Nadin A

22 Agustus 2023 11:52

Iklan

Iklan

Nadin A

22 Agustus 2023 11:52

Pertanyaan

Pada sebuah benda bekerja dengan gaya F1 = 100 N ke arah kanan dan F2 = 80 N ke arah kiri. Karena gaya-gaya tersebut, benda bergerak sejauh 5 m. Berapa usaha yang dilakukan kedua gaya tersebut?


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

22 Agustus 2023 12:29

Jawaban terverifikasi

Dalam kasus ini, terdapat dua gaya yang bekerja pada benda. Gaya pertama, F1, memiliki nilai 100 N dan arah ke kanan. Gaya kedua, F2, memiliki nilai 80 N dan arah ke kiri. Untuk mencari usaha yang dilakukan oleh kedua gaya tersebut, kita dapat menggunakan rumus usaha (w) yang didefinisikan sebagai perkalian antara gaya (F) dan perpindahan (s): usaha (w) = gaya (F) x perpindahan (s) Pertama, kita perlu mencari gaya netto atau hasil dari kedua gaya tersebut. Dalam hal ini, gaya netto adalah 100 N - 80 N = 20 N ke arah kanan. Selanjutnya, diketahui bahwa benda bergerak sejauh 5 m. Dari informasi tersebut, kita dapat menggantikan nilai gaya (F) dan perpindahan (s) ke dalam rumus usaha: usaha (w) = 20 N x 5 m usaha (w) = 100 Nm Jadi, usaha yang dilakukan oleh kedua gaya tersebut adalah 100 Nm.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

22 Agustus 2023 13:28

Jawaban terverifikasi

Usaha yang dilakukan oleh sebuah gaya pada benda dapat dihitung menggunakan rumus: Usaha (W) = gaya (F) × jarak (s) × cos(θ) Di mana: F adalah besarnya gaya yang bekerja pada benda, s adalah jarak yang ditempuh oleh benda, θ adalah sudut antara arah gaya dan arah perpindahan benda. Dalam kasus ini, kita memiliki dua gaya yang bekerja pada benda, yaitu F1 = 100 N ke arah kanan dan F2 = 80 N ke arah kiri. Karena satu gaya ke kanan dan satu gaya ke kiri, kita dapat menghitung gaya bersih yang bekerja pada benda dengan mengurangkan gaya yang ke arah kiri dari gaya yang ke arah kanan: F_bersih = F1 - F2 = 100 N - 80 N = 20 N (arah kanan) Kemudian, kita diberikan informasi bahwa benda bergerak sejauh 5 m. Sudut antara gaya bersih (F_bersih) dan arah perpindahan (s) adalah 0 derajat, karena gaya dan perpindahan memiliki arah yang sama. Menggunakan rumus usaha di atas, kita dapat menghitung usaha yang dilakukan oleh gaya bersih: Usaha (W) = F_bersih × s × cos(θ) Usaha (W) = 20 N × 5 m × cos(0°) Usaha (W) = 20 N × 5 m × 1 (karena cos(0°) = 1) Usaha (W) = 100 N∙m = 100 J (joule) Jadi, usaha yang dilakukan oleh kedua gaya tersebut adalah 100 joule.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Planet yang memiliki keadaan hampir mirip dengan Bumi, mempunyai lapisan atmosfer tipis, dan memiliki dua satelit, yaitu Demos dan Fobos adalah ….

405

5.0

Jawaban terverifikasi