R N

02 Juli 2022 16:55

Iklan

Iklan

R N

02 Juli 2022 16:55

Pertanyaan

Pariwisata di satu sisi membantu pertumbuhan ekonomi kawasan. Kesejahteraan masyarakat di sekitar tempat wisata meningkat. Namun, di sisi lain pariwisata menjadi bumerang bagi kelestarian alamnya. Bali sebagai contoh, pada tahun 2017 mengalami darurat sampah. Sepanjang enam kilometer garis pantai yang mencakup pantai populer seperti Jimbaran, Kuta, dan Seminyak disesaki berton-ton sampah. Sebanyak 700 tenaga pembersih dan 35 truk membuang sekitar 100 ton sampah setiap hari ke ternpat pembuangan sampah. Kondisi ini semakin ironis karena target kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali digenjot sampai angka 7 juta orang tahun ini. Lalu lalang jutaan pelancong ke Pulau Dewata yang hanya dihuni sekitar 4 juta penduduk lokal itu mau tidak mau berdampak buruk pada lingkungan. Sementara itu, pariwisata membawa dampak positif bagi masyarakat sekitarnya. Dampak positif ekonomi pengembangan pariwisata yang pertama adalah tersedianya lapangan pekerjaan baru di tempat wisata. Dampak positif ekonomi pengembangan pariwisata selanjutnya adalah meningkatnya penjualan produk lokal sehingga meningkatkan perekonomian warga desa. Selanjutnya, dampak positif ekonomi pengembangan pariwisata yang dapat dirasakan atau bahkan diutamakan adalah meningkatnya pembangunan infrastruktur tempat wisata. Untuk menyelamatkan pariwisata dari citra negatif sekaligus tetap berdaya bagi lingkungan dan penduduk lokal, beberapa negara membuat program khusus yang dapat ditiru. Langkah tersebut misalnya dengan p rogram ekowisata. Wisatawan diajak untuk melestarikan lingkungan alam yang mereka kunjungi. Kegiatan ini telah meningkat di negara-negara Amerika Latin seperti Meksiko, Panama, dan Kosta Rika. Selain itu, langkah lainnya adalah dengan menggiatkan voluntourism. Program voluntourism memungkinkan wisatawan memiliki kesempatan untuk melaku kan kegiatan sosial saat berlibur, misalnya program di Kamboja menawarkan peluang menjadi relawan di panti asuhan. Dlsadur dari : https://beritagar.id/artikel/gaya-hidupldampak-buruk-pariwisata-bagi-lingkungan, diunduh 10 Maret 2020 Tentukan pendapat mendukung dan menentang dalam teks diskusi tersebut!


154

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Hayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

15 Juli 2022 15:39

Jawaban terverifikasi

jawaban yang tepat : pendapat mendukung pada teks di atas adalah dampak positif pengembangan pariwisata yang pertama adalah tersedianya lapangan pekerjaan baru di tempat wisata. Pendapat menentang pada teks di atas adalah pengembangan pariwisata berdampak buruk pada lingkungan. Simak pembahasan berikut. Teks diskusi adalah media/teks yang berisi catatan tentang suatu masalah dalam pertemuan ilmiah dari berbagai pihak, baik berupa persetujuan maupun penolakan. Struktur teks diskusi terdiri atas isu, argumen menentang dan argumen pendukung, serta simpulan/rekomendasi. Berdasarkan penjelasan tersebut: Pendapat mendukung pada teks tersebut terdapat pada paragraf keempat kalimat 1 dan 2. "Sementara itu, pariwisata membawa dampak positif bagi masyarakat sekitarnya. Dampak positif ekonomi pengembangan pariwisata yang pertama adalah tersedianya lapangan pekerjaan baru di tempat wisata." Pendapat menentang pada teks tersebut terdapat pada paragraf ketiga kalimat kedua, yaitu "Lalu lalang jutaan pelancong ke Pulau Dewata yang hanya dihuni sekitar 4 juta penduduk lokal itu mau tidak mau berdampak buruk pada lingkungan." Jadi, pendapat mendukung pada teks di atas adalah dampak positif pengembangan pariwisata yang pertama adalah tersedianya lapangan pekerjaan baru di tempat wisata. Pendapat menentang pada teks di atas adalah pengembangan pariwisata berdampak buruk pada lingkungan.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

19. Bacalah paragraf berikut! Prestasi olahraga kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2017 Malaysia terburuk sepanjang sejarah. Dengan perolehan emas terendah sepanjang sejarah keikutsertaannya, Indonesia hanya menempati urutan kelima di bawah tuan rumah, Thailand, Vietnam, dan Singapura. Aliran dana yang tersendat dan koordinasi antara Kempora dan KONI yang lemah dituding sebagai penyebab. Namun, persoalan prestasi olahraga kita lebih mendasar dari itu. Pembinaan atlet usia dini selama ini masih belum menjadi fokus utama. Kempora belum punya rancangan yang matang terhadap pembinaan olahraga di tanah air. Simpulan paragraf tersebut adalah .... A. Prestasi olahraga kontigen Indonesia di SEA Games 2017 buruk karena menempati urutan kelima. B. Prestasi olahraga kontigen Indonesia di ajang SEA Games 2017 Malaysia terburuk karena memperoleh emas terendah. C. Prestasi olahraga kontigen Indonesia di ajang SEA Games 2017 Malaysia terburuk disebabkan tersendatnya aliran dana, lemahnya koordinasi, dan pembinaan. D. Prestasi olahraga kontigen Indonesia di ajang SEA Games 2017 Malaysia terburuk karena Kempora belum punya rancangan yang matang pembinaan olahraga di tanah air.

9

0.0

Jawaban terverifikasi