R N

02 Juli 2022 16:55

Iklan

Iklan

R N

02 Juli 2022 16:55

Pertanyaan

Pariwisata di satu sisi membantu pertumbuhan ekonomi kawasan. Kesejahteraan masyarakat di sekitar tempat wisata meningkat. Namun, di sisi lain pariwisata menjadi bumerang bagi kelestarian alamnya. Bali sebagai contoh, pada tahun 2017 mengalami darurat sampah. Sepanjang enam kilometer garis pantai yang mencakup pantai populer seperti Jimbaran, Kuta, dan Seminyak disesaki berton-ton sampah. Sebanyak 700 tenaga pembersih dan 35 truk membuang sekitar 100 ton sampah setiap hari ke ternpat pembuangan sampah. Kondisi ini semakin ironis karena target kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali digenjot sampai angka 7 juta orang tahun ini. Lalu lalang jutaan pelancong ke Pulau Dewata yang hanya dihuni sekitar 4 juta penduduk lokal itu mau tidak mau berdampak buruk pada lingkungan. Sementara itu, pariwisata membawa dampak positif bagi masyarakat sekitarnya. Dampak positif ekonomi pengembangan pariwisata yang pertama adalah tersedianya lapangan pekerjaan baru di tempat wisata. Dampak positif ekonomi pengembangan pariwisata selanjutnya adalah meningkatnya penjualan produk lokal sehingga meningkatkan perekonomian warga desa. Selanjutnya, dampak positif ekonomi pengembangan pariwisata yang dapat dirasakan atau bahkan diutamakan adalah meningkatnya pembangunan infrastruktur tempat wisata. Untuk menyelamatkan pariwisata dari citra negatif sekaligus tetap berdaya bagi lingkungan dan penduduk lokal, beberapa negara membuat program khusus yang dapat ditiru. Langkah tersebut misalnya dengan p rogram ekowisata. Wisatawan diajak untuk melestarikan lingkungan alam yang mereka kunjungi. Kegiatan ini telah meningkat di negara-negara Amerika Latin seperti Meksiko, Panama, dan Kosta Rika. Selain itu, langkah lainnya adalah dengan menggiatkan voluntourism. Program voluntourism memungkinkan wisatawan memiliki kesempatan untuk melaku kan kegiatan sosial saat berlibur, misalnya program di Kamboja menawarkan peluang menjadi relawan di panti asuhan. Dlsadur dari : https://beritagar.id/artikel/gaya-hidupldampak-buruk-pariwisata-bagi-lingkungan, diunduh 10 Maret 2020 Tentukan pendapat mendukung dan menentang dalam teks diskusi tersebut!


8

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Hayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

15 Juli 2022 15:39

Jawaban terverifikasi

jawaban yang tepat : pendapat mendukung pada teks di atas adalah dampak positif pengembangan pariwisata yang pertama adalah tersedianya lapangan pekerjaan baru di tempat wisata. Pendapat menentang pada teks di atas adalah pengembangan pariwisata berdampak buruk pada lingkungan. Simak pembahasan berikut. Teks diskusi adalah media/teks yang berisi catatan tentang suatu masalah dalam pertemuan ilmiah dari berbagai pihak, baik berupa persetujuan maupun penolakan. Struktur teks diskusi terdiri atas isu, argumen menentang dan argumen pendukung, serta simpulan/rekomendasi. Berdasarkan penjelasan tersebut: Pendapat mendukung pada teks tersebut terdapat pada paragraf keempat kalimat 1 dan 2. "Sementara itu, pariwisata membawa dampak positif bagi masyarakat sekitarnya. Dampak positif ekonomi pengembangan pariwisata yang pertama adalah tersedianya lapangan pekerjaan baru di tempat wisata." Pendapat menentang pada teks tersebut terdapat pada paragraf ketiga kalimat kedua, yaitu "Lalu lalang jutaan pelancong ke Pulau Dewata yang hanya dihuni sekitar 4 juta penduduk lokal itu mau tidak mau berdampak buruk pada lingkungan." Jadi, pendapat mendukung pada teks di atas adalah dampak positif pengembangan pariwisata yang pertama adalah tersedianya lapangan pekerjaan baru di tempat wisata. Pendapat menentang pada teks di atas adalah pengembangan pariwisata berdampak buruk pada lingkungan.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

227

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

489

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan