Cat C

19 November 2021 07:02

Iklan

Iklan

Cat C

19 November 2021 07:02

Pertanyaan

Orang-orang yang lewat menyebutku tampan. Ah, benarkah. Aku bahkan tidak menyadarinya. Aku terdiam lagi, mendengarkan gemericik pancuran air kolam, Sifat tokoh Wiz dalam kutipan teks tersebut adalah..... mengamati bunga teratai merah muda yang perlahan mekar, meninggalkan masa kuncupnya. Bunga mawar merah muda, bunga lily, anyelir, bunga kertas di tepi kolam juga ikut mekar. Rumput yang hijau berembun dan pohon-pohon rindang yang meneteskan embun di ujung-ujung daunnya terlihat segar. Indah sekali mereka. aku baru menyadarinya. 15. Struktur kutipan teks tersebut merupakan bagian.... A orientasi B. komplikasi C. resolusi D. koda


24

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Rahmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

22 November 2021 04:47

Jawaban terverifikasi

Halo Neyra L. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, kakak bantu jawab ya. Jawaban soal ini adalah pilihan A. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, berikut adalah pembahasannya. Teks tersebut termasuk ke dalam teks cerpen. Cerpen merupakan karya sastra berbentuk narasi berisi potret kehidupan sehari-hari yang lebih menekankan pada penggunaan kata-kata. Isinya bukan hanya kisah imajinatif, tetapi juga berisi nilai-nilai yang terdapat dalam kehidupan. Berikut adalah struktur teks cerita fantasi. 1. Orientasi: bagian awal yang berisi pengenalan, baik latar, tokoh, atau watak dari tokoh tersebut. 2. Pengungkapan peristiwa: mengungkapkan peristiwa atau kejadian awal yang menimbulkan berbagai masalah, pertentangan, atau kesukaran yang menghadang tokoh. 3. Komplikasi: bagian ini merupakan bagian awal munculnya masalah/konflik pada tokoh. Pada bagian ini, berisi urutan kejadian yang bersifat sebab akibat. Masalah tersebut kemudian meningkat menjadi lebih serius sampai pada titik puncak yang disebut dengan klimaks. 4. Evaluasi: bagian yang mengarah ke pemecahan masalah. Bagian ini merupakan bagian di mana menurunnya konflik yang muncul. 5. Resolusi: bagian ini merupakan akhir cerita yang ditandai dengan munculnya solusi atas masalah-masalah yang muncul. 6. Koda: bagian yang berisi pernyataan-pernyataan pengarang tentang nilai-nilai yang muncul dalam cerita. Kutipan teks tersebut merupakan bagian orientasi sebab berisi pengenalan awal dalam cerita, dalam teks tersebut pengenalan yang dimaksudkan adalah pengenalan latar. Pengenalan latar dalam teks tersebut salah satunya terdapat pada kalimat "Bunga mawar merah muda, bunga lily, anyelir, bunga kertas di tepi kolam juga ikut mekar." Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut! Puputan Upacara puputan atau dhautan bagi masyarakat Jawa merupakan upacara yang dilakukan dalam rangkaian upacara kelahiran seorang anak. Upacara ini dilaksanakan pada sore hari ketika tali pusar si bayi telah putus atau lepas (puput atau dhaut berarti lepas). Waktu yang diperlukan untuk penyelenggaraan puputan tidak dapat ditentukan secara pasti Hal ini bergantung kepada lama tidaknya tali pusar si bayi lepas dengan sendirinya. Tali pusar si bayi dapat putus sebelum seminggu bahkan lebih dari seminggu sejak kelahiran. Keluarga si bayi harus siap mengadakan upacara puputan jika sewaktu- waktu tali pusar tersebut putus. Upacara ini diselenggarakan dengan mengadakan kenduri atau selamatan yang dihadiri oleh kerabat dan tetangga terdekat. Sesajian (makanan) yang disediakan dalam upacara puputan, antara lain nasi gudangan yang terdiri atas nasi dengan lauk-pauk, sayur-mayur dan parutan kelapa, bubur merah, bubur putih, dan jajan pasar. Upacara puputan biasanya ditandai dengan dipasangnya sawuran (bawang merah, dlingo bengle yang dimasukkan ke ketupat), dan aneka macam duri kemarung di sudut- sudut kamar bayi. Selain sawuran dipasang juga daun nanas yang diberi warna hitam putih (bergaris-garis), daun apa-apa, awar-awar, girang, dan duri kemarung. Di halaman rumah dipasang tumbak sewu, yaitu sapu lidi yang didirikan dengan tegak. Di tempat tidur si bayi diletakkan benda-benda tajam seperti pisau dan gunting. Dalam upacara puputan dhautan terdapat makna atau lambang atau yang tersirat dalam makanan dan alat yang digunakan tersebut. Sumber: Maryani, Indonesia nan Indah: Upacara Adat, Semarang. Alprin, 2019 Buatlah rangkuman isi kutipan buku nonfiksi tersebut!

344

0.0

Jawaban terverifikasi