Adha W

16 April 2024 04:52

Iklan

Iklan

Adha W

16 April 2024 04:52

Pertanyaan

Pada pembakaran 10 gr senyawa hidrokarbon, CxHy, menghasilkan 22 gr gas CO 2 . Hitung perbandingan massa C dan H dalam senyawa tersebut! mohon sekarang yaa butuh banget soalnya, terimakasih!

Pada pembakaran 10 gr senyawa hidrokarbon, CxHy, menghasilkan 22 gr gas CO2. Hitung perbandingan massa C dan H dalam senyawa tersebut! 

mohon sekarang yaa butuh banget soalnya, terimakasih!


7

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Juni 2024 03:02

Jawaban terverifikasi

Perbandingan massa C dan H dalam senyawa hidrokarbon CxHy Langkah-langkah: * Hitung massa C dalam CO2. Massa C dalam CO2 dapat dihitung dengan rumus: Massa C = Massa CO2 * % C dalam CO2 Di mana: * Massa CO2 = 22 g * % C dalam CO2 = 27,27% (dari rumus CO2) Maka: Massa C = 22 g * 0,2727 = 6 g * Hitung massa H dalam senyawa hidrokarbon. Massa H dalam senyawa hidrokarbon dapat dihitung dengan rumus: Massa H = Massa senyawa hidrokarbon - Massa C Di mana: * Massa senyawa hidrokarbon = 10 g * Massa C = 6 g Maka: Massa H = 10 g - 6 g = 4 g * Hitung perbandingan massa C dan H. Perbandingan massa C dan H dapat dihitung dengan rumus: Perbandingan massa C dan H = Massa C / Massa H Maka: Perbandingan massa C dan H = 6 g / 4 g = 3 : 2 Kesimpulan: Perbandingan massa C dan H dalam senyawa hidrokarbon CxHy adalah 3 : 2. Catatan: * Perhitungan ini mengasumsikan bahwa senyawa hidrokarbon hanya terdiri dari C dan H. * Jika senyawa hidrokarbon mengandung unsur lain, seperti O, maka perhitungannya akan lebih rumit. Penjelasan: * Pada pembakaran senyawa hidrokarbon, C dalam senyawa hidrokarbon diubah menjadi CO2. * H dalam senyawa hidrokarbon diubah menjadi H2O. * Massa CO2 dapat diukur dengan cara menimbangnya setelah pembakaran. * Massa H2O dapat diukur dengan cara mengumpulkan dan mengukurnya. * Dengan mengetahui massa CO2 dan H2O, dapat dihitung massa C dan H dalam senyawa hidrokarbon. * Perbandingan massa C dan H dapat dihitung dengan membagi massa C dengan massa H. Jawaban: Perbandingan massa C dan H dalam senyawa hidrokarbon CxHy adalah 3 : 2.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Indonesia terus melakukan upaya pemanfaatan sumber energi terbarukan untuk mengurangi impor bahan bakar minyak (BBM), salah satunya meluncurkan program bioetanol tebu untuk ketahanan energi. Bahan bakar E10 dapat mengurangi emisi CO 2 yang mengandung etanol dan oktana dibakar, seperti pada reaksi berikut C 2 H 5 OH + O 2 → CO 2 + H 2 O C 8 H 18 + O 2 → CO 2 + H 2 O Jika 1 gram etanol dan 9 gram oktana di bakar, massa CO 2 yang dihasilkan diukur pada suhu 25 0 C, 1 atm adalah

7

0.0

Jawaban terverifikasi