Kleinhove H

11 Maret 2022 04:17

Iklan

Kleinhove H

11 Maret 2022 04:17

Pertanyaan

Pada tanaman jagung dapat mengalami albino. Kondisi tersebut dapat terjadi karena tidak memiliki gen penghasil kloropil (gen C adalah gen penghasil kloropil ), sementara itu gen c merupakan gen yang tidak dapat menghasilkan kloropil. buatlah diagram persilangan yang menghasilkan tanaman albino yang bersifat letal tersebut!

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

20

:

37

:

09

Klaim

5

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

07 Juni 2023 11:57

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar akan dijelaskan pada gambar yang terlampir.</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:</p><p>&nbsp;</p><p>Jagung memiliki dua gen, yaitu gen C merupakan gen penghasil klorofil dan gen c merupakan gen yang tidak dapat menghasilkan klorofil. Jagung bergenotipe CC merupakan jagung normal berdaun hijau, jagung bergenotipe Cc merupakan jagung normal dengan daun berwarna hijau kekuningan, dan jagung bergenotipe cc merupakan jagung albino dan bersifat letal (mati) karena tidak memiliki klorofil.</p><p>&nbsp;</p><p>DIagram persilangan kedua induk jagung yang menghasilkan jagung albino dapat dilihat pada gambar di bawah ini.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, diagram persilangan yang menghasilkan tanaman albino yang bersifat letal telah dijelaskan pada gambar yang terlampir.</p>

Jawaban yang benar akan dijelaskan pada gambar yang terlampir.

 

Pembahasan:

 

Jagung memiliki dua gen, yaitu gen C merupakan gen penghasil klorofil dan gen c merupakan gen yang tidak dapat menghasilkan klorofil. Jagung bergenotipe CC merupakan jagung normal berdaun hijau, jagung bergenotipe Cc merupakan jagung normal dengan daun berwarna hijau kekuningan, dan jagung bergenotipe cc merupakan jagung albino dan bersifat letal (mati) karena tidak memiliki klorofil.

 

DIagram persilangan kedua induk jagung yang menghasilkan jagung albino dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

 

Jadi, diagram persilangan yang menghasilkan tanaman albino yang bersifat letal telah dijelaskan pada gambar yang terlampir.

alt

Iklan

Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan