Rahmat S

23 Desember 2021 08:17

Iklan

Iklan

Rahmat S

23 Desember 2021 08:17

Pertanyaan

Munculnya masyarakat terdidik atau mulai memiliki pemahaman dan kesadaran akan kondisi bangsa Indonesia yang sebenarnya adalah dampak positif dari program yaitu ....


9

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

G. Fitri

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

28 Oktober 2022 05:25

Jawaban terverifikasi

<p>Munculnya masyarakat terdidik atau mulai memiliki pemahaman dan kesadaran akan kondisi bangsa Indonesia yang sebenarnya adalah dampak positif dari program Edukasi dari Politik Balas Budi/ Politik Etis.</p><p>&nbsp;</p><p>Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.</p><p>&nbsp;</p><p>Politik Balas Budi ialah merupakan salah satu kebijakan dari pemerintah kolonial Belanda yang tujuannya ialah membalas segala jasa yang telah diberikan oleh bangsa Indonesia kepada negeranya. Seringkali disebut juga dengan Politik Etis. Penderitaan rakyat saat itu membuat para kaum etis termasuk van Deventer mengkritik keras pemerintahan Hindia Belanda. Ia mengatakan pemerintah Belanda harus melakukan sesuatu demi kesejahteraan kaum pribumi. Lalu Ratu Wilhelmina dalam pidatonya pada tahun 1901 dengan tegas menyatakan pemerintah kolonial mempunyai panggilan moral untuk pribumi di Hindia Belanda.</p><p>&nbsp;</p><p>Pelaksanaan dari Politik Etis ini meliputi Irigasi, Migrasi, dan Edukasi yang nantinya disebut dengan Trias van Deventer. Untuk Edukasi, dimana program ini bertujuan untuk memajukan kualitas hidup pribumi melalui pendidikan. Program ini banyak memberikan pengaruh kepada pribumi, karena pada saat itu sudah banyak golongan terpelajar atau intelektual. Dengan adanya pendidikan mereka mendapat pengetahuan mengenai kebangsaan dan pada akhirnya memiliki kesadaran untuk bangkit dari segala keterpurukan&nbsp; dalam satu nama bangsa yakni Indonesia.</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, munculnya masyarakat terdidik atau mulai memiliki pemahaman dan kesadaran akan kondisi bangsa Indonesia yang sebenarnya adalah dampak positif dari program Edukasi dari Politik Balas Budi/ Politik Etis.</p><p>&nbsp;</p><p>Semoga membantu ya ๐Ÿ˜Š</p>

Munculnya masyarakat terdidik atau mulai memiliki pemahaman dan kesadaran akan kondisi bangsa Indonesia yang sebenarnya adalah dampak positif dari program Edukasi dari Politik Balas Budi/ Politik Etis.

 

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

 

Politik Balas Budi ialah merupakan salah satu kebijakan dari pemerintah kolonial Belanda yang tujuannya ialah membalas segala jasa yang telah diberikan oleh bangsa Indonesia kepada negeranya. Seringkali disebut juga dengan Politik Etis. Penderitaan rakyat saat itu membuat para kaum etis termasuk van Deventer mengkritik keras pemerintahan Hindia Belanda. Ia mengatakan pemerintah Belanda harus melakukan sesuatu demi kesejahteraan kaum pribumi. Lalu Ratu Wilhelmina dalam pidatonya pada tahun 1901 dengan tegas menyatakan pemerintah kolonial mempunyai panggilan moral untuk pribumi di Hindia Belanda.

 

Pelaksanaan dari Politik Etis ini meliputi Irigasi, Migrasi, dan Edukasi yang nantinya disebut dengan Trias van Deventer. Untuk Edukasi, dimana program ini bertujuan untuk memajukan kualitas hidup pribumi melalui pendidikan. Program ini banyak memberikan pengaruh kepada pribumi, karena pada saat itu sudah banyak golongan terpelajar atau intelektual. Dengan adanya pendidikan mereka mendapat pengetahuan mengenai kebangsaan dan pada akhirnya memiliki kesadaran untuk bangkit dari segala keterpurukan  dalam satu nama bangsa yakni Indonesia.

 

Dengan demikian, munculnya masyarakat terdidik atau mulai memiliki pemahaman dan kesadaran akan kondisi bangsa Indonesia yang sebenarnya adalah dampak positif dari program Edukasi dari Politik Balas Budi/ Politik Etis.

 

Semoga membantu ya ๐Ÿ˜Š


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah benar NIBKD dan MBKS dibentuk guna menghadapi kekuatan Belanda? Jelaskan!

322

5.0

Jawaban terverifikasi