Hasna N

Ditanya 6 hari yang lalu

Iklan

Hasna N

Ditanya 6 hari yang lalu

Pertanyaan

Pak Amin memanen 50 buah mangga dari kebunnya. Akan tetapi pak Amin memberikan 13 mangga kepada tetangganya, 15 mangga diberikan kepada saudaranya. Dan pak Samsul membeli 5 buah manga kepada pak Amin. Tentukan berapa jumlah buah manga yang tersisa dimiliki pa amin?

Pak Amin memanen 50 buah mangga dari kebunnya. Akan tetapi pak Amin memberikan 13 mangga kepada tetangganya, 15 mangga diberikan kepada saudaranya. Dan pak Samsul membeli 5 buah manga kepada pak Amin. Tentukan berapa jumlah buah manga yang tersisa dimiliki pa amin?

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

09

:

09

:

21

Klaim

22

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Azuratul F

Dijawab 6 hari yang lalu

Jawaban terverifikasi

<p>50-13-15-5=17</p><p>&nbsp;</p>

50-13-15-5=17

 


Hasna N

Dijawab 5 hari yang lalu

makasih banyak, kak 🙏😊

Iklan

Eliana G

Dijawab 6 hari yang lalu

<p>Maaf, kalau salah.</p><p>17</p>

Maaf, kalau salah.

17


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ada seorang sahabat menuturkan kisahnya. Dia bernama Budiman, Sore itu ia menemani istri dan seorang putrinya berbelanja kebutuhan rumah tangga bulanan di sebuah toko swalayan. Usai membayar, tangan-tangan mereka sarat dengan tas plastik belanjaan. Baru saja mereka keluar dari toko swalayan, Istri Budiman dihampiri seorang wanita pengemis yang saat itu bersama seorang putri kecilnya. Wanita pengemis itu berkata kepada istri Budiman, "Beri kami sedekah, Bu!" Istri Budiman membuka dompetnya, lalu ia menyodorkan selembar uang kertas berjumlah 1000 rupiah. Wanita pengemis itu menerimanya. Tatkala tahu jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan, ia lalu menguncupkan jari-jarinya mengarah ke mulutnya. Kemudian pengemis itu memegang kepala anaknya dan sekali lagi la mengarahkan jari-jari yang terkuncup itu ke mulutnya, seolah la ingin berkata, "Aku dan anakku ini sudah berhari-hari tidak makan, tolong beri kami tambahan sedekah untuk bisa membeli makanan!" Mendapati isyarat pengemis wanita itu, istri Budiman pun membalas isyarat dengan gerak tangannya seolah berkata, "Tidak..... tidak, aku tidak akan menambahkan sedekah untukmu!" Ironisnya meski tidak menambahkan sedekahnya, istri dan putrinya Budiman malah menuju ke sebuah gerobak gorengan untuk membell camilan. Pada kesempatan yang sama, Budiman berjalan ke arah ATM center guna mengecek saldo rekeningnya. Saat itu memang tanggal gajian, Budiman ingin mengecek saldo rekening dia. Di depan ATM, la masukkan kartu ke dalam mesin, la tekan langsung tombol informasi saldo. Sesaat kemudian muncul beberapa digit angka yang membuat Budiman menyunggingkan senyum kecil dari mulutnya. Ya, uang gajiannya sudah masuk ke dalam rekening. Budiman menarik sejumlah uang dalam bilangan jutaan rupiah dari ATM. Pecahan ratusan ribu berwarna merah kini sudah menyesaki dompetnya. Lalu ada satu lembar uang berwarna merah juga, tetapi kali ini bernilai 10 ribu yang ia tarik dari dompet. Uang itu kemudian ia lipat kecil untuk diberikan kepada wanita pengemis yang tadi meminta tambahan sedekah.. Saat sang wanita pengemis melihat nilai uang yang diterima, betapa girangnya dia. la pun berucap syukur kepada Allah dan berterima kasih kepada Budiman dengan kalimat-kalimat penuh kesungguhan: "Alhamdulillah... Alhamdulillah... Alhamdulillah... Terima kasih tuan! Semoga Allah memberikan rezeki berlipat untuk tuan dan keluarga. Semoga Allah memberi kebahagiaan lahir dan batin untuk tuan dan keluarga. Diberikan karunia keluarga sakinah, mawaddah, wa rahmah. Rumah tangga harmonis dan anak-anak yang saleh dan salehah. Semoga tuan dan keluarga juga diberi kedudukan yang terhormat kelak nanti di surga...!" Budiman tidak menyangka ia akan mendengar respon yang begitu mengharukan. Budiman mengira bahwa pengemis tadi hanya akan berucap terima kasih saja. Namun, apa yang diucapkan oleh wanita pengemis tadi sungguh membuat Budiman terpukau dan membisu. Apalagi tatkala sekali lagi la dengar wanita itu berkata kepada putri kecilnya, "Dik, Alhamdulillah akhirnya kita bisa makan juga....!" Deggg...!!! Hati Budiman tergedor dengan begitu kencang. Rupanya wanita tadi sungguh berharap tambahan sedekah agar ia dan putrinya bisa makan. Sejurus kemudian mata Budiman membuntuti kepergian mereka berdua yang berlari menyeberang jalan, lalu masuk ke sebuah warung tegal untuk makan di sana. Budiman masih terdiam dan terpana di tempat itu. Hingga istri dan putrinya kembali lagi dan keduanya menyapa Budiman. Mata Budiman kini mulai berkaca-kaca dan istrinya pun mengetahui itu. "Ada apa, Pak?" Istrinya bertanya. Dengan suara yang agak berat dan terbata Budiman menjelaskan, "Aku baru saja menambahkan sedekah kepada wanita tadi sebanyak 10 ribu rupiah!" Awalnya istri Budiman hampir tidak setuju tatkala Budiman mengatakan bahwa ia memberi tambahan sedekah kepada wanita pengemis. Namun, Budiman kemudian melanjutkan kalimatnya. "Bu..., aku memberi sedekah kepadanya sebanyak itu. Saat menerimanya, ia berucap hamdalah berkali-kali seraya bersyukur kepada Allah. Tidak itu saja, ia mendoakan aku, mendoakan dirimu, anak-anak, dan keluarga kita. Panjang sekali ia berdoa! Dia hanya menerima karunia dari Allah Swt. sebesar 10 ribu saja sudah sedemikian hebatnya bersyukur. Padahal, aku sebelumnya melihat di ATM saat aku mengecek saldo dan ternyata di sana ada jumlah yang mungkin ratusan bahkan ribuan kali lipat dari 10 ribu rupiah. Saat melihat saldo itu, aku hanya mengangguk-angguk dan tersenyum. Aku terlupa bersyukur, dan aku lupa berucap hamdalah. Bu..., aku malu kepada Allah! Dia terima hanya 10 ribu begitu bersyukurnya dia kepada Allah dan berterima kasih kepadaku. Kalau memang demikian, siapakah yang pantas masuk ke dalam surga Allah, apakah dia yang menerima 10 ribu dengan syukur yang luar biasa, ataukah aku yang menerima jumlah lebih banyak dari itu, tetapi sedikitpun aku tak berucap hamdalah." Budiman mengakhiri kalimatnya dengan suara yang terbata-bata dan beberapa bulir air mata yang menetes. Istrinya pun menjadi lemas setelah menyadari betapa selama ini kurang bersyukur sebagai hamba. Ya Allah, ampunilah kami para hamba-Mu yang kerap lalai atas segala nikmat-Mu Telaah Struktur Cerita Tersebut

18

4.5

Jawaban terverifikasi

(1) Seperti orang dewasa, anak-anak harusmemenuhi nutrisi harian yang terdiri dari nutrisi makro, yaitu karbohidrat, protein, lemak, dan nutrisi mikro, yaitu vitamin dan mineral. (2) Nutrisi-nutrisi ini diperlukan agar setiap proses biologic yang terjadi dalam tubuh dapat berjalan dengan optimal, seperti proses ekskresi dan sekresi, pembentukan sel-sel baru, dan peningkatan daya tahan tubuh. (3) Dr. Muliaman Mansyur, Kepala Medis Kalbe Nutritionals, mengatakan bahwa salah satu cara menjaga daya tahan tubuh anak adalah memerhatikan saluran pencernaan. (4) Kebutuhan nutrisi anak bisa dicukupi dengan memberi makanan sehat dan seimbang. (5) Selain itu, untuk meningkatkan daya tahan tubuh buah hati, orang tua juga bisa memberikan makanan atau minuman berupa susu, sayuran, dan buah-buahan guna memperkuat daya tahan tubuh anak. (6) Ada dua istilah yang merujuk pada makanan ataupun minuman, yaitu probiotik dan prebiotik. (7) Probiotik merujuk kepada bakteri balk yang diberikan dari luar, bisa dalam bentuk makanan atau susu yang berdampak pada kesehatan anak. (8) Usus manusia merupakan tempat sebagian besar bakteri ini berada. (9) Koloni mikroorganisme ini berperan penting dalam pencernaan, mengekstraksi nutrisi dari makanan, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. (11) Prebiotik diperlukan untuk menunjang probiotik atau bakteri balk tersebut. (12) Serat pangan inulin menjadi salah satu pilihan nutrisi yang bermanfaat bagi sistem pencernaan anak karena jenis karbohidrat ini mengandung prebiotik, yang menjadi sumber asupan untuk bakteri balk dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga. (13) Serat pangan inulin adalah sejenis serat yang digolongkan ke dalam prebiotik dari jenis karbohidrat rantai panjang alami yang berasal dari akar chicory sejenis umbi-umbian. (14) Prebiotik yang dikandung serat pangan inulin berfungsi sebagai stimulator untuk mendukung kinerja bakteri balk yang ada di usus manusia. (15) Prebiotik tidak bisa dicerna usus halus ini masuk secara utuh kedalam usus besar dan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan penyerapan kalsium. (16) Selain untuk pencernaan, zat ini juga bermanfaat untuk merangsang sistem daya tahan tubuh, menekan jumlah bakteri jahat atau bakteri patogen dalam usus, mencegah sembelit, membantu mengatur metabolisme karbohidrat dan lemak, membantu penyerapan kalsium, dan memperbaiki kepadatan mineral dalam tulang. Sumber: gaya.tempo.co, 12 Maret 2021 dengan beberapa penyesuaian. 58. Simpulan yang tepat berdasarkan teks di atas adalah … (A) Kebutuhan nutrisi anak harus dicukupi dengan memberi makanan sehat dan seimbang untuk meningkatkan daya tahan. (B) Orang tua harus mencukupi serat pangan inulin untuk anak-anak karena mengandung prebiotik yang balk untuk merangsang sistem daya tahan tubuh. (C) Orang tua harus mencukupi kebutuhan nutrisi anak melalui makanan sehat dan seimbang yang mengandung probiotik dan prebiotik yang kaya akan manfaat. (D) Serat pangan inulin bermanfaat bagi sistem pencernaan anak karena mengandung prebiotik yang menjadi sumber asupan untuk bakteri balk dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga. (E) Anak-anak harus memenuhi nutrisi harian yang terdiri dari nutrisi makro, yaitu karbohidrat, protein, lemak, dan nutrisi mikro, yaitu vitamin dan mineral agar setiap proses biologis yang terjadi dalam tubuh dapat berjalan dengan optimal.

5

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pilihlah Jawaban Yang Paling Benar 1. Budi Utomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang perjuangannya lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi organiasi perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa Budi Utomo itu didirikan* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1928 - 20 Mei 1908 - 2 Mei 1928 2. Budi Utomo mengadakan Kongres Pertama di Yogyakarta pada tanggal* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1908 - 5 Oktober 1908 - 28 Oktober 1908 3. Perjuangan melawan penjajah selalu mengalami kegagalan, penyebab kegagalan perjuangan melawan penjajah adalah* - bangsa Indonesia kekurangan pejuang - kuranganya persatuan dan kesatuan - penjajah terlalu banyak jumlahnya - banyak orang Indonesia yang ikut penjajah 4. Pencipta lagu Indonesia Raya adalah* - W.R. Soepratman - C. Simanjuntak - Muhammad Tabrani - M.H. Thamrin 5. Salah satu pendiri Budi Utomo adalah* - Jokowi - Bung Karno - Dr. Sutomo - Soeharto 6. Sikap positif yang perlu diwujudkan dalam rangka mengisi dan mempertahkan proklamasi Kemerdekaan RI adalah* - Semangat menantang dominasi asing dalam segala bentuk - Semangat tahan derita dan tahan uji - Semangat persatuan dan kesatuan - Semangat opportunitasi yang selalu mementingkan diri sendiri. 7. Setiap tanggal 20 Mei bagi bangsa Indonesia diperingati sebagai hari* - Sumpah pemuda - Kebangkitan nasional - Kemerdekaan Indonesia - Pendidikan Nasional 8. Bentuk penghargaan terhadap para pahlawan bangsa diwujudkan dengan cara* - diteruskan cita-citanya untuk kepentingan bangsa dan Negara - dibuat monumen atau patung pahlawan yang megah - dijadikan nama tempat yang bersejarah - diperingati setiap tahun secara meriah. 9. Contoh sikap patriotisme berbangsa dan bernegara adalah* - bersedia bertugas di daerah terpencil dengan baik - selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa - menyumbangkan harta benda untuk pembangunan - membeli barang barang mewah 10. Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena* - Bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika - Pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan mampu menghilangkan keanekaragaman - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat 11. Tujuan dari siswa yang menyanyikan lagu kebangsaan pada awal kegiatan belajar adalah untuk* - Menanamkan nasionalisme - Menanamkan kebiasaan baik - Mengenal penciptanya - Agar hafal syair lagunya 12. Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong Kebangkitan Nasional 1908 akan makin berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa mampu* - Bekerja keras - Bekerja cerdas - Menorehkan prestasi di berbagai bidang - Tiada mengenal putus asa 13. Pada saat ini, upaya memperingati Kebangkitan Nasional 1908 merupakan upaya kita untuk mengingat dan menjadi pendorong agar Indonesia bangkit kembali untuk membangun Indonesia yang maju dan mandiri serta* - Dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain - Dapat mengolah kekayaan alam dengan teknologi maju - Dapat menjadi negara yang kompetitif - Dapat melawan ketidakadilan dunia 14. Rasa cinta terhadap tanah air disebut juga dengan* - Sukuisme - Nasionalisme - Imprealisme - Rasisme 15. Dari sejarah Sumpah Pemuda terdapat nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan membuktikan bahwa ternyata berbagai perbedaan dapat disatukan. Yang tidak termasuk dalam nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah* - Cinta bangsa dan tanah air - Sikap rela berkorban - Aktualisasi diri - Bangga dengan produk luar negeri 16. Dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah, untuk pertama kalinya diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 yaitu pada media cetak* - Lembaran Negara - Surat Kabar Sin Po - Berita Negara - Surat Kabar Kompas 17. Gerakan Budi Utomo yaitu sebuah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan berbentuk modern atau lebih jelasnya sebuah organisasi dengan sistem pengurusan yang tetap, ada anggota, tujuan dan program kerja. Organisasi Budi Utomo sendiri dibentuk oleh pelajar STOVIA yang bernama* - Moh. Hatta - Soeharto - Bung Tomo - Sutomo 18. Lahirnya organisasi kebangsaan di Indonesia mempunyai pengaruh terhadap perubahan bentuk perjuangan bangsa Indonesia yaitu* - Tidak tergantung pada satu pimpinan - Menggunakan persenjataan tradisional - Bersifat lokal kedaerahan - Kurang menggunakan siasat perjuangan diplomasi. 19. Semangat sumpah pemuda bukan hanya menggerakkan pada pemuda untuk meraih kemerdekaan, tetapi juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara yang mencapai puncaknya pada...* - 28 Oktober 1945 - 20 Mei 1908 - 17 Agustus 1945 - 18 Agustus 1945 20. Sumpah pemuda merupakan intisari putusan kerapatan pemuda-pemudi Indonesia yang dikenal dengan kongres pemuda I dan kongres pemuda II melalui kongres itulah kita bisa mengenal istilah ...* - Bhineka tunggal ika berbeda-beda tetap satu jua - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Satu tanah air, bangsa dan bahasa 21. Awal kebangkitan semangat persatuan dan kesatuan serta nasionalisme bangsa Indonesia ditandai dengan* - Lahirnya Budi Utomo - Tumbangnya Rezim Orde Baru - Dicetuskannya Sumpah Pemuda - Proklamasi Kemerdekaan 22. Peristiwa nasional yang mampu menggerakkan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga mewujudkan perasaan sebangsa, setanah air, dan berbahasa satu adalah* - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Pergerakan Nasional - Proklamasi Kemerdekaan 23. Dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan RI demi terciptanya persatuan dan kesatuan, seluruh bangsa Indonesia hendaknya dapat menuunjung tinggi nilai-nilai persatuan. Nilai-nilai tersebut merupakan cerminan nilai Pancasila yang terdapat pada sila* - I - II - III - V 24. Sikap berani dan pantang menyerah seseorang yang ditunjukkan dengan rela berkorban untuk bangsa dan negara demi keutuhan negara disebut sebagai* - Patriotisme - Chauvenisme - Imprealisme - kolonialisme 25. Dari sekian banyak negara yang menjajah bangsa Indonesia, negara mana yang paling lama menjajah Indonesia* - Jepang - Belanda - Portugal - Inggris 26. Berdasarkan hasil Kongres Pemuda I semua organisasi kepemudaan dilebur dalam satu wadah organisasi dengan nama...* - PPM - PPI - PIR - PI 27. Sumpah Pemuda merupakan babak baru bagi perjuangan bangsa Indonesia karena hal-hal berikut ini, kecuali...* - Perjuangan menggunakan senjata meriam dan rudal - Para pemuda sadar bahwa perjuangan yang bersifat lokal adalah sia-sia - Mereka juga sadar bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan cita-cita kemerdekaan dapat diraih - Perjuangan yang bersifat lokal kedaerahan berubah menjadi perjuangan yang bersifat nasional 28. Organisasi Boedi Oetomo didirikan oleh para pemuda Indonesia memiliki tujuan utama...* - Membantu penduduk yang fakir dan miskin - Menjual hasil rempah rempah kepada belanda, dan keuntunganya untuk kesejahteraan penduduk - Pendidikan dan pengajaran - membantu pihak jepang untuk mengalahkan belanda 29. Hidup di jaman now yang sangat akrab dengan media sosial tentu kita sering membaca HOAX (berita palsu yang menyesatkan) bagaimana sikap anda, Sebagai pelajar yang memahami dan menerapkan nilai nilai Kebangkitan Nasional, harus bersikap* - Membiarkan saja dan ikut menyebarkan - berusaha mencari tahu kebenarannya dengan bertanya kepada guru atau orang tua - Membalas dengan membuat info lain yang menyesatkan - Berusaha menenangkan diri 30. Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah* - Memperkuat semangat dan tekad para pemuda untuk bersatu - Belanda bersikap lunak kepada pejuang indonesia - Mempercepat proses kemerdekaan indonesia - Para pemuda makin berani melawan penjajah 31.Berikut ini merupakan katakteristik yang dimiliki oleh budaya Indonesia, kecuali...* - hasil dari budidaya individu - merupakan kebanggan nasional - hasil dari budidaya masyarakat Indonesia yang sudah ada sebelum tahun 1945 - berasal dari budaya-budaya lokal daerah dan budaya nasional 32. Pembangunan nasional harus didasarkan pada pembangunan karakter dan semangat gotong royong. Hal tersebut merupakan contoh dari tujuan pemajuan budaya, yaitu...* - haluan pembangunan nasional - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - melestarikan warisan budaya Indonesia 33. Dalam pemajuan budaya, hendaknya kebudayaan dilaksanakan dengan semangat kerja sama yang tulus. Hal tersebut merupakan asas.... dalam pemajuan kebudayaan.* - keberlanjutan - kelokalan - keterpaduan - gotong royong 34. Investasi kebudayaan atau pencatatan kebudayaan merupakan salah satu upaya pemajuan kebudayaan. Hasil dari pencatatan ini umumnya akan mengalami peningkatan, misalnya pada tahun 2016 tercatat ada 50 warisan budaya tak benda berupa adat istiadat dan ritual di seluruh Indonesia. Ternyata pada tahun 2018 ditemukan lebih banyak lagi yang jumlahnya mencapai 72. Oleh karena itu, dapat disimpulkan kebudayaan Indonesia makin berkembang tiap tahunnya. Hal sesuai dengan salah satu tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - menciptakan masyrakat yang sejahtera - meningkatkan citra bangsa di mata dunia 35. Pengenalan kebudayaan tradisional Indonesia perlu dilakukan sejak dini. Hal ini penting dilakukan agar generasi muda tidak lupa dengan asalnya dan malah mengikuti kebudayaan asing dari negara lain. Uraian tersebut berkaitan erat dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperteguh jati diri bangsa - mewujudkan masyarakat madani - mencerdaskan kehidupan bangsa - memperkaya keberagaman budaya 36. Pemajuan kebudayaan Indonesia harus dilakukan dengan memperhatikan karakteristik daerahnya masing-masing. Hal ini merupakan penjabaran dari salah satu asas pemajuan kebudayaan, yaitu...* - keberagaman - kelokalan - kesederajatan - keselarasan 37. Berikut yang bukan merupakan tujuan pemajuan kebudayaan adalah...* - memperteguh jati diri bangsa - mengembangkan nilai luhur bangsa - mewujudkan masyarakat madani - menerima kebudayaan asing sebagai kebudayaan bangsa 38. Anak-anak dari SMP Ruan Raya memainkan permainan tradisional bakiak. Permainan ini melatih keseimbangan, konsentrasi serta kerja sama tim sehingga dapat memupuk karakter anak. Ilustrasi tersebut sesuai dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa 39. Perhatikan pernyataan berikut ini! (1) Merawat alat musik tradisional (2) Menulis penelitian seputar batik dan memublikasikannya (3) Menggelar lomba robotik (4) Menggeluti hobi fotograi Dari pernyataan tersebut, yang merupakan upaya melestarikan budaya nasional ditunjukkan oleh nomor ….* - 1 dan 2 - 1 dan 3 - 2 dan 3 - 2 dan 4 40. Setiap bangsa memiliki karakteristik budaya masing-masing, termasuk bangsa Indonesia. Hal tersebut terjadi karena adanya nilai-nilai yang mendasari kebudayaan bangsa Indonesia yang membedakannya dari - kebudayaanbangsa-bangsalain. Pernyataanyangsesuaidenganparagraf tersebut yaitu...* - budaya nasional memiliki persamaan dan perbedaan dengan budaya bangsa lain - gaya berpakaian dan berbahasa bukan merupakan bagian dari suatu budaya - budaya nasional menjadi identitas dan jati diri yang terdapat pada suatu bangsa budaya nasional dapat tersisih oleh budaya yang terdapat pada bangsa-bangsa lain

41

0.0

Jawaban terverifikasi

Sampan Pak Salim Angin laut bertiup sendu, menyampaikan pesan alam bagi mereka para penghuni pesisir Pulau Pekasih bahwa air sudah mulai pasang. Beberapa nelayan telah menurunkan kendaraan mereka, siap sedia bersama semua jaring dan jala, menjadi senjata utama untuk menangkap hasil alam yang berkeliaran di bawah kedalaman birunya lautan. Di sana, seorang kakek tua paruh enam puluhan sedang mengulur sampannya dengan tergesa-gesa. Kakek itu sendiri adalah salah satu pelaut di kampung kecil itu. Kampung nelayan khas masyarakat Melayu yang terpencil di daerah kepulauan Batam. Ia merupakan salah satu dari beberapa bag ian kecil rakyat yang masih menumpang hid up dari alam untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Mayoritas penduduk di kepu lauan itu mengandalkan hasil laut untuk bertahan hidup. Lahan pertanian atau perkebunan tidak dimiliki semua orang. Tanah-tanah sudah diatasnamakan pemilik yang sah. Bagi mereka, menumbuhkan sebatang pohon kelapa di tanah yang tidak legal sama dengan pengg unaan infrastruktur yang melanggar hukum. Mereka tidak memiliki tanah warisan dan tidak mempunyai ijazah memadai. Hanya lautlah tempat terakhir mereka berta rung mengais rezeki. Pak Salim sendiri sudah enam puluh tahun sekian tinggal di kampung itu. Ia lahir di keluarga miskin. lstri nya juga berasal dari keluarga miskin. Suami istri itu tidak sekolah ka rena memang kemampuan ekonomi dan kapabil itas pada zamannya tidak memberi mereka pel uang untuk itu. Akan tetapi, mereka bersyukur karena setida knya bisa meng hidupi anak-anaknya dengan pendidikan sekolah formal. Keenam anaknya bersekolah dari jenjang terenda h hingga jenjang atas, yaitu SD, SMP, dan SMA. Anak-anak mereka memang tidak menjadi Sarjana, tetapi bukan berarti mereka tidak beru ntu ng. Bagi Pak Salim yang sudah tua, telah menyelesaikan tugas dengan memberi pendidikan bagi anak-anaknya merupakan keberu ntungan besar tersendiri. Hal itu bisa di lakukan bukan menganda lkan hasil kebun mel impah atau gaji bulanan yang sangat besar, melainkan menganda lkan satu-satunya keahlian ya ng dia miliki di dunia ini, yaitu melaut. Hasil laut memberinya kehidupan. Tidak banyak, tetapi cukup membuat mereka bisa hidup sampai sekarang. Mungkin, banyak ya ng akan menggelengkan kepala dan bertanya-tanya. Bagaimana mungkin seorang nelayan miskin yang hanya melaut menggunakan sampan lapuk dan jala yang tidak lebih Iebar dari setengah lapangan voli itu bisa memberikan kehidupan layak, makanan, pakaian, pendidikan, dan kehormatan bagi anak-anaknya? "Aku ini miskin. Manakah mungkin bisa menyekolahkan anak-ana kku seperti orangorang berada, dengan jumlah sebanyak itu? Oleh karena itu, kuaja rkan mereka untuk hidup keras dan tawakal. Karena miskin, mereka harus belajar untuk berjuang” jelas Pak Salim. Pak Salim pergi keIaut setiap hari. Dia mencari dan mencari, terus tanpa henti, bergumul dengan gelombang panjang yang tidak kenai Ieiah. Dia bertarung dengan alam demi mendapatkan penghasilan setiap harinya. Dari situ Pak Salim memperlihatkan pada anakana knya, bahwasa nya manusia miskin seperti mereka tidak mungkin bisa tumbuh tanpa bergerak. Pak Salim dan sampan kecilnya tidak mungkin bisa mewujudkan mimpi mereka. Oleh karena itu, Pa k Sa lim memberikan kunci penting kepada anak-ana knya agar tumbuh menjadi manusia yang lebih baik. Pak Salim mengajarkan kepada anak-anaknya untuk bekerja keras dan tidak malas. Anak-anaknya pun memahami betul kondisi orang tuanya. Mereka tidak membuang waktu untuk diam di tempat dan menadahkan tangan, memintaminta kepada orang tuanya. Mereka turun ke lapangan untuk bekerja. Kedua anak perempuan nya menjahit. Ada pun anak lelakinya bekerja sebagai kuli bangunan, ikut menjaring bersama dengan orang-orang berkapal besar ke laut dalam, mengurus kebun kelapa milik orang kaya, dan membuat kue apam. Berkat kerja kerasnya, semua anak Pak Salim tumbuh menjadi orang dewasa yang tegar. Sekarang, keenamnya sudah berkeluarga dan mempunyai kehidupan masing-masing. Mung kin mereka akan bilang, kehidupannya saat ini bukan berkat tetes keringat Pak Salim, melainkan dari kerja keras mereka sendiri. Ungkapan tersebut mung kin benar, tetapi bisa salah. Kerja keras memang datang dari diri mereka sendiri. Akan tetapi, prinsip hidup dan semangat mereka tumbuh berkat ajaran Pak Salim. Mereka memahami berat ayah mereka membanting tulang setiap hari, menempuh ombak deras yang mungkin bisa menelungkupkan sampan lapuknya, bahkan bisa membunuhnya. Ada pun ibu mereka hanya bisa duduk di rumah karena sakit. Berkat tuturan dan pendidikan akhlak serta motivasi hidup dari Pak Salim, anak-anaknya bisa menjadi seperti saat ini. "Bapak akan pergi melaut juga hari ini?" tanya istrinya berdiri di samping sebuah pohon kelapa dengan tongkatnya, memperhatikan Pak Salim yang akan naik ke sampan. "Apa lagi yang aku boleh buat? lni pekerjaanku, bukan?"jawab Pak Salim. "Anak-anak kita mau pulang siang ini. Bapak duduklah dulu di rumah, tunggu mereka” kata istri nya. "Kau tunggulah mereka pulang. Mereka bukan anak-anak lagi. Mereka sudah dewasa. Tahulah mereka balik sendiri:' Pak Salim naik ke sampan. Ia menoleh sebentar sebelum akhirnya berujar "Tunggulah mereka. Aku nanti pulang bawa ikan. Kita makan bersama-sama” "lyalah, Pak. Hati-hati kalau begitu” Setelah menerima pesan tersebut, Pak Salim meluncur dengan kedua dayung tuanya. Tangan-tangannya yang menghitam dan rapuh akibat sengatan matahari dan gelitikan udara malam menggerakkan kendaraannya dengan Iancar. Sampan Pak Salim meluncur di laut bergelombang. Dari kejauhan, istrinya melihat dengan pandangan tabah. Pak tua itu masih belum berhenti berjuang. Mungkin, dia tidak akan berhenti sebelum ajal nya datang menjemput, ia pergi menuju Tuhan. Perjuangan adalah apa yang Pak Salim telah turunkan kepada anak-anaknya. Sumber: http://cerpenmu.com!cerpen-kehidupan/sampan-pak-salim.html, dengan pengubahan seperlunya. soal di mana tempat terjadinya cerita?

1

0.0

Jawaban terverifikasi