Sayaka N

08 Mei 2022 08:56

Iklan

Iklan

Sayaka N

08 Mei 2022 08:56

Pertanyaan

Partikel P dan Q terpisah sejauh 12 cm yang masing-masing memiliki muatan listrik +16μC dan +9μC. Jika R merupakan titik di antara P dan Q, maka tentukanlah letak titik R dari partikel Q sehingga medan di R sama dengan nol!


3

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Y. Frando

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

08 Mei 2022 20:24

Jawaban terverifikasi

Halo Sayaka, kakak bantu jawab ya. Untuk soal ini jawaban yang benar adalah 5,14 cm di sebelah kiri partikel Q. Konsep yang kita gunakan adalah analisis kuat medan listrik pada muatan titik. Kuat medan listrik merupakan besaran vektor, sehingga arahnya ditentukan oleh jenis muatan listrik. Dikarenakan kedua muatan sejenis maka letak suatu titik yang memiliki medan listrik nol berada di antara kedua muatan. Untuk pembahasan lebih rinci, dapat dipahami melalui foto berikut yaa. Semoga membantu ya! Kakak mohon jangan dihapus yaa postingan kamu ini Sayaka. Terima kasih :)

alt
alt

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada percobaan Young, seberkas cahaya ditembakkan dari sebuah sumber yang jaraknya 1,25 m dari celah-ganda yang terpisah sejauh 0,030 mm sebingga menghasilkan frinji (cincin) terang orde ke-2 berjari-jari 5,00 cm dari pusat terang. Mana sajakah kalimat yang benar terkait fenomena di atas? 1) Panjang gelombang cahaya yang ditembakkan adalah 600 nm 2) Frinji terang orde ke-3 berjari-jari 7,50 cm dari pusat. 3) Jarak pisah Frinji terang pertama dan kedua adalah 2,50 cm. 4) Jika jarak pisah celah-ganda adalah 0,010 mm, maka frinji-frinji akan semakin tampak terbedakan.

14

0.0

Jawaban terverifikasi

Sebuah senapan menembakkan peluru dengan kecepatan 200 m/s. * Pada sudut berapa senapan ditembakkan agar didapatkan jarak maksimum? * Berapa jarak maksimum yang dapat dicapai peluru? * Berapa waktu yang diperlukan agar peluru tiba di titik maksimum? * Apabila terdapat sasaran yang terletak 100 m di depan senapan tersebut dengan ketinggian 25 km berapa sudut yang diperlukan agar peluru mengenai sasaran? * Berapa waktu yang diperlukan agar peluru mengenai sasaran? * Agar mengenai sasaran tersebut berapakah kecepatan yang diperlukan apabila sudut senapan terhadap garis horizontal adalah 40°?

16

0.0

Lihat jawaban (1)

Iklan

Iklan