Clariska D

23 Februari 2024 14:56

Iklan

Iklan

Clariska D

23 Februari 2024 14:56

Pertanyaan

Mohon bantuannya πŸ™πŸ»πŸ™πŸ» Efek Doppler adalah efek berubahnya frekuensi yang terdengar oleh pendengar karena gerak sumber bunyi atau pendengar fp = frekuensi yang didengar oleh pendengar (Hz) fs = frekuensi sumber bunyi (Hz) v = cepat rambat bunyi di udara (m/s) vp = kecepatan pendengar (m/s) vs =kecepatan sumber bunyi (m/s). Jika sumber bunyi mendekati pendengar maka pendengar akan menerima getaran yang lebih bnayak sehingga frekuensi bunyi lebih tinggi. Sebaliknya, jika sumber bunyi menjauhi pendengar, pendengar akan menerima getaran lebih sedikit sehingga frekuensi bunyi lebih rendah, tetapi frekuensi asal tidak berubah, pernyataan tersebut dapat dituliskan dalam persamaan ….

Mohon bantuannya πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

 

Efek Doppler adalah efek berubahnya frekuensi yang terdengar oleh pendengar karena gerak sumber bunyi atau pendengar fp = frekuensi yang didengar oleh pendengar (Hz) fs = frekuensi sumber bunyi (Hz) v = cepat rambat bunyi di udara (m/s) vp = kecepatan pendengar (m/s) vs =kecepatan sumber bunyi (m/s). Jika sumber bunyi mendekati pendengar maka pendengar akan menerima getaran yang lebih bnayak sehingga frekuensi bunyi lebih tinggi. Sebaliknya, jika sumber bunyi menjauhi pendengar, pendengar akan menerima getaran lebih sedikit sehingga frekuensi bunyi lebih rendah, tetapi frekuensi asal tidak berubah, pernyataan tersebut dapat dituliskan dalam persamaan ….

 


7

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Tjendana T

Community

24 Februari 2024 01:40

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Pembahasan&nbsp;</strong></p><p>f<sub>p</sub> = [(v Β± v<sub>p</sub>)/(v Β± v<sub>s</sub>)].f<sub>s</sub></p><p>&nbsp;</p><p>Ketentuan</p><p>v<sub>p</sub>:&nbsp;</p><ul><li><i>negatif</i> bila pendengar menjauhi sumber</li><li><i>positif</i> bila pendengar mendekati sumber</li></ul><p>&nbsp;</p><p>v<sub>s</sub>:</p><ul><li><i>negatif</i> bila sumber mendekati pendengar</li><li>positif bila sumber menjauhi pendengar</li></ul><p>&nbsp;</p>

Pembahasan 

fp = [(v Β± vp)/(v Β± vs)].fs

 

Ketentuan

vp

  • negatif bila pendengar menjauhi sumber
  • positif bila pendengar mendekati sumber

 

vs:

  • negatif bila sumber mendekati pendengar
  • positif bila sumber menjauhi pendengar

 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Suatu sumber bunyi bergerak relatif terhadap pendengar diam. Apabila cepat rambat bunyi di udara 340 m/s dan kecepatan sumber bunyi 10 m/s, perbandingan antara frekuensi yang diterima pendengar saat sumber bunyi menjauhi dan mendekati adalah

6

0.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah teks eksplanasi berikut ini! Pembentukan Pelangi Pelangi adalah fenomena alam berupa optik dan meteorologi yang memiliki warna-warni indah sejajar yang ada di langit. Pelangi terbentuk melalui proses pembelokan cahaya atau yang disebut dengan perbiasan. Proses pembiasan pada pelangi akan tertata secara struktur dan akan menghasilkan warna-warni indah pada pelang. Bagaimana proses terbentuknya pelangi? Pelangi akan terjadi apabila cahaya mengalami pembiasan ketika cahaya matahari terkena air hujan. Pelangi hanya dapat diihat pada saat hujan dan disertai cahaya matahari. Bahkan, posisi pengamat juga menentukan, yaitu di antara hujan dan sinar matahari, lalu snar matahari ada di belakang pengamat sehingga akan terjadi garis lurus antar matahari, pengamat, dan busur pelangi dan akan terbentuklah palangi dari hasil proses pembiasan tadi. Bagaimana warna-warni pelangi bisa terbentuk? Proses pembentukan warna pelangi berawal dari cahaya matahari. Cahaya matahari memiliki beberapa warna yang memiliki peran penting dalam pembentukan pelangi. Cahaya matahari tersebut dinamakan polikromatik. Cahaya yang akan ditangkap oleh kasat mata manusia ada tujuh warna, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu, yang akan muncul di langit yang disebut dengan cahaya tampak. Menurut ilmu fisika, cahaya tampak merupakan gelombang elektromagnetik yang terjadi akibat adanya medan magnet dan medan listrik. Cahaya tampak memiliki panjang yang berbeda-beda dimulai dari 4.000 A sampai 7.000 A dan tampak cahaya juga memiliki frekuensi 4,3x1.014 Hz. Mengapa urutan warna pelangi selalu sama? Nah, yang sekarang menjadi pertanyaan adalah mengapa warna merah dan ungu selalu ada di atas dan di bawah warna pelangi lainnya? Susunan warna ini disebabkan warna cahaya merah merupakan bagian dari spektrum cahaya tampak yang memiliki frekuensi paling rendah atau memiliki panjang gelombang paling panjang bila dibandingkan dengan cahaya tampak yang lainnya. Cahaya ungu memiliki frekuensi paling tinggi serta panjang gelombang paling pendek. Perbedaan frekuensi tersebut yang menyebabkan warna merah dan ungu tidak akan saling bertemu. Warna merah berada paling ujung pelangi dan warna ungu berada di paling bawah pelangi. Di antara warna merah dan ungu dikelilingi dengan warna, jingga, kuning, hijau, biru, nila sehingga warna pelangi akan menjadi sempurna. Pertanyaan: 1. Temukan sepuluh istilah yang digunakan dalam teks eksplanasi tersebut.

3

0.0

Jawaban terverifikasi