Vallerie V

20 Februari 2024 10:13

Iklan

Iklan

Vallerie V

20 Februari 2024 10:13

Pertanyaan

Pedoman dalam menentukan kebijakan, keputusan, tindakan, dan perbuatan bagi penyelenggara di tingkat Pusat maupun daerah maupun bagi seluruh Rakyat Indonesia dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara merupakan… wawasan nusantara a. tujuan b. fungsi c. kedudukan d. sasaran

Pedoman dalam menentukan kebijakan, keputusan, tindakan, dan perbuatan bagi penyelenggara di tingkat Pusat maupun daerah maupun bagi seluruh Rakyat Indonesia dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara merupakan… wawasan nusantara

 

a. tujuan

b. fungsi

c. kedudukan

d. sasaran


93

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

21 Februari 2024 11:09

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah C. kedudukan. Pembahasan: Wawasan nusantara merupakan konsep strategis yang menekankan pentingnya pemahaman yang mendalam tentang wilayah, potensi, serta tantangan yang dimiliki oleh Indonesia sebagai negara kepulauan. Pembahasan mengenai kedudukan wawasan nusantara dalam menentukan kebijakan, keputusan, tindakan, dan perbuatan bagi penyelenggara di tingkat Pusat maupun daerah maupun bagi seluruh Rakyat Indonesia sangatlah penting. Hal ini dikarenakan wawasan nusantara memberikan landasan berpikir dan bertindak yang melibatkan semua elemen masyarakat, baik di tingkat pusat maupun daerah, serta seluruh rakyat Indonesia dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan demikian, wawasan nusantara tidak hanya menjadi tujuan atau sasaran tetapi lebih pada kedudukan yang menjadi landasan dalam pembentukan kebijakan dan pengambilan keputusan yang melibatkan semua pihak terkait.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 Februari 2024 23:43

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah C.</p><p>&nbsp;</p><p>Wawasan Nusantara memiliki kedudukan yang penting dalam konteks penyelenggaraan kebijakan, keputusan, tindakan, dan perbuatan di tingkat Pusat maupun daerah, serta bagi seluruh Rakyat Indonesia dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.</p><p>Wawasan Nusantara merujuk pada pemahaman yang menyeluruh dan mendalam mengenai kondisi geografis, sosial, ekonomi, budaya, dan politik di seluruh wilayah Indonesia, yang terdiri dari kepulauan yang luas dan beragam. Oleh karena itu, dalam pengambilan kebijakan dan pengarahan tindakan, penerapan Wawasan Nusantara menjadi suatu pandangan yang holistik.</p><p>Sebagai pedoman, Wawasan Nusantara membantu dalam menetapkan tujuan yang mempertimbangkan keberagaman wilayah, budaya, dan potensi ekonomi. Fungsi utamanya adalah sebagai landasan untuk membangun kesatuan, kerjasama, dan pembangunan yang berkelanjutan di seluruh nusantara. Oleh karena itu, memiliki pemahaman yang mendalam terhadap Wawasan Nusantara memungkinkan penyelenggara di berbagai tingkat dan seluruh rakyat untuk membuat keputusan dan tindakan yang sejalan dengan prinsip persatuan dan keberagaman dalam konteks Indonesia sebagai negara kepulauan.</p>

jawabannya adalah C.

 

Wawasan Nusantara memiliki kedudukan yang penting dalam konteks penyelenggaraan kebijakan, keputusan, tindakan, dan perbuatan di tingkat Pusat maupun daerah, serta bagi seluruh Rakyat Indonesia dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Wawasan Nusantara merujuk pada pemahaman yang menyeluruh dan mendalam mengenai kondisi geografis, sosial, ekonomi, budaya, dan politik di seluruh wilayah Indonesia, yang terdiri dari kepulauan yang luas dan beragam. Oleh karena itu, dalam pengambilan kebijakan dan pengarahan tindakan, penerapan Wawasan Nusantara menjadi suatu pandangan yang holistik.

Sebagai pedoman, Wawasan Nusantara membantu dalam menetapkan tujuan yang mempertimbangkan keberagaman wilayah, budaya, dan potensi ekonomi. Fungsi utamanya adalah sebagai landasan untuk membangun kesatuan, kerjasama, dan pembangunan yang berkelanjutan di seluruh nusantara. Oleh karena itu, memiliki pemahaman yang mendalam terhadap Wawasan Nusantara memungkinkan penyelenggara di berbagai tingkat dan seluruh rakyat untuk membuat keputusan dan tindakan yang sejalan dengan prinsip persatuan dan keberagaman dalam konteks Indonesia sebagai negara kepulauan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat! 1. Tujuan Negara Republik Indonesia telah ditetapkan secara tegas dan jelas dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 pada alinea IV. Sebutkan tujuan negara tersebut! 2. Kebulatan tekad untuk terus menguatkan persatuan Indonesia dipertegas dalam Ikra Sumpah Pemuda yang dilangsungkan pada Kongres Pemuda kedua tanggal 28 Oktober 1928. Tuliskan isi Sumpah Pemuda tersebut! 3. Salah satu prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan adalah prinsip kebebasan yang bertanggung jawab. Tuliskan 3 perbuatan kalian di sekolah yang mencerminkan prinsip tersebut! 4. Sebutkan 3 contoh perilaku yang mencerminkan penyelesaian keberagaman di lingkungan bangsa dan negara! 5. Jelaskan keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara menurut Undang-lintang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara !

19

5.0

Jawaban terverifikasi