Nun N

25 Maret 2024 11:53

Iklan

Iklan

Nun N

25 Maret 2024 11:53

Pertanyaan

pasal dalam UUD 1945 yang berkaiatan dengan nilai instrumental dari sila dalam Pancasila

pasal dalam UUD 1945 yang berkaiatan dengan nilai instrumental dari sila dalam Pancasila


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Seo H

27 Maret 2024 01:44

Jawaban terverifikasi

Jawaban dari pertanyaan mu adalah: Pasal dalam UUD 1945 yang berkaitan dengan nilai instrumental dari sila dalam Pancasila adalah Pasal 29 Ayat (1) dan (2). Semoga membantu-mu!


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 Maret 2024 14:26

Jawaban terverifikasi

<p>Pasal dalam UUD 1945 yang berkaitan dengan nilai instrumental dari sila dalam Pancasila adalah Pasal 29 yang mengatur tentang kebebasan beragama. Pasal ini menyatakan:</p><p>"Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa. Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu."</p><p>Dalam konteks Pancasila, sila pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa" menunjukkan nilai instrumentalnya dalam menjamin kebebasan beragama dan berkeyakinan. Pasal ini menegaskan bahwa negara menjamin kebebasan beragama bagi setiap warga negara Indonesia untuk memeluk agama dan beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing. Ini menunjukkan bahwa nilai instrumental dari sila pertama Pancasila adalah dalam memastikan kebebasan beragama, yang merupakan salah satu prinsip dasar demokrasi dan hak asasi manusia.</p>

Pasal dalam UUD 1945 yang berkaitan dengan nilai instrumental dari sila dalam Pancasila adalah Pasal 29 yang mengatur tentang kebebasan beragama. Pasal ini menyatakan:

"Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa. Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu."

Dalam konteks Pancasila, sila pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa" menunjukkan nilai instrumentalnya dalam menjamin kebebasan beragama dan berkeyakinan. Pasal ini menegaskan bahwa negara menjamin kebebasan beragama bagi setiap warga negara Indonesia untuk memeluk agama dan beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing. Ini menunjukkan bahwa nilai instrumental dari sila pertama Pancasila adalah dalam memastikan kebebasan beragama, yang merupakan salah satu prinsip dasar demokrasi dan hak asasi manusia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

mengapa tiap warga Indonesia diharapkan memahami keberagaman bangsa Indonesia. jelaskan

0

5.0

Jawaban terverifikasi