Najla A

24 Mei 2024 02:36

Iklan

Iklan

Najla A

24 Mei 2024 02:36

Pertanyaan

Nama IUPEC untuk senyawa CH3-CH(C2H5)-CH(CH3)-CH(C2H5)-CH2-CH3 adalah

Nama IUPEC untuk senyawa CH3-CH(C2H5)-CH(CH3)-CH(C2H5)-CH2-CH3 adalah


6

2


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

24 Mei 2024 03:10

Penjelasan: Untuk menentukan nama IUPEC (International Union of Pure and Applied Chemistry) dari senyawa CH3-CH5)-CH(CH3)-CH(C2H5)-CH2-CH, kita perlu mengikuti langkah-langkah berikut: 1. Identifikasi rantai utama: Cari rantai karbon terpanjang dalam molekul. Dalam hal ini, terdapat 6 atom karbon yang membentuk rantai utama, sehingga kita memiliki heksana sebagai nama rantai utama. 2. Identifikasi substituen: Cari gugus-gugus yang terikat pada rantai utama. Dalam senyawa ini, terdapat dua substituen, yaitu gugus metil (CH3) dan gugus etil (C2H5). Gugus metil terikat pada atom karbon ke-2 dan ke-3 dalam rantai utama, sedangkan gugus etil terikat pada atom karbon ke-4 dalam rantai utama. 3. Penomoran atom karbon: Mulai dari salah satu ujung rantai utama, beri nomor pada setiap atom karbon dalam rantai utama. Dalam hal ini, kita mulai dari ujung kiri dan beri nomor 1 pada atom karbon tersebut. 4. Penentuan posisi substituen: Gunakan angka untuk menunjukkan posisi substituen pada rantai utama. Dalam hal ini, gugus metil berada pada posisi 2 dan 3, sedangkan gugus etil berada pada posisi 4. 5. Penulisan nama: Tulis nama substituen dalam urutan abjad, diikuti dengan nama rantai utama. Gunakan tanda hubung (-) untuk memisahkan angka dan nama. Dalam hal ini, kita memiliki 2,3-dimetilheksana. Jadi, nama IUPEC untuk senyawa CH3-CH5)-CH(CH3)-CH(C2H5)-CH2-CH adalah 2,3-dimetilheksana.


Iklan

Iklan

Dea K

25 Mei 2024 01:02

<p>Nama IUPAC untuk senyawa <strong>CH₃-CH(C₂H₅)-CH(CH₃)-CH(C₂H₅)-CH₂-CH₃</strong> adalah <strong>2,3-dietilheksana</strong>.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Tentukan Rantai Utama</strong>: Rantai utama adalah rantai karbon terpanjang dalam molekul. Dalam senyawa ini, kita memiliki rantai utama yang terdiri dari <strong>6 atom karbon</strong>.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Identifikasi Substituen</strong>: Substituen adalah gugus-gugus yang terikat pada rantai utama. Di sini, kita memiliki dua gugus <strong>etil (C₂H₅)</strong> yang terikat pada atom karbon nomor <strong>2</strong> dan <strong>3</strong> dalam rantai utama.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Penomoran</strong>: Mulai dari salah satu ujung rantai utama, kita beri nomor pada setiap atom karbon. Kita ingin mengatur gugus etil pada posisi yang lebih rendah, jadi kita mulai dari ujung yang lebih dekat dengan gugus etil pertama. Jadi, kita memiliki:</p><ul><li>Atom karbon nomor <strong>1</strong>: CH₃-</li><li>Atom karbon nomor <strong>2</strong>: CH(C₂H₅)-</li><li>Atom karbon nomor <strong>3</strong>: CH(CH₃)-</li><li>Atom karbon nomor <strong>4</strong>: CH(C₂H₅)-</li><li>Atom karbon nomor <strong>5</strong>: CH₂-</li><li>Atom karbon nomor <strong>6</strong>: CH₃-</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>Nama</strong>: Kombinasikan semua informasi di atas untuk memberikan nama IUPAC:</p><ul><li>Rantai utama: <strong>heksana</strong> (6 atom karbon).</li><li>Substituen: <strong>di-etil</strong> (gugus etil pada atom karbon nomor 2 dan 3).</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Jadi, nama IUPAC untuk senyawa ini adalah <strong>2,3-dietilheksana</strong>.</p>

Nama IUPAC untuk senyawa CH₃-CH(C₂H₅)-CH(CH₃)-CH(C₂H₅)-CH₂-CH₃ adalah 2,3-dietilheksana.

 

Tentukan Rantai Utama: Rantai utama adalah rantai karbon terpanjang dalam molekul. Dalam senyawa ini, kita memiliki rantai utama yang terdiri dari 6 atom karbon.

 

Identifikasi Substituen: Substituen adalah gugus-gugus yang terikat pada rantai utama. Di sini, kita memiliki dua gugus etil (C₂H₅) yang terikat pada atom karbon nomor 2 dan 3 dalam rantai utama.

 

Penomoran: Mulai dari salah satu ujung rantai utama, kita beri nomor pada setiap atom karbon. Kita ingin mengatur gugus etil pada posisi yang lebih rendah, jadi kita mulai dari ujung yang lebih dekat dengan gugus etil pertama. Jadi, kita memiliki:

  • Atom karbon nomor 1: CH₃-
  • Atom karbon nomor 2: CH(C₂H₅)-
  • Atom karbon nomor 3: CH(CH₃)-
  • Atom karbon nomor 4: CH(C₂H₅)-
  • Atom karbon nomor 5: CH₂-
  • Atom karbon nomor 6: CH₃-

 

Nama: Kombinasikan semua informasi di atas untuk memberikan nama IUPAC:

  • Rantai utama: heksana (6 atom karbon).
  • Substituen: di-etil (gugus etil pada atom karbon nomor 2 dan 3).

 

Jadi, nama IUPAC untuk senyawa ini adalah 2,3-dietilheksana.


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada reproduksi virus siklus lisogenik tahapan yang tidak ada seperti pada litik adalah a.Adsorbsi b.Penetrasi c.Lisis dan sintesis d.Penggabungan DNA virus dan DNA inang e.Penggandaan DNA

9

5.0

Jawaban terverifikasi