Agatha P

23 Januari 2023 06:42

Iklan

Iklan

Agatha P

23 Januari 2023 06:42

Pertanyaan

Pada sebuah eksperimen sel-sel hewan yang sedang membelah secara mitosis, inti sel dari sel-sel yang berada pada fase g1 dan g2 dihilangkan. Selanjutnya inti sel fase g2 dimasukkan kedalam sel fase g1 yang telah dihilangkan inti selnya. Apabila sel-sel tersebut dikultur, apakah yang akan terjadi?


4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

25 Januari 2023 00:15

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar : Sel-sel akan berubah secara langsung dari fase G1 menjadi G2</p><p>&nbsp;</p><p>Interfase memerlukan waktu paling lama dalam siklus sel karena fase ini adalah fase persiapan sele sebelum mengalami pembelahan sel. Fase ini terdiri atas beberapa fase yaitu:</p><p>a. Fase G1 ditandai berkembangnya sitoplasma, organel sel serta sintesis. Sel akan mengambil keputusan ebsar antara melanjutkan siklus sel atau fase instirahat (G0)</p><p>&nbsp;</p><p>b. Fase S (8jam) terjadi replikasi DNA sebagai materi genetitik yang diturunkan kepada sel anak, sehingga nantinya akan dihasilkan dua salinan DNA.</p><p>&nbsp;</p><p>c. Fase G2 (2-4jam) terjadi pertumbuhan sel menjadi lebih besar, peningkatan sintesis protein sebagai tahap akhir persiapan sel untuk melakukan pembelahan fase mitotik (M).</p><p>&nbsp;</p><p>Apabila pada sebuah eksperimen sel sel hewan sedang membelah mitosis, inti sel dari sel yang berada pada fase G1 dan G2 dihilangkan. Kemudian intisel fase G2 dimasukkan ke dalam sel fase G1 yang telah dihilangkan inti selnya, selanjutnya dikultur. Hal yang terjadi adalah adalah sel - sel akan berubah secara langsung dari fase G1 menjadi G2.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, apabila sel-sel tersebut dikultur yang terjadi adalah sel-sel akan berubah secara langsung dari fase G1 menjadi G2.</p>

Jawaban yang benar : Sel-sel akan berubah secara langsung dari fase G1 menjadi G2

 

Interfase memerlukan waktu paling lama dalam siklus sel karena fase ini adalah fase persiapan sele sebelum mengalami pembelahan sel. Fase ini terdiri atas beberapa fase yaitu:

a. Fase G1 ditandai berkembangnya sitoplasma, organel sel serta sintesis. Sel akan mengambil keputusan ebsar antara melanjutkan siklus sel atau fase instirahat (G0)

 

b. Fase S (8jam) terjadi replikasi DNA sebagai materi genetitik yang diturunkan kepada sel anak, sehingga nantinya akan dihasilkan dua salinan DNA.

 

c. Fase G2 (2-4jam) terjadi pertumbuhan sel menjadi lebih besar, peningkatan sintesis protein sebagai tahap akhir persiapan sel untuk melakukan pembelahan fase mitotik (M).

 

Apabila pada sebuah eksperimen sel sel hewan sedang membelah mitosis, inti sel dari sel yang berada pada fase G1 dan G2 dihilangkan. Kemudian intisel fase G2 dimasukkan ke dalam sel fase G1 yang telah dihilangkan inti selnya, selanjutnya dikultur. Hal yang terjadi adalah adalah sel - sel akan berubah secara langsung dari fase G1 menjadi G2.

 

Jadi, apabila sel-sel tersebut dikultur yang terjadi adalah sel-sel akan berubah secara langsung dari fase G1 menjadi G2.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

111

5.0

Jawaban terverifikasi