Rahmat S

07 April 2022 07:22

Iklan

Iklan

Rahmat S

07 April 2022 07:22

Pertanyaan

Pada 1908, mulailah berdiri dan berkembang organisasi-organisasi yang modern di Indonesia. Berikut ini yang menjadi organisasi yang pertama kali terbentuk, yaitu . . . . a. Indische Partij b. Partai Nasional Indonesia (PNI) c. Budi Utomo d. Sarekat Islam e. Partai Indonesia Raya (Parindra)


6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Halimah

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

08 April 2022 06:58

Jawaban terverifikasi

Hai Rahmat S, kakak bantu jawab ya. Jawaban yang tepat adalah yang c. Budi Utomo. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut. Organisasi pergerakan nasional yang pertama kali berdiri adalah Budi Utomo. Organisasi ini diprakarsai oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo, beliau adalah seorang bangsawan dan juga cendikiawan Jawa yang banyak bergaul dengan orang biasa. Dr. Wahidin Sudirohusodo sering berkeliling ke pelosok-pelosok desa dan kampung untuk melihat kondisi rakyat Indonesia di bawah penjajahan. Saat itu beliau sadar bahwa banyak rakyat Indonesia yang cerdas akan tetapi tidak mampu untuk bersekolah. Selanjutnya Dr. Wahidin Sudirohusodo medirikan dana Pelajar (beasiswa sekolah untuk anak pribumi yang kurang mampu) dan meminta dukungan pada bangsawan lain. Ide beliau akhirnya disambut baik oleh para mahasiswa STOVIA, yaitu Dr. Soetomo, Gunawan Mangunkusumo dan Soeradji. Pada perkembangannya Dr. Wahidin Sudirohusodo bersama mahasiswa STOVIA mendirikan Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Pasca Budi Utomo berdiri banyak pemuda yang mendirikan organisasi pergerakan nasional karena terinspirasi dari gerakan Budi Utomo. Sehingga tahun berdirinya Budi Utomo dianggap sebagai tonggak awal masa kebangkitan nasional di Indonesia. Semoga membantu yaa :))


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi