Melinda S

27 Februari 2024 05:39

Iklan

Iklan

Melinda S

27 Februari 2024 05:39

Pertanyaan

pasar persaingan tidak sempurna dikelompokkan jadi 4 macam sebutkan dan jelaskan

pasar persaingan tidak sempurna dikelompokkan jadi 4 macam sebutkan dan jelaskan


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

27 Februari 2024 12:17

Jawaban terverifikasi

<p>Pasar persaingan tidak sempurna dibagi lagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:</p><p>&nbsp;</p><p><strong>a. Pasar Monopoli</strong></p><p>Pasar monopoli adalah pasar yang hanya memiliki satu penjual untuk satu jenis barang atau jasa tertentu. Contoh pasar monopoli, yaitu perusahaan BUMN PLN, perusahaan minyak bumi, perusahaan gas alam, dan lainnya</p><p>&nbsp;</p><p><strong>b. Pasar Monopsoni</strong></p><p>Pasar monopsoni adalah pasar yang hanya dikuasai oleh satu pembeli untuk satu jenis barang atau jasa. Contoh pasar monopsoni misalnya, pedagang susu sapi murni yang hanya bisa menjual produknya ke satu pembeli di daerahnya.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>c. Pasar Persaingan Monopolistis</strong></p><p>Pasar persaingan monopolistis adalah pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli. Barang yang dijual oleh para produsen sama, hanya dibedakan oleh ciri khasnya saja. Setiap penjual punya hak untuk melakukan monopoli terhadap produknya masing-masing. Namun, pembeli pun bebas untuk memilih produk yang diinginkan, sehingga pasar ini mengandung unsur persaingan dan monopoli.</p><p>Contoh pasar monopolistik adalah industri makanan atau minuman kemasan, perusahaan perabotan rumah tangga, industri pakaian wanita, dan sebagainya.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>d. Pasar Oligopoli</strong></p><p>Pasar oligopoli adalah pasar yang memiliki jumlah produsen dan konsumen yang tidak seimbang. Umumnya, jumlah produsen lebih sedikit dibandingkan konsumennya. Produk yang dijual juga biasanya sifatnya homogen. Contoh pasar oligopoli, yaitu perusahaan rokok, perusahaan kendaraan bermotor, perusahaan handphone, dan lain sebagainya.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>e. Pasar Oligopsoni</strong></p><p>Sebaliknya, pasar oligopsoni adalah pasar yang terdapat banyak penjual dan hanya memiliki beberapa pembeli. Contoh pasar oligopsoni, misalnya perusahaan tembakau di sentra tembakau di Pulau Jawa,</p>

Pasar persaingan tidak sempurna dibagi lagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:

 

a. Pasar Monopoli

Pasar monopoli adalah pasar yang hanya memiliki satu penjual untuk satu jenis barang atau jasa tertentu. Contoh pasar monopoli, yaitu perusahaan BUMN PLN, perusahaan minyak bumi, perusahaan gas alam, dan lainnya

 

b. Pasar Monopsoni

Pasar monopsoni adalah pasar yang hanya dikuasai oleh satu pembeli untuk satu jenis barang atau jasa. Contoh pasar monopsoni misalnya, pedagang susu sapi murni yang hanya bisa menjual produknya ke satu pembeli di daerahnya.

 

c. Pasar Persaingan Monopolistis

Pasar persaingan monopolistis adalah pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli. Barang yang dijual oleh para produsen sama, hanya dibedakan oleh ciri khasnya saja. Setiap penjual punya hak untuk melakukan monopoli terhadap produknya masing-masing. Namun, pembeli pun bebas untuk memilih produk yang diinginkan, sehingga pasar ini mengandung unsur persaingan dan monopoli.

Contoh pasar monopolistik adalah industri makanan atau minuman kemasan, perusahaan perabotan rumah tangga, industri pakaian wanita, dan sebagainya.

 

d. Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli adalah pasar yang memiliki jumlah produsen dan konsumen yang tidak seimbang. Umumnya, jumlah produsen lebih sedikit dibandingkan konsumennya. Produk yang dijual juga biasanya sifatnya homogen. Contoh pasar oligopoli, yaitu perusahaan rokok, perusahaan kendaraan bermotor, perusahaan handphone, dan lain sebagainya.

 

e. Pasar Oligopsoni

Sebaliknya, pasar oligopsoni adalah pasar yang terdapat banyak penjual dan hanya memiliki beberapa pembeli. Contoh pasar oligopsoni, misalnya perusahaan tembakau di sentra tembakau di Pulau Jawa,


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 06:43

Jawaban terverifikasi

<p>Pasar persaingan tidak sempurna dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, di antaranya:</p><p><strong>Monopoli:</strong></p><ul><li>Monopoli terjadi ketika satu produsen atau penjual menguasai seluruh pasar untuk suatu produk atau layanan tertentu. Dalam monopoli, tidak ada pesaing yang signifikan, dan perusahaan tunggal dapat mengendalikan harga dan jumlah produksi.</li></ul><p><strong>Oligopoli:</strong></p><ul><li>Oligopoli terjadi ketika pasar dikuasai oleh beberapa perusahaan besar. Karakteristiknya termasuk adanya kendali yang signifikan oleh beberapa pemain utama, dan keputusan satu perusahaan dapat berdampak besar pada keputusan perusahaan lainnya. Harga dan strategi pemasaran dapat saling memengaruhi antara perusahaan dalam industri ini.</li></ul><p><strong>Monopsoni:</strong></p><ul><li>Monopsoni terjadi ketika hanya ada satu pembeli tunggal yang dominan di pasar, sementara ada banyak penjual. Pembeli tunggal ini memiliki kekuatan untuk mempengaruhi harga dan kondisi pembelian produk atau faktor produksi tertentu.</li></ul><p><strong>Oligopsoni:</strong></p><ul><li>Oligopsoni mirip dengan oligopoli, tetapi pada tingkat pembelian. Beberapa pembeli besar menguasai pasar dan memiliki pengaruh signifikan terhadap harga dan kondisi pembelian. Pada dasarnya, beberapa pembeli memiliki kendali atas pasokan.</li></ul>

Pasar persaingan tidak sempurna dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

Monopoli:

  • Monopoli terjadi ketika satu produsen atau penjual menguasai seluruh pasar untuk suatu produk atau layanan tertentu. Dalam monopoli, tidak ada pesaing yang signifikan, dan perusahaan tunggal dapat mengendalikan harga dan jumlah produksi.

Oligopoli:

  • Oligopoli terjadi ketika pasar dikuasai oleh beberapa perusahaan besar. Karakteristiknya termasuk adanya kendali yang signifikan oleh beberapa pemain utama, dan keputusan satu perusahaan dapat berdampak besar pada keputusan perusahaan lainnya. Harga dan strategi pemasaran dapat saling memengaruhi antara perusahaan dalam industri ini.

Monopsoni:

  • Monopsoni terjadi ketika hanya ada satu pembeli tunggal yang dominan di pasar, sementara ada banyak penjual. Pembeli tunggal ini memiliki kekuatan untuk mempengaruhi harga dan kondisi pembelian produk atau faktor produksi tertentu.

Oligopsoni:

  • Oligopsoni mirip dengan oligopoli, tetapi pada tingkat pembelian. Beberapa pembeli besar menguasai pasar dan memiliki pengaruh signifikan terhadap harga dan kondisi pembelian. Pada dasarnya, beberapa pembeli memiliki kendali atas pasokan.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1) Apa perbedaan antara dihujat dan dibenci di medsos? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh di medsos! (jika ada) 2) Sebutkan dan jelaskan 5 berita buruk yang kita nonton selama bulan July 2024! 3) Seorang konten kreator sedang dihujat oleh netizen gara-gara hal sepele. Sehingga followers turun dari 28 juta menjadi 26.4 juta pengikut. Berdasarkan diatas : • Apa jadinya jika follower turun sampai 99% hingga habis tak tersisa, dalam waktu beberapa bulan saja? Jelaskan! (jika ada) • Bagaimana solusi agar followers akun kembali normal?

55

5.0

Jawaban terverifikasi