A.Bunga A

26 Januari 2023 12:56

Iklan

Iklan

A.Bunga A

26 Januari 2023 12:56

Pertanyaan

Mohon bantuannya

Mohon bantuannya

alt

10

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

T. Tami

08 Februari 2023 11:16

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah sebagai berikut.</p><p>&nbsp;</p><ol><li>Menurut Lamarck, sebelum revolusi industri semua populasi <i>Biston betularia</i> berwarna terang. Terjadinya revolusi industri menyebabkan populasi tersebut terpapar asap dan polutan sehingga lama-kelamaan berubah menjadi populasi <i>Biston betularia</i> berwarna gelap.</li><li>Menurut Darwin, sebelum revolusi industri ada dua jenis populasi <i>Biston betularia</i>, yaitu yang berwarna cerah dan berwarna gelap. Keduanya mampu bertahan hidup. Ketika terjadi revolusi industri, banyak pencemaran udara yang disebabkan oleh polutan dan asap hasil kegiatan industri. Hal ini menyebabkan populasi <i>Biston betularia</i> berwarna cerah lebih mudah terlihat oleh predator, sedangkan <i>Biston betularia</i> berwarna gelap mampu berkamuflase dan menyatu dengan lingkungan sehingga tidak mudah terlihat oleh predator dan mampu bertahan hidup. Oleh karena itu, setelah revolusi industri ada dominasi <i>Biston betularia </i>berwarna gelap.</li><li>Menurut Weismann, perbedaan jumlah populasi <i>Biston betularia</i> berwarna cerah dan berwarna gelap sebelum serta sesudah revolusi industri disebabkan oleh pewarisan sifat secara genetik yang dilakukan oleh gen pembawa sifat "cerah" dan "gelap".</li></ol><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, ketiga tokoh tersebut mempunyai pandangannya masing-masing berkaitan dengan fenomena <i>Biston betularia </i>sebelum dan sesudah revolusi industri di Inggris.</p>

Jawaban yang benar adalah sebagai berikut.

 

  1. Menurut Lamarck, sebelum revolusi industri semua populasi Biston betularia berwarna terang. Terjadinya revolusi industri menyebabkan populasi tersebut terpapar asap dan polutan sehingga lama-kelamaan berubah menjadi populasi Biston betularia berwarna gelap.
  2. Menurut Darwin, sebelum revolusi industri ada dua jenis populasi Biston betularia, yaitu yang berwarna cerah dan berwarna gelap. Keduanya mampu bertahan hidup. Ketika terjadi revolusi industri, banyak pencemaran udara yang disebabkan oleh polutan dan asap hasil kegiatan industri. Hal ini menyebabkan populasi Biston betularia berwarna cerah lebih mudah terlihat oleh predator, sedangkan Biston betularia berwarna gelap mampu berkamuflase dan menyatu dengan lingkungan sehingga tidak mudah terlihat oleh predator dan mampu bertahan hidup. Oleh karena itu, setelah revolusi industri ada dominasi Biston betularia berwarna gelap.
  3. Menurut Weismann, perbedaan jumlah populasi Biston betularia berwarna cerah dan berwarna gelap sebelum serta sesudah revolusi industri disebabkan oleh pewarisan sifat secara genetik yang dilakukan oleh gen pembawa sifat "cerah" dan "gelap".

 

Dengan demikian, ketiga tokoh tersebut mempunyai pandangannya masing-masing berkaitan dengan fenomena Biston betularia sebelum dan sesudah revolusi industri di Inggris.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pada saat pelajaran olahraga, pak guru meminta siswa untuk bermain pemanasan senam, gerakan yang dilakukan adalah merentangkan tangan untuk merapikan barisan dan untuk mengatur jaraknya dengan siswa sebelahnya. setelah barisan dan jarak sudah sesuai, siswa kembali menurunkan tangannya. gerakan tersebut adalah cerminan dari gerakan…

111

2.0

Jawaban terverifikasi