Indah P

06 April 2022 02:11

Iklan

Iklan

Indah P

06 April 2022 02:11

Pertanyaan

Pada masa pemerintahan Sultan Alauddin Riayat Syah al-Kahar, Kerajaan Aceh Darussalam berupaya menaklukkan kekuatan Portugis di Malaka. Apa saja upaya yang dilakukan Sultan Alauddin Riayat Syah al-Kahar?


9

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Bella

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

11 Agustus 2022 02:19

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang tepat terkait upaya yang dilakukan Sultan Alauddin Riayat Syah al-Kahar adalah dengan melakukan penyerangan terhadap Portugis. Daerah yang menerima budaya Islam pertama di Nusantara adalah Aceh. Konon kerjaan Perlak yang bercorak Islam berdiri di abad ke 9 Masehi, kemudian disusul dengan kerajaan Samudra Pasai yang berdiri di abad ke 13 Masehi, sedangkan kesultanan Aceh Darussalam berdiri diabad ke 15 Masehi diatas reruntuhan kerajaan Lamuri yang dipimpin Sultan Muzaffar Syah tahun 1465 hingga 1497 Masehi. Bangsa Eropa yang melakukan penjelajahan pertama untuk mencari rempah-rempah di Nusantara adalah bangsa portugis, yang memi9liki misi untuk merebut hegemoni perdagangan rempah di kawasan jalur Selat Malaka. Bangsa Portugis sempat menjalin hubungan dengan Aceh, tetap Aceh bersifat ekspansionis yaitu ingin melakukan perluasan wilayah kekuasaaan di Semenanjung Melayu, sedangkan kedatangan bangsa Portugis dianggap sebagai pengahalang dan ancaman kedaulatan dan misi kesultanan Aceh Darussalam. Alauddin Ri’ayat Syah al-Kahhar melakukan penyerangan terhadap bangsa Portugis di tahun 1537 hingga 1568 Masehi, dimasa pemerintahan beliau mampu menaklukan Aru dan Johor dengan bantuan senjata dinasti Otoman. Serangan dari Sultan Alauddin Ri’ayat Syah al-Kahhar ini dapat memperlemah basis kekuatan Portugis di Nusantara, yang di kemudian hari akan terusir oleh Belanda. Jadi, upaya yang dilakukan Sultan Alauddin Riayat Syah al-Kahar adalah dengan melakukan penyerangan terhadap Portugis.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi