Niko N

04 Januari 2022 05:09

Iklan

Iklan

Niko N

04 Januari 2022 05:09

Pertanyaan

Misal diberikan himpunan A={1,2,6} dengan relasi pada A yaitu: R₁={(1,1),(1,2),(6,6),(2,1)} dan R₂={(6,6),(2,2),(1,2)}. Jika R₁ dan R₂ adalah suatu fungsi, tunjukkan apakah R₁ dan R₂ merupakan suatu fungsi bijektif ?


83

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Putri

10 Januari 2022 01:52

Jawaban terverifikasi

Hallo Niko, kakak bantu jawab ya :) Jawaban untuk soal ini adalah R1 bukan fungsi R2 bukan fungsi bijektif Relasi menyatakan hubungan antara suatu anggota himpunan dengan anggota himpunan lainnya. Fungsi (pemetaan) merupakan relasi dari himpunan A ke himpunan B, jika setiap anggota himpunan A berpasangan tepat satu dengan anggota himpunan B. Fungsi bijektif atau fungsi berkorespondensi satu-satu adalah range (hasil) dari fungsi tersebut sama dengan kodomian (daerah hasil) dan tidak ada anggota kodomain yang memiliki pasangan lebih dari satu di domain (daerah asal). A = {1, 2, 6} dengan relasi pada A Maka Domain {1, 2, 6} Kodomain {1, 2, 6} R₁={(1,1),(1,2),(6,6),(2,1)} R₂={(6,6),(2,2),(1,2)} Karena Fungsi bijektif atau fungsi berkorespondensi satu-satu adalah fungsi yang bersifat injektif dan surjektif sekaligus, atau dengan kata lain range dari fungsi tersebut sama dengan kodomian dan tidak ada anggota kodomain yang memiliki pasangan lebih dari satu di domain. Maka R1 bukan fungsi R2 bukan fungsi bijektif karena ada kodomain {1} yang tidak memiliki kawan (tidak memenuhi surjektif, dan juga tidak memenuhi injektif karena tidak berpasangan satu-satu) Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tentukan turunan pertama dari fx= -3xx-2

553

5.0

Jawaban terverifikasi

Terdapat 9 karyawan pada suatu perusahaan di bidang animasi. Setiap kali ada order pekerjaan film animasi, order tersebut akan dikerjakan oleh 3 orang dengan pembagian kerja 1 orang pembuat desain manual, 1 orang coloring di komputer, dan 1 orang composing. Setiap ganti pekerjaan, mereka juga akan berganti pasangan maupun pembagian kerjanya. Tentukan setelah berapa kali order pekerjaan tim yang sama akan bertemu kembali.

609

1.0

Lihat jawaban (1)