Anak A

04 Maret 2024 14:59

Iklan

Iklan

Anak A

04 Maret 2024 14:59

Pertanyaan

Pada saat volume total respiratory ventilationbdibatas 200L.min-¹, panting akan memicubpeningkatan ph darah

Pada saat volume total respiratory ventilationbdibatas 200L.min-¹, panting akan memicubpeningkatan ph darah


4

1


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

07 Maret 2024 12:21

<p>Pada saat volume total respiratory ventilation dibatasi pada 200 L.min⁻¹, panting atau pernapasan cepat dapat menyebabkan peningkatan pH darah. Ini terkait dengan perubahan dalam pertukaran gas yang terjadi selama pernapasan.</p><p>Penting untuk memahami bahwa pH darah dipengaruhi oleh keseimbangan antara gas karbon dioksida (CO₂) dan ion bikarbonat (HCO₃⁻) dalam darah. Pada umumnya, peningkatan ventilasi (pernapasan yang lebih cepat) dapat mengakibatkan pengurangan kadar CO₂ dalam darah.</p><p>Ketika seseorang bernapas lebih cepat (seperti pada panting), mereka mengeluarkan lebih banyak CO₂ dari paru-paru. CO₂ adalah asam yang dapat membentuk asam karbonat (H₂CO₃) dalam darah. Dengan mengurangi kadar CO₂, kita mengurangi pembentukan asam karbonat dan mengarahkan keseimbangan pH ke sisi yang lebih basa atau tinggi.</p>

Pada saat volume total respiratory ventilation dibatasi pada 200 L.min⁻¹, panting atau pernapasan cepat dapat menyebabkan peningkatan pH darah. Ini terkait dengan perubahan dalam pertukaran gas yang terjadi selama pernapasan.

Penting untuk memahami bahwa pH darah dipengaruhi oleh keseimbangan antara gas karbon dioksida (CO₂) dan ion bikarbonat (HCO₃⁻) dalam darah. Pada umumnya, peningkatan ventilasi (pernapasan yang lebih cepat) dapat mengakibatkan pengurangan kadar CO₂ dalam darah.

Ketika seseorang bernapas lebih cepat (seperti pada panting), mereka mengeluarkan lebih banyak CO₂ dari paru-paru. CO₂ adalah asam yang dapat membentuk asam karbonat (H₂CO₃) dalam darah. Dengan mengurangi kadar CO₂, kita mengurangi pembentukan asam karbonat dan mengarahkan keseimbangan pH ke sisi yang lebih basa atau tinggi.


Iklan

Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sel darah merah yang rusak akan dihancurkan oleh ... di dalam hati dan limpa. Hemoglobin yang terkandung dalam sel darah merah dipecah menjadi ... , ... , dan ... . Zat besi selanjutnya dibawa menuju sumsum merah tulang untuk digunakan membentuk .... Globin dipecah menjadi asam amino untuk digunakan dalam pembentukan protein lain. Sedangkan hemin diubah menjadi zat warna hijau yang disebut ...... Biliverdin kemudian diubah menjadi bilirubin yang merupakan zat warna kuning oranye. Bilirubin selanjutnya dikeluarkan bersama .... Getah empedu dikeluarkan ke usus dua belas jari, kemudian menuju .... Di dalam usus besar bilirubin diubah menjadi .... Urobilinogen diubah menjadi urobilin sebagai pewarna kuning pada urine dan sterkobilin sebagai pigmen cokelat pada feses.

8

0.0

Jawaban terverifikasi