegiatan Sekolah:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Memberikan kesempatan yang sama kepada semua siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi sekolah.</p><p>**Dalam Lingkungan Masyarakat:**</p><p>1. **Kegiatan Sosial Masyarakat:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Mengadakan kegiatan sosial yang melibatkan semua anggota masyarakat tanpa membedakan status sosial atau ekonomi.</p><p>2. **Distribusi Bantuan Sosial:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Menyalurkan bantuan sosial secara adil kepada warga yang membutuhkan, termasuk bantuan sembako atau kesehatan.</p><p>3. **Pengelolaan Sumber Daya Alam:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Mengelola sumber daya alam secara adil untuk memastikan manfaatnya dirasakan oleh seluruh masyarakat.</p><p>4. **Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Menyediakan peluang ekonomi dan pelatihan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara merata.</p><p>5. **Akses ke Layanan Publik:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Menyediakan akses yang sama untuk semua masyarakat terhadap layanan publik seperti kesehatan, pendidikan, dan transportasi.</p><p>**Dalam Lingkungan Negara:**</p><p>1. **Pemerataan Pembangunan:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Melakukan pembangunan infrastruktur dan fasilitas yang merata di seluruh wilayah Indonesia untuk mengurangi kesenjangan antara daerah.</p><p>2. **Kebijakan Sosial:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Mengimplementasikan kebijakan sosial yang memastikan kesejahteraan dan hak-hak dasar seluruh rakyat, seperti kesehatan, pendidikan, dan perlindungan sosial.</p><p>3. **Pengaturan Kesejahteraan:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Mengatur sistem kesejahteraan sosial untuk memastikan distribusi kekayaan dan kesempatan yang adil bagi seluruh rakyat.</p><p>4. **Penegakan Hukum yang Adil:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Menegakkan hukum secara adil dan tanpa diskriminasi untuk melindungi hak-hak seluruh rakyat.</p><p>5. **Penyediaan Layanan Kesehatan:**<br>&nbsp; - **Penjelasan:** Menyediakan layanan kesehatan yang dapat diakses oleh seluruh rakyat tanpa membedakan status sosial atau ekonomi.</p>

### Penerapan Sila ke-4 dan ke-5 Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

#### **Sila ke-4: "Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan"**

**Dalam Lingkungan Rumah:**

1. **Musyawarah Keluarga:**
  - **Penjelasan:** Keluarga sering mengadakan musyawarah untuk memutuskan berbagai hal penting seperti liburan, pengeluaran, atau masalah keluarga lainnya. Ini mencerminkan prinsip musyawarah untuk mencapai mufakat.

2. **Pengambilan Keputusan Bersama:**
  - **Penjelasan:** Setiap anggota keluarga diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan ide sebelum mengambil keputusan, mencerminkan prinsip perwakilan dan kebijaksanaan.

3. **Menghargai Pendapat Anggota Keluarga:**
  - **Penjelasan:** Menghargai dan mempertimbangkan pendapat semua anggota keluarga dalam berbagai masalah menunjukkan sikap terbuka dan menghormati proses musyawarah.

4. **Pembagian Tugas Rumah:**
  - **Penjelasan:** Penjadwalan dan pembagian tugas rumah secara adil dengan diskusi keluarga mencerminkan keputusan bersama dan prinsip musyawarah.

5. **Pemecahan Masalah Secara Bersama:**
  - **Penjelasan:** Ketika ada konflik atau masalah dalam keluarga, menyelesaikannya melalui diskusi dan kompromi mencerminkan prinsip kebijaksanaan dan perwakilan.

**Dalam Lingkungan Sekolah:**

1. **Rapat OSIS:**
  - **Penjelasan:** Anggota OSIS mengadakan rapat untuk merencanakan kegiatan sekolah, dan setiap anggota berhak menyampaikan pendapat, mencerminkan musyawarah dan perwakilan.

2. **Diskusi Kelas:**
  - **Penjelasan:** Dalam diskusi kelas, semua siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat mereka dan memilih solusi bersama untuk masalah atau proyek kelas.

3. **Pemilihan Ketua Kelas:**
  - **Penjelasan:** Proses pemilihan ketua kelas dilakukan dengan cara pemilihan langsung atau musyawarah, di mana setiap suara dan pendapat siswa dihargai.

4. **Penentuan Jadwal Kegiatan:**
  - **Penjelasan:** Menentukan jadwal kegiatan ekstrakurikuler dengan melibatkan semua anggota yang terlibat, sehingga keputusan diambil secara musyawarah.

5. **Penyelesaian Konflik Teman:**
  - **Penjelasan:** Ketika terjadi perselisihan antara teman, penyelesaiannya dilakukan melalui diskusi dan mediasi oleh guru atau teman untuk mencapai kesepakatan.

**Dalam Lingkungan Masyarakat:**

1. **Musyawarah Desa:**
  - **Penjelasan:** Warga desa berkumpul untuk membahas dan memutuskan hal-hal penting untuk kepentingan bersama, mencerminkan prinsip musyawarah dan perwakilan.

2. **Rapat RT/RW:**
  - **Penjelasan:** Rapat rutin RT/RW membahas masalah lingkungan dan keputusan diambil bersama untuk kepentingan warga, menunjukkan musyawarah dan kebijaksanaan.

3. **Penyusunan Program Kegiatan:**
  - **Penjelasan:** Penyusunan program kegiatan masyarakat seperti gotong royong dilakukan dengan musyawarah bersama anggota masyarakat.

4. **Penyelesaian Perselisihan Masyarakat:**
  - **Penjelasan:** Mengatasi perselisihan di masyarakat melalui mediasi dan diskusi, dengan tujuan mencapai solusi yang disepakati bersama.

5. **Partisipasi dalam Pilkada/Pemilu:**
  - **Penjelasan:** Terlibat dalam pemilihan umum dan memberikan suara untuk pemimpin yang dianggap terbaik, mencerminkan partisipasi dan perwakilan.

**Dalam Lingkungan Negara:**

1. **Pemilihan Umum:**
  - **Penjelasan:** Proses pemilihan presiden, legislatif, dan pemimpin daerah dilakukan secara demokratis dengan melibatkan rakyat, mencerminkan prinsip perwakilan.

2. **Musyawarah Nasional:**
  - **Penjelasan:** Pembahasan dan pembuatan kebijakan di tingkat nasional dilakukan melalui forum-forum yang melibatkan berbagai pihak untuk mencapai keputusan bersama.

3. **Forum Diskusi dan Konsultasi Publik:**
  - **Penjelasan:** Pemerintah sering mengadakan forum diskusi dan konsultasi publik untuk mendengarkan aspirasi masyarakat sebelum membuat kebijakan.

4. **Pengesahan Undang-Undang:**
  - **Penjelasan:** Pengesahan undang-undang dilakukan melalui proses musyawarah di DPR yang melibatkan berbagai fraksi dan perwakilan rakyat.

5. **Penyelesaian Konflik Sosial:**
  - **Penjelasan:** Pemerintah dan lembaga terkait berusaha menyelesaikan konflik sosial melalui dialog dan musyawarah dengan berbagai pihak.

#### **Sila ke-5: "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia"**

**Dalam Lingkungan Rumah:**

1. **Pembagian Tugas Rumah yang Adil:**
  - **Penjelasan:** Pembagian tugas rumah dilakukan secara adil di antara anggota keluarga tanpa memandang usia atau gender.

2. **Pemberian Kasih Sayang yang Merata:**
  - **Penjelasan:** Memberikan kasih sayang dan perhatian yang sama kepada semua anggota keluarga, mencerminkan keadilan dan perhatian.

3. **Dukungan untuk Kebutuhan Anggota Keluarga:**
  - **Penjelasan:** Menyediakan dukungan dan bantuan sesuai kebutuhan setiap anggota keluarga untuk memastikan kesejahteraan bersama.

4. **Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga:**
  - **Penjelasan:** Pengelolaan keuangan dilakukan dengan adil dan transparan, memperhatikan kebutuhan semua anggota keluarga.

5. **Pemberian Kesempatan yang Sama:**
  - **Penjelasan:** Memberikan kesempatan yang sama untuk semua anggota keluarga dalam hal pendidikan, hobi, dan aktivitas lain.

**Dalam Lingkungan Sekolah:**

1. **Kebijakan Penghargaan dan Hukuman:**
  - **Penjelasan:** Kebijakan penghargaan dan hukuman di sekolah diterapkan secara adil tanpa membedakan siswa.

2. **Fasilitas Sekolah yang Merata:**
  - **Penjelasan:** Menyediakan fasilitas dan sumber daya pendidikan yang sama untuk semua siswa, terlepas dari latar belakang mereka.

3. **Program Bantuan Pendidikan:**
  - **Penjelasan:** Menyediakan program beasiswa atau bantuan pendidikan untuk siswa yang membutuhkan, mencerminkan keadilan sosial.

4. **Pendidikan Inklusif:**
  - **Penjelasan:** Menerapkan kebijakan pendidikan inklusif yang memungkinkan semua siswa, termasuk yang berkebutuhan khusus, untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

5. **Partisipasi dalam Kegiatan Sekolah:**
  - **Penjelasan:** Memberikan kesempatan yang sama kepada semua siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi sekolah.

**Dalam Lingkungan Masyarakat:**

1. **Kegiatan Sosial Masyarakat:**
  - **Penjelasan:** Mengadakan kegiatan sosial yang melibatkan semua anggota masyarakat tanpa membedakan status sosial atau ekonomi.

2. **Distribusi Bantuan Sosial:**
  - **Penjelasan:** Menyalurkan bantuan sosial secara adil kepada warga yang membutuhkan, termasuk bantuan sembako atau kesehatan.

3. **Pengelolaan Sumber Daya Alam:**
  - **Penjelasan:** Mengelola sumber daya alam secara adil untuk memastikan manfaatnya dirasakan oleh seluruh masyarakat.

4. **Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat:**
  - **Penjelasan:** Menyediakan peluang ekonomi dan pelatihan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara merata.

5. **Akses ke Layanan Publik:**
  - **Penjelasan:** Menyediakan akses yang sama untuk semua masyarakat terhadap layanan publik seperti kesehatan, pendidikan, dan transportasi.

**Dalam Lingkungan Negara:**

1. **Pemerataan Pembangunan:**
  - **Penjelasan:** Melakukan pembangunan infrastruktur dan fasilitas yang merata di seluruh wilayah Indonesia untuk mengurangi kesenjangan antara daerah.

2. **Kebijakan Sosial:**
  - **Penjelasan:** Mengimplementasikan kebijakan sosial yang memastikan kesejahteraan dan hak-hak dasar seluruh rakyat, seperti kesehatan, pendidikan, dan perlindungan sosial.

3. **Pengaturan Kesejahteraan:**
  - **Penjelasan:** Mengatur sistem kesejahteraan sosial untuk memastikan distribusi kekayaan dan kesempatan yang adil bagi seluruh rakyat.

4. **Penegakan Hukum yang Adil:**
  - **Penjelasan:** Menegakkan hukum secara adil dan tanpa diskriminasi untuk melindungi hak-hak seluruh rakyat.

5. **Penyediaan Layanan Kesehatan:**
  - **Penjelasan:** Menyediakan layanan kesehatan yang dapat diakses oleh seluruh rakyat tanpa membedakan status sosial atau ekonomi.


Iklan

Kevin L

Gold

02 Agustus 2024 07:00

Jawaban terverifikasi

Penjelasan: Pertanyaan ini meminta kita untuk memberikan contoh penerapan sila ke-4 dan ke-5 Pancasila dalam berbagai lingkungan, yaitu rumah, sekolah, masyarakat, dan negara. Kita perlu memberikan contoh yang spesifik dan menggambarkan bagaimana sila tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. **Sila ke-4:** * **Rumah:** Penerapan sila ke-4 di rumah dapat terlihat dalam kegiatan musyawarah keluarga. Misalnya, ketika keluarga ingin menentukan menu makan malam, mereka dapat melakukan musyawarah untuk menentukan menu yang disukai semua anggota keluarga. Hal ini menunjukkan bahwa setiap anggota keluarga memiliki hak untuk menyampaikan pendapat dan keputusan diambil berdasarkan kesepakatan bersama. * **Sekolah:** Di sekolah, sila ke-4 diterapkan dalam pemilihan ketua kelas atau pengurus OSIS. Proses pemilihan dilakukan melalui musyawarah dan voting, di mana setiap siswa memiliki hak untuk memilih dan dipilih. Hal ini menunjukkan bahwa setiap siswa memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan di sekolah. * **Masyarakat:** Dalam masyarakat, sila ke-4 diterapkan dalam pemilihan kepala desa atau anggota DPRD. Proses pemilihan dilakukan melalui musyawarah dan voting, di mana setiap warga negara memiliki hak untuk memilih dan dipilih. Hal ini menunjukkan bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan di tingkat desa atau daerah. * **Negara:** Di tingkat negara, sila ke-4 diterapkan dalam pemilihan presiden dan wakil presiden melalui pemilu yang demokratis. Setiap warga negara memiliki hak untuk memilih dan dipilih, dan keputusan diambil berdasarkan suara mayoritas. Hal ini menunjukkan bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan di tingkat nasional. **Sila ke-5:** * **Rumah:** Penerapan sila ke-5 di rumah dapat terlihat dalam pembagian tugas rumah tangga. Misalnya, setiap anggota keluarga dapat membagi tugas membersihkan rumah, mencuci pakaian, atau memasak secara adil. Hal ini menunjukkan bahwa setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga kebersihan dan kelancaran rumah tangga. * **Sekolah:** Di sekolah, sila ke-5 diterapkan dalam sikap saling membantu dan tidak membeda-bedakan teman berdasarkan latar belakangnya. Misalnya, siswa yang pandai dapat membantu teman yang kesulitan belajar, dan siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu tidak dijauhi oleh teman-temannya. Hal ini menunjukkan bahwa setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang sama dan diperlakukan dengan adil. * **Masyarakat:** Dalam masyarakat, sila ke-5 diterapkan dalam kegiatan sosial seperti membantu korban bencana alam atau mendonasikan uang untuk orang yang membutuhkan. Hal ini menunjukkan bahwa setiap warga negara memiliki tanggung jawab untuk membantu sesama yang membutuhkan dan menciptakan keadilan sosial. * **Negara:** Di tingkat negara, sila ke-5 diterapkan dalam kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Misalnya, pemerintah dapat memberikan bantuan sosial kepada masyarakat miskin, membangun infrastruktur yang merata, dan meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah memiliki tanggung jawab untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jawaban: Penerapan sila ke-4 dan ke-5 Pancasila dalam berbagai lingkungan adalah sebagai berikut: **Sila ke-4:** * **Rumah:** Menjalankan musyawarah keluarga untuk menentukan keputusan bersama, seperti menentukan menu makan malam atau kegiatan liburan. * **Sekolah:** Berpartisipasi dalam pemilihan ketua kelas atau pengurus OSIS melalui musyawarah dan voting. * **Masyarakat:** Mengikuti pemilihan kepala desa atau anggota DPRD melalui musyawarah dan voting. * **Negara:** Memilih presiden dan wakil presiden melalui pemilu yang demokratis. **Sila ke-5:** * **Rumah:** Membagi tugas rumah tangga secara adil dengan anggota keluarga lainnya. * **Sekolah:** Membantu teman yang kesulitan belajar dan tidak membeda-bedakan teman berdasarkan latar belakangnya. * **Masyarakat:** Berpartisipasi dalam kegiatan sosial seperti membantu korban bencana alam atau mendonasikan uang untuk orang yang membutuhkan. * **Negara:** Mendukung kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan