Rahmat S

01 Mei 2022 03:38

Iklan

Iklan

Rahmat S

01 Mei 2022 03:38

Pertanyaan

Pada 3 November 1945, Moh . Hatta menandatangani sebuah maklumat politik. Tujuan dikeluarkannya maklumat tersebut adalah menunjukkan bahwa Indonesia merupakan sebuah negara demokrasi. Di sisi lain, maklumat pemerintah tersebut membawa dampak bagi pemerintahan di Indonesia, yaitu . . . . A. kehidupan politik semakin tidak menentu B. terjadinya persaingan antar partai dalam kampanye politik C. partai-partai politik hanya mementingkn kepentingan golongannya D. munculnya partai-partai yang mengganggu stabilitas politik nasional E. terjadinya instabilitas ekonomi yang mengakibatkan goyahnya pemerintahan


468

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Ramadhan

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

03 Agustus 2022 07:14

Jawaban terverifikasi

Maklumat pemerintah tersebut membawa dampak bagi pemerintahan di Indonesia, yaitu munculnya partai-partai yang mengganggu stabilitas politik nasional. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut. Sistem multi partai di Indonesia diawali dengan maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945, setelah mempertimbangkan usulan dari Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat. Pemerintah pada awal pendirian partai-partai politik menyatakan bahwa pembentukan partai-partai politik dan organisasi politik bertujuan untuk memperkuat perjuangan revolusi. Setelah dikeluarkannya maklumat ini pun membuat banyak berdirinya berbagai partai politik di Indonesia. Munculnya partai-partai politik ini pun pada akhirnya mengganggu stabilitas politik nasional seperti yang terjadi di masa demokrasi liberal. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D. Semoga membantu.


Iklan

Iklan

Suja H

04 April 2023 02:37

Tujuan dikeluarkannya maklumat tersebut menujukkan bahwa Indonesia merupakan Negara demokrasi dan mengakibatkan munculnya….


Suja H

04 April 2023 02:37

Tujuan dikeluarkannya maklumat tersebut menujukkan bahwa Indonesia merupakan Negara demokrasi dan mengakibatkan munculnya….


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi