Clariska D

23 Februari 2024 14:56

Iklan

Clariska D

23 Februari 2024 14:56

Pertanyaan

Mohon bantuannya πŸ™πŸ»πŸ™πŸ» Efek Doppler adalah efek berubahnya frekuensi yang terdengar oleh pendengar karena gerak sumber bunyi atau pendengar fp = frekuensi yang didengar oleh pendengar (Hz) fs = frekuensi sumber bunyi (Hz) v = cepat rambat bunyi di udara (m/s) vp = kecepatan pendengar (m/s) vs =kecepatan sumber bunyi (m/s). Jika sumber bunyi mendekati pendengar maka pendengar akan menerima getaran yang lebih bnayak sehingga frekuensi bunyi lebih tinggi. Sebaliknya, jika sumber bunyi menjauhi pendengar, pendengar akan menerima getaran lebih sedikit sehingga frekuensi bunyi lebih rendah, tetapi frekuensi asal tidak berubah, pernyataan tersebut dapat dituliskan dalam persamaan ….

Mohon bantuannya πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

 

Efek Doppler adalah efek berubahnya frekuensi yang terdengar oleh pendengar karena gerak sumber bunyi atau pendengar fp = frekuensi yang didengar oleh pendengar (Hz) fs = frekuensi sumber bunyi (Hz) v = cepat rambat bunyi di udara (m/s) vp = kecepatan pendengar (m/s) vs =kecepatan sumber bunyi (m/s). Jika sumber bunyi mendekati pendengar maka pendengar akan menerima getaran yang lebih bnayak sehingga frekuensi bunyi lebih tinggi. Sebaliknya, jika sumber bunyi menjauhi pendengar, pendengar akan menerima getaran lebih sedikit sehingga frekuensi bunyi lebih rendah, tetapi frekuensi asal tidak berubah, pernyataan tersebut dapat dituliskan dalam persamaan ….

 

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

14

:

21

:

40

Klaim

7

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Tjendana T

Community

24 Februari 2024 01:40

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Pembahasan&nbsp;</strong></p><p>f<sub>p</sub> = [(v Β± v<sub>p</sub>)/(v Β± v<sub>s</sub>)].f<sub>s</sub></p><p>&nbsp;</p><p>Ketentuan</p><p>v<sub>p</sub>:&nbsp;</p><ul><li><i>negatif</i> bila pendengar menjauhi sumber</li><li><i>positif</i> bila pendengar mendekati sumber</li></ul><p>&nbsp;</p><p>v<sub>s</sub>:</p><ul><li><i>negatif</i> bila sumber mendekati pendengar</li><li>positif bila sumber menjauhi pendengar</li></ul><p>&nbsp;</p>

Pembahasan 

fp = [(v Β± vp)/(v Β± vs)].fs

 

Ketentuan

vp

  • negatif bila pendengar menjauhi sumber
  • positif bila pendengar mendekati sumber

 

vs:

  • negatif bila sumber mendekati pendengar
  • positif bila sumber menjauhi pendengar

 


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan