Lalana L

08 Desember 2023 09:32

Iklan

Iklan

Lalana L

08 Desember 2023 09:32

Pertanyaan

Pada pagi tanggal 7 Desember 1941, pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbor, Hawaii, diserang secara mendadak oleh Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. Coba jelaskan faktor yang mendorong Jepang memutuskan untuk menyerang Pearl Harbor, dan bagaimana respon Amerika atas serangan mendadak tersebut?


25

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

08 Desember 2023 09:42

Jawaban terverifikasi

Topik yang ditanyakan adalah sejarah, khususnya peristiwa penyerangan Pearl Harbor oleh Jepang pada tahun 1941. Konsep yang perlu dipahami adalah faktor-faktor yang mendorong Jepang untuk menyerang dan respon Amerika atas serangan tersebut. Penjelasan: 1. Faktor yang mendorong Jepang untuk menyerang Pearl Harbor adalah karena Jepang ingin menghancurkan armada Pasifik Amerika Serikat yang menjadi penghalang ekspansi militer Jepang di Asia Tenggara. Jepang juga berharap serangan mendadak ini akan membuat Amerika Serikat menyerah dan tidak ikut campur dalam perang Asia Timur Raya. 2. Respon Amerika atas serangan ini sangat tegas. Serangan Pearl Harbor menjadi titik balik dalam Perang Dunia II karena Amerika Serikat yang sebelumnya memilih netral, memutuskan untuk masuk dan berperang melawan Poros, khususnya Jepang. Presiden Franklin D. Roosevelt menyatakan bahwa tanggal 7 Desember 1941 adalah "tanggal yang akan tinggal dalam infamia" dan Kongres Amerika Serikat segera mendeklarasikan perang terhadap Jepang. Kesimpulan: Faktor yang mendorong Jepang menyerang Pearl Harbor adalah untuk menghancurkan armada Pasifik Amerika Serikat dan berharap Amerika Serikat akan menyerah. Namun, serangan ini justru memicu Amerika Serikat untuk ikut serta dalam Perang Dunia II dan berperang melawan Jepang.


Iklan

Iklan

Dela A

Community

08 Desember 2023 12:41

Jawaban terverifikasi

Jawaban untuk pertanyaan pertama yaitu : Faktor pendorong Jepang memutuskan untuk menyerang Pearl Harbor adalah dimaksudkan sebagai langkah antisipasi Jepang untuk mencegah armada Pasifik Amerika Serikat melakukan tindakan militer terhadap Kekaisaran Jepang. Pihak Jepang tak mau jika Amerika Serikat terlalu mengintervensi aksinya dalam peperangan di Asia Pasifik. Dan guna melancarkan tujuan menguasai Asia Timur Raya, Jepang hendak melemahkan kekuatan militer Amerika Serikat di Asia Pasifik dengan cara menghancurkan pangkalan militer di Pearl Harbor. Faktor lainnya yaitu untuk mencegah Amerika ikut campur dalam konflik yang terjadi lebih dari 3.000 mil di seluruh Pasifik. Jawaban untuk soal no 2, respon Amerika atas serangan di Pearl Harbor menyeret Amerika Serikat ke pusaran Perang Dunia II. Dan, seperti sumpah Franklin Delano Roosevelt, Amerika Serikat keluar sebagai pemenang. Dua bom atom, Little Boy dan Fat Boy menghancurkan kota Hiroshima dan Nagasaki.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah benar NIBKD dan MBKS dibentuk guna menghadapi kekuatan Belanda? Jelaskan!

446

5.0

Jawaban terverifikasi