R N

10 Juni 2022 04:37

Iklan

Iklan

R N

10 Juni 2022 04:37

Pertanyaan

Pendidikan di Indonesia nampaknya sedang banyak mengalami perubahan yang cukup signifikan di berbagai bidangnya. Hal tersebut terlihat dari pemakaian teknologi secara komprehensif, juga sistem belajar yang telah banyak bertransisi ke dunia online. Artinya, pendidikan bersifat dinamis, serta tak dapat dimungkiri bahwa, dunia pendidikan saat ini akan lebih fleksibel dan mudah sehingga dapat meningkatkan mutu intelektual siswa bahkan masyarakat umum. Pendidikan saat ini lebih diarahkan pada pola pendidikan yang lebih modern. Siswa tidak perlu lagi belajar di ruangan. Mereka bisa be/ajar di mana saja dan tidak perlu membawa berbagai buku-buku yang memberatkan mereka. Cukup dengan membawa smartphone karena buku sudah dalam bentuk e-book. Hal yang lebih menarik, siswa tidak perlu lagi membayar sekolah yang sangat mahal (otomatis uang pendidikan mereka bisa dialihkan pada pengeluaran lain yang lebih bermanfaat). Anak-anak pelajar ini akan sangat dimanjakan oleh teknologi, khususnya dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu, suka atau tidak suka. pemerintah dan aparaturnya, bahkan sekolah juga harus mendukung hal tersebut. Namun, berbeda ketika kita melihat ke sisi yang lain, sungguh begitu bertolak belakang. Apabila melihat lebih mendalam terhadap kondisi keseluruhan pendidikan yang ada di Nusantara ini. banyak ketidakmerataan dan jauh dari kesan maju (dalam hal pendidikan). Ha1 terse but terlihat dari sekolah yang jauh dari kelayakan. kondisi sekolah, dan sebagainya. Padahal, di dalamnya terdapat anak-anak yang begitu bersemangat untuk belajar dan menuntut ilmu. Namun, karena keterbelakangan akses dan berbagai kekurangan lainnya, hal itu membuat mereka sulit dalam mencapai tujuan dan cita-citanya. Alhasil, mereka akan jauh tertinggal dibandingkan anak-anak yang mengenyam pendidikan di kota yang umumnya sistem pendidikan lebih mumpuni. Terkait persoalan mutu pendidikan di Indonesia di antaranya keterbatasan akses pada pendidikan, jumlah guru yang belum merata, serta kualitas guru itu sendiri dinilai masih kurang. Terbatasnya akses pendidikan di Indonesia, terlebih lagi di daerah, berujung pada meningkatnya arus urbanisasi untuk mendapatkan akses ilmu yang lebih baik di perkotaan. Sumber: https:/ /mahasiswaindonesia. id/problematika-pendidikan-di-indonesia/ Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah .. . A. Problematika pendidikan di Indonesia di tengah perkembangan era digital. B. Peningkatan mutu pembelajaran di semua jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, hingga SMA/SMK. C. Pembelajaran di perkotaan berhasil karena didukung oleh media digital yang memadai. D. Pendidikan dengan proses digitalisasi pendidikan lebih berhasil diterapkan di perdesaan daripada di perkotaan. E. Sistem pendidikan di Indonesia sudah mumpuni dengan fakta masuknya digitalisasi dalam dunia pendidikan.


1rb+

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Rahmawati

15 Juni 2022 04:47

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang tepat adalah pilihan A. Berikut adalah pembahasannya. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks merupakan pernyataan yang memiliki makna yang sama dengan teks atau terdapat di dalam teks. Kesamaan tersebut terdapat baik secara tersirat maupun tersurat bergantung dari makna kalimat yang dihasilkan. Kesesuaian pernyataan dapat ditentukan dengan membandingkan antara opsi dan teks yang tertera. Teks tersebut membahas mengenai masalah-masalah yang terjadi di saat perkembangan era digital di Indonesia. Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah "Problematika pendidikan di Indonesia di tengah perkembangan era digital." Hal tersebut terlihat dari pengungkapan masalah yang dipaparkan penulis pada kalimat "Apabila melihat lebih mendalam terhadap kondisi keseluruhan pendidikan yang ada di Nusantara ini. banyak ketidakmerataan dan jauh dari kesan maju (dalam hal pendidikan)." dan kalimat "Terkait persoalan mutu pendidikan di Indonesia di antaranya keterbatasan akses pada pendidikan, jumlah guru yang belum merata, serta kualitas guru itu sendiri dinilai masih kurang." Kedua kalimat tersebut mengungkapkan masalah pendidikan yang ada di Indonesia berupa ketidakmerataan pendidikan, keterbatasan akses pada pendidikan, jumlah guru yang belum merata, serta kualitas guru. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.


Iklan

Iklan

Tuti N

22 Juli 2023 07:03

Dunia pendidikan di Indonesia terus mengalami perubahan dan perbaikan guna menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk bersaing bukan hanya di level domestik, tetapi juga internasional. Hal ini sesuai dengan visi para pendiri bangsa yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945 khususnya alinea .... A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5


Alfat...q

25 November 2023 02:09

C

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Karena udara di luar ruangan yang tidak sehat itu, sebagian orang lebih memilih untuk tinggal dan menghabiskan waktunya dalam ruangan. (2) Namun, ternyata kualitas udara di dalam ruangan pun tidaksepenuhnya baik dan bebas dari polusi. (3) Studi dari Environmental Protection Agency (EPA) membuktikan, level polutan di dalam ruangan 2-5 kali lebih tinggi dari polutan di luar ruangan, terkadang bisa 100 kali lebih tinggi. (4) Penyebab utama masalah kualitas udara di dalam rumah adalah sumber polutan yang melepas gas atau partikel ke udara. (5) Beberapa contoh sumber polutan yakni, asap rokok, material bangunan, hingga perabot rumah tangga. (6) Berangkat dari situ, masyarakat yang hidup di kota besar seperti Jakarta membutuhkan sistem ventilasi agar terjadi pertukaran antara udara dalam ruangan dan udara luar ruangan. (7) Sayangnya, lubang tempat pertukaran udara itu pun bisa menjadi pintu masuk polusi dari luar ruangan. (8) Karena itu, kegiatan bersepeda di pagi hari sangat membantu untuk mengurangi stres dan risiko penyakit jantung. (9) Penggunaan kipas angin atau penjernih udara dapat menjadi solusi jangka pendek untuk menjaga kualitas udara di ruangan. (10) Pilihan lainnya adalah tinggal di ruangan atau rumah dengan memiliki sistem sirkulasi udara baik. Sumber: www.lifestyle.kompas.com 32. Ide pokok dalam paragraf pertama adalah … (A) Udara di luar ruangan tidak sehat. (B) Sebagian orang memilih tinggal di dalam ruangan. (C) Kualitas udara di dalam ruangan tidak sepenuhnya bebas dari polusi. (D) Level polutan di dalam ruangan 2-5 kali lebih tinggi dari polutan di luar ruangan. (E) level polutan di dalam ruangan 100 kali lebih tinggi dari polutan di luar ruangan.

7

0.0

Jawaban terverifikasi

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 35 sampai dengan 40. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor *bercetak tebal* TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, atau E). Program transmigrasi di Indonesia merupakan program perpindahan penduduk yang terbesar di dunia. Transmigrasi dilakukan sebagai salah satu upaya (35) *menanggulanggi* peningkatan masalah kependudukan dan lingkungan hidup di Indonesia yang terjadi terutama di Pulau Jawa dan sekelilingnya. Perpindahan dilakukan dari Jawa, Bali, dan Lombok ke (36) *Pulau-Pulau* lain di Indonesia yang berpenduduk lebih sedikit serta memiliki kondisi lingkungan yang lebih baik. Bersamaan dengan upaya ini dilakukan pula pendekatan keluarga berencana dan intensifikasi pertanian besar-besaran di seluruh Indonesia. Perpindahan penduduk ini terjadi melalui (37) *2* jalur. Pertama, melalui program pemerintah koloni Belanda dan setelah Indonesia merdeka melalui program (38) *suka rela* dan diselenggarakan pemerintah Indonesia. Antara tahun 1905 dan 1987 tercatat paling tidak 2,5 juta jiwa telah mengajukan diri untuk mengikuti program transmigrasi. Golongan yang kedua adalah perpindahan penduduk yang dilakukan secara (39) *spontan* tanpa bantuan pemerintah. Diperkirakan jumlah golongan yang kedua ini pada daerah-daerah tertentu dapat mencapai dua .atau tiga kali lipat jumlah (40) *transmlgrasi* peserta program pemerintah. Diadaptasi dari: Melestarkan Alam lndonesia. 37. Level 2 A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI B. dua C. II D. ke-2 E. kedua

21

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan