Ninaaashnn N

19 Maret 2024 04:20

Iklan

Ninaaashnn N

19 Maret 2024 04:20

Pertanyaan

Mutagen yang berupa 5-Bromourasil dapat menyebabkan kromosom mengalami mutasi karena ….

Mutagen yang berupa 5-Bromourasil dapat menyebabkan kromosom mengalami mutasi karena …. 

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

14

:

05

:

58

Klaim

1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Salsabila M

Community

19 Maret 2024 08:23

Jawaban terverifikasi

<p>Mutagen seperti 5-Bromourasil dapat menyebabkan mutasi kromosom karena kemampuannya untuk mengubah struktur DNA. 5-Bromourasil adalah salah satu contoh dari zat kimia yang dapat berperan sebagai mutagen. Sebagai analog dari basa nitrogen urasil, 5-Bromourasil memiliki struktur yang mirip dengan urasil tetapi dengan adanya gugus bromin di posisi 5. Ketika terjadi substitusi 5-Bromourasil dengan urasil dalam DNA, hal ini dapat menyebabkan beberapa efek yang berpotensi merusak struktur DNA dan mengakibatkan perubahan genetik.</p><p>Salah satu efek utama 5-Bromourasil adalah kemampuannya untuk berpindah-pindah dalam urutan basa DNA selama proses replikasi atau transkripsi. Gugus bromin pada 5-Bromourasil dapat berakibat pada pasangan basa yang tidak sesuai, sehingga menyebabkan kesalahan dalam penempelan basa selama sintesis DNA atau RNA. Hal ini dapat menghasilkan perubahan pada urutan genetik yang berpotensi menghasilkan mutasi kromosom. Mutasi semacam ini, jika tidak diperbaiki dengan benar oleh mekanisme perbaikan DNA, dapat mengakibatkan perubahan pada gen tertentu yang berujung pada berbagai efek, termasuk perkembangan penyakit genetik atau kanker.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Mutagen seperti 5-Bromourasil dapat menyebabkan mutasi kromosom karena kemampuannya untuk mengubah struktur DNA. 5-Bromourasil adalah salah satu contoh dari zat kimia yang dapat berperan sebagai mutagen. Sebagai analog dari basa nitrogen urasil, 5-Bromourasil memiliki struktur yang mirip dengan urasil tetapi dengan adanya gugus bromin di posisi 5. Ketika terjadi substitusi 5-Bromourasil dengan urasil dalam DNA, hal ini dapat menyebabkan beberapa efek yang berpotensi merusak struktur DNA dan mengakibatkan perubahan genetik.

Salah satu efek utama 5-Bromourasil adalah kemampuannya untuk berpindah-pindah dalam urutan basa DNA selama proses replikasi atau transkripsi. Gugus bromin pada 5-Bromourasil dapat berakibat pada pasangan basa yang tidak sesuai, sehingga menyebabkan kesalahan dalam penempelan basa selama sintesis DNA atau RNA. Hal ini dapat menghasilkan perubahan pada urutan genetik yang berpotensi menghasilkan mutasi kromosom. Mutasi semacam ini, jika tidak diperbaiki dengan benar oleh mekanisme perbaikan DNA, dapat mengakibatkan perubahan pada gen tertentu yang berujung pada berbagai efek, termasuk perkembangan penyakit genetik atau kanker.

 

 

 

 


 


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan