I'M M

01 April 2024 13:16

Iklan

Iklan

I'M M

01 April 2024 13:16

Pertanyaan

PEMBALAKAN LIAR Pembalakan liar atau penebangan liar (bahasa Inggris: ilegal logging) adalah kegiatan penebangan, pengangkutan, dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat. Walaupun angka penebangan liar yang pasti sulit didapatkan karena aktivitasnya yang tidak sah, beberapa sumber terpercaya mengindikasikan bahwa lebih dari setengah semua kegiatan penebangan liar di dunia terjadi di wilayah- wilayah daerah aliran Sungai Amazon, Afrika Tengah, Usia Tenggara, Rusia, dan beberapa Negara Balkan. Sebuah studi kerjasama antara Britania Raya dengan Indonesia mengindikasikan bahwa sekitar 40 %dari seluruh kegiatan penebangan adalah liar, dengan nilai mencapai 365 juta dolar AS. Studi yang lebih baru membandingkan penebangan sah dengan konsumsi domestik ditambah dengan ekspor mengindikasikan bahwa 88% dari seluruh kegiatan penebangan merupakan penebangan liar. Malaysia merupakan tempat transit utama produk kayu ilegal dari Indonesia. Dampak pembalakan liar ini sangat signifikan. Data yang dikeluarkan Bank Dunia menunjukkan bahwa Indonesia telah kehilangan hutan sekitar 1,5 juta hektar setiap tahun. Hutan yang rusak dan tidak dapat berfungsi optimal telah mencapai 59,6 juta hektar dari 120,35 juta hektar kawasan hutan di Indonesia. Pertanyaan : 1. Tuliskan masalah yang ditanggapi dalam teks tersebut! 2. Tuliskan pendukung argumen adanya pembalakan liar yang tertulis pada teks tersebut! 3. Tuliskan dampak pembalakan liar bagi keadaan hutan di Indonesia! 4. Cermati paragraf pertama teks di atas! Tuliskan satu kalimat kompleks! 5. Cermati paragraf kedua teks tersebut! Tuliskan satu kalimat tunggal!

                  PEMBALAKAN LIAR 

       Pembalakan liar atau penebangan liar (bahasa Inggris: ilegal logging) adalah kegiatan penebangan, pengangkutan, dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat. Walaupun angka penebangan liar yang pasti sulit didapatkan karena aktivitasnya yang tidak sah, beberapa sumber terpercaya mengindikasikan bahwa lebih dari setengah semua kegiatan penebangan liar di dunia terjadi di wilayah- wilayah daerah aliran Sungai Amazon, Afrika Tengah, Usia Tenggara, Rusia, dan beberapa Negara Balkan. 

       Sebuah studi kerjasama antara Britania Raya dengan Indonesia mengindikasikan bahwa sekitar 40 %dari seluruh kegiatan penebangan adalah liar, dengan nilai mencapai 365 juta dolar AS. Studi yang lebih baru membandingkan penebangan sah dengan konsumsi domestik ditambah dengan ekspor mengindikasikan bahwa 88% dari seluruh kegiatan penebangan merupakan penebangan liar. Malaysia merupakan tempat transit utama produk kayu ilegal dari Indonesia.

       Dampak pembalakan liar ini sangat signifikan. Data yang dikeluarkan Bank Dunia menunjukkan bahwa Indonesia telah kehilangan hutan sekitar 1,5 juta hektar setiap tahun. Hutan yang rusak dan tidak dapat berfungsi optimal telah mencapai 59,6 juta hektar dari 120,35 juta hektar kawasan hutan di Indonesia.

Pertanyaan :

1. Tuliskan masalah yang ditanggapi dalam teks tersebut! 

2. Tuliskan pendukung argumen adanya pembalakan liar yang tertulis pada teks tersebut!

3. Tuliskan dampak pembalakan liar bagi keadaan hutan di Indonesia!

4. Cermati paragraf pertama teks di atas! Tuliskan satu kalimat kompleks!

5. Cermati paragraf kedua teks tersebut! Tuliskan satu kalimat tunggal!


22

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

06 April 2024 07:06

Jawaban terverifikasi

<ol><li>Masalah yang ditanggapi dalam teks tersebut adalah pembalakan liar atau penebangan hutan yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat.</li><li>Pendukung argumen adanya pembalakan liar yang tertulis pada teks tersebut antara lain adalah indikasi bahwa lebih dari setengah semua kegiatan penebangan liar di dunia terjadi di beberapa wilayah yang disebutkan, seperti Sungai Amazon, Afrika Tengah, Usia Tenggara, Rusia, dan beberapa Negara Balkan. Selain itu, hasil studi kerjasama antara Britania Raya dengan Indonesia menunjukkan bahwa sekitar 40% dari seluruh kegiatan penebangan adalah liar, dan studi yang lebih baru menunjukkan bahwa 88% dari seluruh kegiatan penebangan merupakan penebangan liar.</li><li>Dampak pembalakan liar bagi keadaan hutan di Indonesia sangat signifikan, seperti kehilangan hutan sekitar 1,5 juta hektar setiap tahun dan rusaknya hutan yang telah mencapai 59,6 juta hektar dari total 120,35 juta hektar kawasan hutan di Indonesia.</li><li>"Pembalakan liar atau penebangan liar (bahasa Inggris: ilegal logging) adalah kegiatan penebangan, pengangkutan, dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat."</li><li>"Sebuah studi kerjasama antara Britania Raya dengan Indonesia mengindikasikan bahwa sekitar 40% dari seluruh kegiatan penebangan adalah liar, dengan nilai mencapai 365 juta dolar AS."</li></ol><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

  1. Masalah yang ditanggapi dalam teks tersebut adalah pembalakan liar atau penebangan hutan yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat.
  2. Pendukung argumen adanya pembalakan liar yang tertulis pada teks tersebut antara lain adalah indikasi bahwa lebih dari setengah semua kegiatan penebangan liar di dunia terjadi di beberapa wilayah yang disebutkan, seperti Sungai Amazon, Afrika Tengah, Usia Tenggara, Rusia, dan beberapa Negara Balkan. Selain itu, hasil studi kerjasama antara Britania Raya dengan Indonesia menunjukkan bahwa sekitar 40% dari seluruh kegiatan penebangan adalah liar, dan studi yang lebih baru menunjukkan bahwa 88% dari seluruh kegiatan penebangan merupakan penebangan liar.
  3. Dampak pembalakan liar bagi keadaan hutan di Indonesia sangat signifikan, seperti kehilangan hutan sekitar 1,5 juta hektar setiap tahun dan rusaknya hutan yang telah mencapai 59,6 juta hektar dari total 120,35 juta hektar kawasan hutan di Indonesia.
  4. "Pembalakan liar atau penebangan liar (bahasa Inggris: ilegal logging) adalah kegiatan penebangan, pengangkutan, dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat."
  5. "Sebuah studi kerjasama antara Britania Raya dengan Indonesia mengindikasikan bahwa sekitar 40% dari seluruh kegiatan penebangan adalah liar, dengan nilai mencapai 365 juta dolar AS."

 

 


 


Iklan

Iklan

Daniel N

06 April 2024 08:49

<p>1. Masalah yang ditanggapi dalam teks tersebut adalah kegiatan pembalakan liar atau penebangan kayu tanpa izin dari otoritas lokal. Masalah ini menyebabkan kerusakan hutan, pengurangan area hutan, dan berpotensi merugikan masyarakat dan ekosistem alam.</p><p>2. Pendukung argumen adanya pembalakan liar yang tercantum pada teks tersebut adalah: a) kegiatan penebangan, pengangkutan, dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin; b) angka pasti sulit didapatkan karena aktivitasnya yang tidak sah; c) lebih dari setengah semua kegiatan penebangan liar terjadi di berbagai daerah aliran Sungai Amazon, Afrika Tengah, Usia Tenggara, Rusia, dan beberapa Negara Balkan; dan d) Malaysia menjadi tempat transit utama produk kayu ilegal dari Indonesia.</p><p>3. Dampak pembalakan liar bagi keadaan hutan di Indonesia antara lain: a) hutan yang rusak dan tidak dapat berfungsi optimal telah mencapai 59,6 juta hektar dari 120,35 juta hektar kawasan hutan; b) Indonesia hilangkan hutan sekitar 1,5 juta hektar setiap tahun; dan c) pembalakan liar menyebabkan kerusakan ekosistem dan lingkungan hidup yang sangat signifikan.</p><p>4. Kalimat kompleks: Pembalakan liar atau penebangan liar adalah kegiatan yang terlibat dalam pengurangan kualitas dan kuantitas hutan, serta membahayakan ekosistem dan lingkungan hidup di Indonesia.</p><p>5. Kalimat tunggal: Teks menunjukkan bahwa pembalakan liar menjadi masalah yang cukup besar di Indonesia dan memerlukan tindakan untuk mengatasinya.</p>

1. Masalah yang ditanggapi dalam teks tersebut adalah kegiatan pembalakan liar atau penebangan kayu tanpa izin dari otoritas lokal. Masalah ini menyebabkan kerusakan hutan, pengurangan area hutan, dan berpotensi merugikan masyarakat dan ekosistem alam.

2. Pendukung argumen adanya pembalakan liar yang tercantum pada teks tersebut adalah: a) kegiatan penebangan, pengangkutan, dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin; b) angka pasti sulit didapatkan karena aktivitasnya yang tidak sah; c) lebih dari setengah semua kegiatan penebangan liar terjadi di berbagai daerah aliran Sungai Amazon, Afrika Tengah, Usia Tenggara, Rusia, dan beberapa Negara Balkan; dan d) Malaysia menjadi tempat transit utama produk kayu ilegal dari Indonesia.

3. Dampak pembalakan liar bagi keadaan hutan di Indonesia antara lain: a) hutan yang rusak dan tidak dapat berfungsi optimal telah mencapai 59,6 juta hektar dari 120,35 juta hektar kawasan hutan; b) Indonesia hilangkan hutan sekitar 1,5 juta hektar setiap tahun; dan c) pembalakan liar menyebabkan kerusakan ekosistem dan lingkungan hidup yang sangat signifikan.

4. Kalimat kompleks: Pembalakan liar atau penebangan liar adalah kegiatan yang terlibat dalam pengurangan kualitas dan kuantitas hutan, serta membahayakan ekosistem dan lingkungan hidup di Indonesia.

5. Kalimat tunggal: Teks menunjukkan bahwa pembalakan liar menjadi masalah yang cukup besar di Indonesia dan memerlukan tindakan untuk mengatasinya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pak Dawut seorang suami dimana ia harus mencukupi kebutuhan keluarganya termasuk biaya listrik. Setiap sekering berbunyi maka tugas pak dawut mengisi (top up) listrik. Biasanya Pak Dawut mengisi dengan nominal Rp.300.000,-. Di rumah pak dawut memiliki istri dan 3 anak dengan pemakaian listrik dengan rincian sebagai berikut: a. 6 buah lampu dengan daya masing-masing 20 Watt dengan pemakaian 15 jam per hari b. Setrika dengan daya 300 Watt dengan pemakaian 2 jam per minggu c. TV dengan daya 150 watt dengan pemakaian 4 jam per hari. d. Mesin cuci 500 watt dipakai 2 jam per 2 hari e. Komputer dengan daya 250 watt dengan pemakaian 3 jam per hari f. Dari pemakaian yang dipakai keluarga Pak Dawut, dari data diatas berapakah biaya tagihan listrik yang hrs dibayar keluarga pak dawat setiap bulannya jika harga listrik 1 KWh = Rp.1500 g. Apakah keluarga Pak Dawut termasuk hemat listrik atau tidak? Jelaskan! (Jika perlu menggunakan persamaan energi dan daya listrik, mohon digunakan pada jawaban)

27

5.0

Jawaban terverifikasi