Santi S

28 Mei 2024 09:46

Iklan

Iklan

Santi S

28 Mei 2024 09:46

Pertanyaan

pemilihan topik sangat diperlukan sebelum dilakukan sebuah penelitian, bertujuan untuk ...


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

28 Mei 2024 12:51

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: Memastikan relevansi dan kepentingan topik penelitian. 【Penjelasan】: Pemilihan topik adalah langkah awal yang sangat penting dalam proses penelitian. Topik yang dipilih harus relevan dengan bidang penelitian dan harus memiliki kepentingan yang cukup untuk diteliti. Pemilihan topik yang tepat akan membantu peneliti dalam menentukan metode penelitian yang akan digunakan, menentukan sumber daya yang diperlukan, dan menentukan hasil yang diharapkan dari penelitian tersebut. Oleh karena itu, pemilihan topik sangat diperlukan sebelum dilakukan sebuah penelitian.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

29 Mei 2024 01:03

Jawaban terverifikasi

<p>Pemilihan topik sangat diperlukan sebelum dilakukan sebuah penelitian, dengan tujuan untuk:</p><p><strong>Menentukan Fokus dan Lingkup Penelitian:</strong></p><ul><li>Memilih topik membantu peneliti untuk menentukan fokus spesifik dari penelitian, sehingga penelitian dapat lebih terarah dan tidak melebar ke area yang terlalu luas.</li></ul><p><strong>Mengidentifikasi dan Merumuskan Masalah Penelitian:</strong></p><ul><li>Dengan menentukan topik, peneliti dapat lebih mudah mengidentifikasi masalah atau pertanyaan penelitian yang akan dijawab, yang merupakan dasar dari keseluruhan penelitian.</li></ul><p><strong>Membantu dalam Perencanaan dan Pengorganisasian:</strong></p><ul><li>Pemilihan topik memungkinkan peneliti untuk merencanakan langkah-langkah penelitian secara sistematis dan mengorganisasikan sumber daya yang diperlukan, seperti waktu, dana, dan tenaga.</li></ul><p><strong>Menentukan Relevansi dan Keterkaitan:</strong></p><ul><li>Topik yang dipilih harus relevan dengan bidang studi peneliti dan memiliki keterkaitan dengan isu-isu atau fenomena yang sedang terjadi, sehingga penelitian memberikan kontribusi nyata terhadap ilmu pengetahuan.</li></ul><p><strong>Menyesuaikan dengan Minat dan Keahlian Peneliti:</strong></p><ul><li>Memilih topik yang sesuai dengan minat dan keahlian peneliti meningkatkan motivasi dan kualitas penelitian, karena peneliti akan lebih bersemangat dan kompeten dalam mengeksplorasi topik tersebut.</li></ul><p><strong>Memudahkan Pengumpulan Data:</strong></p><ul><li>Dengan topik yang jelas, peneliti dapat menentukan metode pengumpulan data yang paling tepat dan efisien untuk menjawab pertanyaan penelitian.</li></ul><p><strong>Memfasilitasi Penulisan dan Publikasi:</strong></p><ul><li>Topik yang baik mempermudah proses penulisan laporan penelitian dan meningkatkan peluang untuk diterbitkan dalam jurnal akademik atau diseminasi hasil penelitian kepada audiens yang relevan.</li></ul><p><strong>Menghindari Duplikasi Penelitian:</strong></p><ul><li>Pemilihan topik yang tepat juga memastikan bahwa penelitian yang dilakukan tidak mengulangi penelitian yang sudah ada, melainkan memberikan perspektif atau kontribusi baru.</li></ul><p>&nbsp;</p>

Pemilihan topik sangat diperlukan sebelum dilakukan sebuah penelitian, dengan tujuan untuk:

Menentukan Fokus dan Lingkup Penelitian:

  • Memilih topik membantu peneliti untuk menentukan fokus spesifik dari penelitian, sehingga penelitian dapat lebih terarah dan tidak melebar ke area yang terlalu luas.

Mengidentifikasi dan Merumuskan Masalah Penelitian:

  • Dengan menentukan topik, peneliti dapat lebih mudah mengidentifikasi masalah atau pertanyaan penelitian yang akan dijawab, yang merupakan dasar dari keseluruhan penelitian.

Membantu dalam Perencanaan dan Pengorganisasian:

  • Pemilihan topik memungkinkan peneliti untuk merencanakan langkah-langkah penelitian secara sistematis dan mengorganisasikan sumber daya yang diperlukan, seperti waktu, dana, dan tenaga.

Menentukan Relevansi dan Keterkaitan:

  • Topik yang dipilih harus relevan dengan bidang studi peneliti dan memiliki keterkaitan dengan isu-isu atau fenomena yang sedang terjadi, sehingga penelitian memberikan kontribusi nyata terhadap ilmu pengetahuan.

Menyesuaikan dengan Minat dan Keahlian Peneliti:

  • Memilih topik yang sesuai dengan minat dan keahlian peneliti meningkatkan motivasi dan kualitas penelitian, karena peneliti akan lebih bersemangat dan kompeten dalam mengeksplorasi topik tersebut.

Memudahkan Pengumpulan Data:

  • Dengan topik yang jelas, peneliti dapat menentukan metode pengumpulan data yang paling tepat dan efisien untuk menjawab pertanyaan penelitian.

Memfasilitasi Penulisan dan Publikasi:

  • Topik yang baik mempermudah proses penulisan laporan penelitian dan meningkatkan peluang untuk diterbitkan dalam jurnal akademik atau diseminasi hasil penelitian kepada audiens yang relevan.

Menghindari Duplikasi Penelitian:

  • Pemilihan topik yang tepat juga memastikan bahwa penelitian yang dilakukan tidak mengulangi penelitian yang sudah ada, melainkan memberikan perspektif atau kontribusi baru.

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bagaimana awal mula terjadinya Perang Dunia ke 2?

7

0.0

Jawaban terverifikasi